Selamat Ulang Tahun!

20 Fakta, Profil, Kisah Unik Kobe Bryant Yang Meninggal di Usia 41 Tahun

"Dia menikah usia 23 tahun. Pernikahannya tidak disetujui keluarga."

Feature | 27 January 2020, 05:56
20 Fakta, Profil, Kisah Unik Kobe Bryant Yang Meninggal di Usia 41 Tahun

Libero.id - Tak pelak lagi, Kobe Bryant adalah legenda basket dunia. Bryant mengantarkan Lakers juara NBA lima kali dan berulang kali meraih penghargaan individual. Dia dalah Most Valuable Player NBA pada 2007-2008, 15 kali masuk seleksi All-NBA, 18 kali masuk All-Star dan 12 kali masuk tim All-Defensive.

Dia dua kali dinobatkan sebagai MVP pada NBA Finals dan empat kali menjadi MVP All-Star Game.

Bryant memainkan 1.346 pertandingan sepanjang karirnya dan gantung sepatu dengan menyandang status pencipta poin terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA dengan 33.643 poin.

Bryant turut mengantarkan Amerika Serikat dua kali meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012. 

Lakers mengistirahatkan baik kostum maupun nomor yang dikenakan Bryant —delapan dan 24— dalam sebuah seremoni pada Desember 2017, ketika saat itu presiden klub Magic Johnson berkata, "Kita di sini untuk merayakan si yang terhebat yang selalu mengenakan ungu dan emas (warna kostum Lakers)."

Kobe Bryant meninggal dunia karena kecelakaan helikopter. Berikut ini 20 fakta tentang Kobe Bryant.

1. Dia diberi nama sesuai dengan daging Jepang, Kobe

Bryant memiliki banyak hal terkait dengan Jepang. Dia dinamai KOBE setelah daging sapi Jepang yang dikenal karena kelembutan dan teksturnya. Kobe merupakan salah satu daging sapi Jepang terbaik. Di dunia basket, Kobe juga merupakan salah satu pemain bola basket paling top yang menggetarkan dunia.

2. Nama tengahnya tidak muncul di dokumen resmi apa pun

Masih menggunakan nama asli Bryant. Nama tengahnya 'Bean' diciptakan dari nama panggilan ayahnya 'Jelly Bean', yang merupakan mantan pemain bola basket. Nama itu tidak muncul di akta kelahiran Kobe serta dokumen terkait lainnya.

3. Impian masa kecilnya adalah bermain basket

Sebagai seorang balita, Bryant dibesarkan di Rieti, Italia setelah ayahnya pensiun dari NBA di mana ayahnya terus bermain basket tetapi pada level yang lebih rendah. Di Rieti, Bryant belajar berbicara bahasa Italia dengan lancar, ia sering kembali ke AS selama musim panas untuk bermain bola basket.

4. Kesuksesannya dalam bola basket dimulai di sekolah menengah

Bryant mulai bermain basket pada usia tiga tahun. Sejak SMA dia mengantar timnya ke empat gelar kejuaraan bola basket berturut-turut yang menghasilkan beberapa penghargaan serta menarik perhatian media.

5. Dia masuk draft NBA langsung dari SMA

Meskipun mencetak 1080 di SAT-nya, Bryant membuat keputusan akhir untuk tidak kuliah. Padahal dengan skor SAT-nya serta keahlian basketnya, Kobe akan diterima di perguruan tinggi mana pun, bahkan yang paling bergengsi.

6. Dia seorang selebriti saat di SMA

Selama prom sekolah menengah, Bryant membuat kaget teman-temannya ketika dia membawa penyanyi R&B Brandy sebagai teman kencan ke prom sekolah menengahnya. Itu tidak mengherankan bagi banyak orang karena Kobe sudah menjadi selebriti berkat kehebatannya bermain bola basket.

7. Kobe adalah pemain NBA pertama yang direkrut dari SMA.

Menyusul keputusannya untuk memasuki NBA Draft 1996, Kobe Bryant adalah pilihan Charlotte Hornets sebelum kemudian hijrah ke Los Angeles Lakers. Bryant menjadi guard NBA pertama yang direkrut langsung dari sekolah menengah.

8. Dia memenangkan NBA selama tiga musim pertamanya di Los Angeles Lakers

Pada tiga musim pertama Bryant dengan Los Angeles Lakers, dia memenangkan beberapa penghargaan serta gelar NBA. 

9. Dia menikah pada usia 23 tahun

Pada tahun 2001, pada usia 23, Bryant menikahi kekasihnya, Vanessa Laine. Keduanya bertemu pada tahun 1999 ketika Kobe berusia 21 tahun, sementara Vanessa berusia 17 tahun. Enam bulan kemudian mereka bertunangan dan akhirnya mengikat janji pernikahan dua tahun setelah bertemu.

10. Orang tua dan saudara kandung menentang pernikahannya

Orang tua Bryant tidak menghadiri pernikahan, begitu pula dua saudara perempuannya. Mereka tidak mendukung keputusannya untuk menikah pada usia yang sangat muda serta menikah dengan seorang wanita bukan Afro Amerika. Rekan satu timnya di Los Angeles Lakers juga absen pada hari itu.

11. Dia mengganti nomor jerseynya beberapa kali

Selama karirnya, Bryant melakukan pergantian nomor jersey dua kali. Dia pertama kali beralih dari 33 menjadi 24 ketika dia baru saja direkrut tampil di NBA. Pergantian nomor punggungnya yang berikutnya datang pada musim 2006/07 dari 8 menjadi 24.

12. Reputasinya terpukul setelah tuduhan pemerkosaan

Fondasi pernikahan Bryant terancam dua tahun setelah menikah ketika dia dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang karyawan hotel. Bryant mengakui bahwa dia melakukan hubungan dengan wanita itu tetapi mengatakan dia tidak menyerangnya secara seksual. Dia kehilangan beberapa kesepakatan sponsorship dengan merek-merek terkenal seperti McDonald dan Nutella. 

13. Kobe memiliki karier musik yang gagal

Ketertarikan Bryant pada musik sama dengan gairah basketnya. Dia adalah anggota band sekolah menengah bernama CHEIZAW yang kemudian dikontrak oleh Sony Entertainment. Dia berencana untuk merilis album pertamanya yang berjudul Vision pada tahun 2000, tetapi rencana itu ditinggalkan setelah kegagalan komersial dari lagu tersebut. Pengejarannya dalam musik tidak berhenti di situ saat ia tampil dalam "Tian Di Yi Dou" sebuah lagu oleh penyanyi Taiwan Jay Chou.

14. Dia belajar banyak dari NBA Showtime

Bryant mengungkapkan bahwa dia belajar bermain basket dengan baik ketika dia menonton NBA Showtime, program televisi yang menunjukkan semua permainan NBA terbaik.

15. Dia harus memilih antara sepak bola dan bola basket

Bryant adalah penggemar sepak bola ketika masih kecil, mendukung tim Italia, AC Milan. Dia akan menjadi pemain sepak bola di Italia jika dia tidak menonton pertunjukan NBA yang menarik minatnya pada bola basket.

16. Kobe memulai debutnya untuk tim nasional AS pada 2008

Setelah menunda debutnya untuk tim nasional AS, Bryant akhirnya debut untuk tim nasional AS di Olimpiade Musim Panas 2008 di mana ia membantu tim AS meraih medali Emas.

17. Dia menjuluki dirinya sendiri "Black Mamba" karena kecepatan, kelincahan dan akurasi ular

Kobe menjuluki dirinya sendiri 'Black Mamba' setelah dia menonton film Quentin Tarantino berjudul "Kill Bill" di mana "Black Mamba" digunakan sebagai kata sandi untuk misi mematikan. 

18. Dia memiliki Badan Amal yang berbasis di China

Bryant memiliki badan amal yang didukung oleh pemerintah Cina yang disebut Kobe Bryant China Fund yang mendanai program pendidikan dan kesehatan untuk anak-anak di Tiongkok.

19. Karya amal Kobe meluas ke AS

Bryant adalah duta besar After-School All-Stars (ASAS) yang menyediakan layanan setelah sekolah untuk anak-anak di tiga belas negara bagian di AS. Dia juga seorang duta besar  untuk Piala Dunia Basket FIBA ​​2019.

20. Kobe terlibat dalam berbagai usaha bisnis setelah pensiun

Setelah pensiun pada tahun 2016, Bryant merilis sebuah buku berjudul The Mamba Mentality: How I Play pada tahun 2018. Pada tahun 2016, Kobe meluncurkan perusahaan modal ventura dengan mitra Jeff Stilbel yang siap mengucurkan dana USD 100 juta untuk start up dalam bidang teknologi, game dan media.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan