Diundur Sebulan, Seperti Apa Skuad Garuda Pilihan Shin Tae-yong

"Menanti kejutan dari keputusan Shin Tae-yong."

Analisis | 07 September 2021, 22:47
Diundur Sebulan, Seperti Apa Skuad Garuda Pilihan Shin Tae-yong

Libero.id - Tim nasional senior Indonesia sejatinya menghadapi China Taipei pada leg pertama play-off Piala Asia 2023, Selasa (7/9/2021). Namun, berdasarkan situs resmi AFC, jadwal itu diundur menjadi Kamis (7/10/2021).

Leg pertama akan berlangsung di kandang Indonesia, meski tak ada penjelasan serius mengenai pengunduran jadwal itu. Padahal, pada leg pertama lainnya antara Guam vs Kamboja tetap dilangsungkan hari ini.

Walau pertandingan Guam vs Kamboja dengan pengunduran jadwal Indonesia kontra China Taipei berjalan satu bulan, leg kedua diwacanakan akan digelar serempak pada Selasa (12/10/2021).

Pada leg kedua nanti, skuad Garuda akan bermain di kandang China Taipei. Sementara Kamboja akan menjamu Guam di kandangnya. Yang jelas, keempat tim ini akan memperebutkan dua tiket tersisa menuju kualifikasi Piala Asia 2023.

Sementara Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum melakukan pemanggilan pemain.
Pelatih berpaspor Korea Selatan itu terlihat aktif memantau pemain di sejumlah pertandingan BRI Liga 1 2021 yang sudah bergulir.

Jalur Play-off

Skuad Garuda harus melalui jalur ini setelah meraih satu poin di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Momen itu dijadikan AFC sebagai kualifikasi Piala Asia 2023.

Dalam proses drawing play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia berada di pot 1 bersama Kamboja.

Sementara itu, Taiwan berada di pot 2 bersama Guam.

Penampatan timnas Indonesia di pot 1 tak lepas dari hasil babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Indonesia mengemas satu poin sehingga berhak menempati pot 1, demikian juga dengan Kamboja.

Sedangkan Guam dan Taiwan harus menempati pot 2 karena gagal meraih poin. Tim yang berhasil memenangi play-off akan lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal diikuti oleh 24 negara yang nantinya dibagi ke dalam enam grup.

Juara dari masing-masing grup otomastis lolos ke putaran final Piala Asia 2023, diikuti oleh lima runner-up terbaik.

Terkait pertemuan melawan Taiwan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi, mengatakan bahwa timnas Indonesia akan berjuang dengan maksimal.

"Hasil pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan Indonesia harus mengikuti play-off dan akan melawan Taiwan," kata Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

"PSSI akan mempersiapkan tim dengan baik untuk menghadapi laga tersebut, apalagi Taiwan (China Taipei) adalah tim yang harus diwaspadai," ujar Yunus Nusi. "Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-yong."

"PSSI mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi hasil maksimal di play-off dan lolos ke babak kualifikasi hingga meraih tiket putaran final Piala Asia 2023," tutur Yunus Nusi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network