Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 5 Klub Paling Berharga Saat Ini

"Nomor 1 dan 2 belum juara Liga Champions."

Analisis | 06 September 2021, 06:44
Peringkat 5 Klub Paling Berharga Saat Ini

Libero.id - Kita menyaksikan sepakbola bukan sekadar permainan yang menghibur banyak orang, tetapi juga menjadi salah salah satu bisnis paling menguntungkan. Ada banyak uang yang terlibat dalam sepakbola di level tertinggi.

Pengeluaran dan pemasukan yang terus berputar antarklub seiring adanya transfer jual-beli pemain. Disinilah kita melihat manusia seperti diperdagangkan skill-nya, yang suatu waktu harganya pun bisa naik-turun.

Jangan kaget ketika banyak orang kaya yang ingin membeli klub untuk dijadikan bisnis. Sebab, ketika bisa mengatur manejemen klub dengan baik, dalam satu waktu bisa membuahkan hasil besar. Klub dan sponsor pun bisa tumbuh dengan cepat, bahkan berpeluang adanya ekspansi.

Di masa pandemi, klub sepakbola telah diberikan pemeriksaan utama terkait Covid-19. Namun, dengan pendapatan setiap pertandingan anjlok tidak terduga, klub harus menyusun rencana lain untuk mengelola keuangan mereka. Meski begitu, tidak banyak klub yang berhasil keluar dari krisis keuangan akibat pandemi.

Akan tetapi, jendela transfer musim panas tetap melesat drastis. Kita telah melihat banyak kesepakatan melewati batas tak terduga. Tanpa banyak basa-basi, mari kita lihat lima klub paling berharga di dunia saat ini.

5. Liverpool – 880 juta euro (Rp 13,5 triliun)

Liverpool memiliki beberapa musim yang indah dalam beberapa waktu terakhir di bawah asuhan Juergen Klopp. Pelatih asal Jerman itu mengantarkan mereka meraih gelar Liga Champions pada musim 2018/2019. Klopp juga meraih gelar liga pertama mereka di era Liga Premier pada musim 2019/2020.

10 Foto Desire Cordero, Mantan Cristiano Ronaldo Kini Kekasih Joaquin Correa

10 Foto Desire Cordero, Mantan Cristiano Ronaldo Kini Kekasih Joaquin Correa

Namun, Liverpool memiliki penampilan yang agak terlupakan di musim lalu. Mereka terpukul keras oleh cedera jangka panjang para pemain inti, seperti Virgil van Dijk, Joel Matip, Jordan Henderson, dan Joe Gomez. Tiga penyerang andalan Liverpool bisa dibilang tidak sebagus ketika beberapa musim sebelumnya. Salah masih melakukannya, tetapi Mane dan Firmino telah berjuang untuk menemukan kembali duet mautnya.

Mereka juga tidak banyak berinvestasi di musim panas. Ibrahima Konate adalah satu-satunya penandatanganan mereka pada musim panas ini dengan kesepakatan senilai 40 juta euro (Rp 677,1 miliar).

4. Chelsea – 882 juta euro (Rp 14,9 triliun)

Sejak Januari 2021, nasib Chelsea berubah drastis. The Blues telah banyak berinvestasi pada musim panas 2020. Mereka mendatangkan banyak personel berkualitas. Pemain seperti Kai Havertz, Timo Werner, Ben Chilwell, Hakim Ziyech, dan Edouard Mendy semuanya mendaftar masuk Stamford Bridge.

Meskipun sebagian besar pemain tidak berhasil, tim menjadi jauh lebih terorganisir setelah penunjukan Thomas Tuchel. The Blues menjuarai Liga Champions musim 2020/2021. Mereka menandatangani Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan kesepakatan senilai 115 juta euro (Rp 1,9 triliun) musim panas ini. Mereka juga menambahkan Saul Niguez ke lini tengah dengan status pinjaman dan sekarang memiliki salah satu skuad terkuat di Eropa.

3. Manchester United – 937 juta euro (Rp 15,8 triliun)

Manchester United terus berkembang di bawah kendali Ole Gunnar Solskjaer. Hari-hari cemberut di bawah Jose Mourinho terasa seperti kenangan yang jauh dan Setan Merah membanggakan salah satu skuad bertabur bintang di Eropa saat ini.

MU membuat tiga penandatanganan besar musim panas ini. Mereka menandatangani Jadon Sancho dari Borussia Dortmund seharga 85 juta euro (Rp 1,4 triliun). Raphael Varane telah direkrut dari Real Madrid seharga 40 juta euro (Rp 677,1 miliar). Mereka kemudian membobol internet dengan mengumumkan penandatanganan Cristiano Ronaldo dari Juventus seharga 15 juta euro (Rp 253,9 miliar).

Manchester United jelas merupakan penantang gelar di Liga Premier musim ini. Dengan bintang-bintang seperti Paul Pogba dan Bruno Fernandes memainkan pertunjukan sepakbola yang hebat, kita bisa berada di musim yang akan dipenuhi dengan penampilan menarik dari Setan Merah.

2. Paris Saint-Germain – 997 juta euro (Rp 16,8 triliun)

Paris Saint-Germain memiliki jendela transfer musim panas yang luar biasa. Mereka sudah memiliki daftar yang menampilkan beberapa pesepakbola terbaik di dunia. Dengan mendatangkan Lionel Messi, Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Gianluigi Donnarumma, dan beberapa pemain top lainnya akan menambah kekuatan tim selama musim panas ini.

Tawaran PSG untuk kejayaan Liga Champions telah membuat mereka dekat, tetapi mereka belum bisa menyegel kesepakatan. Setelah Kylian Mbappe bertahan, PSG kini difavoritkan untuk melaju jauh di kompetisi elite Eropa.

Paris Saint-Germain adalah salah satu klub sepak bola terkaya dan banyak akal di dunia. Mereka telah menunjukkan banyak ambisi dalam beberapa tahun terakhir.

1. Manchester City - 1,04 miliar euro (Rp 17,6 triliun)

Pep Guardiola telah mengubah Manchester City menjadi pemenang serial, tetapi tidak murah. The Citizens telah banyak berinvestasi di pasar transfer untuk meningkatkan skuad mereka. Man City juga menuai keuntungan besar.

Kenaikan Man City dari klub papan tengah Liga Premier menjadi tim paling berharga di dunia selama dekade terakhir dan itu sedikit mencengangkan. Klub telah mendukung Guardiola secara besar-besaran, tetapi klub belum mencapai tujuan mereka untuk memenangkan Liga Champions. Mereka berjuang  penuh pada musim lalu hinga final.

Namun, sialnya mereka kalah dari Chelsea. Juara bertahan Liga Premier kini telah menambahkan Jack Grealish ke dalam skuad mereka dan siap menghadapi tantangan baru.

(atmaja wijaya/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan