Bukti Sepakbola Makin Dicintai Para Gadis di Inggris

Analisis | 22 September 2021, 18:00
Bukti Sepakbola Makin Dicintai Para Gadis di Inggris
Hannah Hampton-Mary Earps-Ellie Roebuck

"Stok melimpah di skuad timnas wanita Inggris."

Libero.id - Seringkali posisi penjaga gawang paling disalahkan saat tim tampil kurang baik, tak terkecuali dalam dunia sepakbola wanita. Namun, anggapan itu menjadi pengecualian bagi sepakbola Inggris.

Sepakbola wanita Inggris telah memulai era baru dalam melahirkan penjaga gawang. Proses panjang yang mereka lakukan telah membuahkan hasil dan memunculkan sejumlah bakat di skuad timnas wanita Inggris.

Ellie Roebuck dari Manchester City saat ini menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Inggris. Ketidakhadirannya dari skuad Inggris karena cedera telah membuka pintu bagi penjaga gawang lain.

Mary Earps, penjaga gawang Manchester United, dipanggil untuk terlibat di kualifikasi Piala Dunia Wanita melawan Makedonia Utara. Dia ternyata ikut andil ketika membantu Lionesses menggulung Luksemburg 10-0.

Earp mengalahkan Hannah Hampton dari Aston Villa yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu kiper muda paling berbakat di Inggris.

Sandy MacIver dan Emily Ramsey dari Everton yang dipinjamkan ke Birmingham dari Manchester United juga merupakan talenta muda paling menarik. Sementara duo berpengalaman Carly Telford dari Chelsea dan Karen Bardsley dari Manchester City juga menjadi opsi lain dari sang pelatih.

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Dengan Piala Eropa yang akan dilaksanakan di Inggris musim panas mendatang, siapa yang akan mengamankan tempat mereka di skuad Sarina Wiegman? Dan, bagaimana Inggris melahirkan begitu banyak talenta penjaga gawang berkualitas tinggi?

#Siapa pun bisa dipilih untuk Inggris

Di Olimpiade, pelatih kepala timnas wanita Inggris, Hege Riise, memilih perpaduan antara pemain muda dan pemain berpengalaman. Riise memilih Roebuck dan Telford sebagai dua penjaga gawangnya, menyusul mundurnya Bardsley karena cedera.

“Aman untuk mengatakan ini akan menjadi generasi emas penjaga gawang Inggris jika Anda mau (sependapat),” kata Bardsley kepada BBC Sport.

"Jelas dengan program profesionalisasi permainan, ini telah meningkatkan kualitas latihan yang lebih baik. Itu mungkin salah satu alasan mengapa kita melihat bakat hebat berkembang di usia muda," ungkapnya.

Hampton diundang untuk berlatih dengan skuad Great Britain (Inggris Raya), meskipun gagal dalam seleksi. Dia mengatakan persaingan untuk tempat nomor satu Inggris sangat ketat.

"Permainan telah berkembang dan peran penjaga gawang telah berkembang. Kami bukan lagi hanya penjaga gawang, kami juga pemain bola," katanya kepada BBC Sport.

“Dengan penjaga gawang sebelumnya, Anda mungkin memiliki kiper yang serba bisa, dan sekarang rasanya seperti ada lima atau enam pemain lain selain kami. Ini jelas yang terbaik yang kami miliki sejauh ini," ungkapnya.

“Jika saya lolos seleksi timnas Inggris, itu karena saya telah melakukan kerja keras dan usaha. Anda harus tampil cukup bagus, karena kandidat kiper saat ini sangat banyak. Siapa pun bisa dipilih," timpalnya.

#Bagaimana perkembangan kiper?

Hampton mendapat manfaat dari latihan penuh di lingkungan yang profesional, ditambah lagi pengalaman yang dia dapat dari Telford, kiper berpengalaman di Chelsea.

"Kami berbicara saat di kamp. Dia dulu hanya memiliki materi latihan penjaga gawang seminggu sekali dan itu tidak penuh waktu," kata Hampton.

"Ini sudah berjalan jauh. Semua orang berusaha menemukan cara baru dan inovasi untuk bekerja melawan tim, sehingga penjaga gawang lebih terlibat dalam permainan," jelasnya.

Bardsley, yang telah bermain di Manchester City dalam beberapa musim terakhir, mengatakan persepsi penjaga gawang dalam sepakbola telah berubah sejak awal kariernya.

"Kami memiliki lebih banyak gadis yang ingin bermain sepakbola," tambahnya. "Ini dengan cepat menjadi sesuatu yang mungkin bisa Anda jadikan karier, yang belum tentu terjadi sebelumnya," ungkapnya.

"Ilmu olahraga mendukungnya, sehingga memungkinkan kami menjadi lebih bugar, lebih kuat, lebih cerdas, lebih baik secara taktis dan teknis," tuturnya. "Ada beberapa alasan, tetapi sebagian besar akan menjadi integrasi pemain muda ke dalam lingkungan tim utama profesional."

#Masa depan ada di kakinya

Meskipun Bardsley dan Telford memainkan peran kunci untuk Inggris dan Inggris Raya tahun ini, kebangkitan Roebuck yang telah mengkonsolidasikan posisinya sebagai pilihan nomor satu untuk klub dan negaranya bersama Hampton, Earps dan MacIver, berarti kita akan melihat wajah-wajah baru yang terlibat di Euro nanti.

Hampton telah menemukan kepercayaan diri sejak bekerja dengan penjaga gawang yang lebih berpengalaman. Dia mengatakan bahwa Telford sangat mendukungnya.

"Anda mungkin tidak bagus dalam aspek tertentu, tetapi jika Anda memiliki keyakinan untuk terus maju, maka orang-orang akan melihatnya. Itu adalah satu hal yang pasti saya pelajari dari mereka," kata Hampton.

"Saya sudah mencoba belajar sebanyak yang saya bisa dari Telford dalam hal penentuan posisi dan membaca permainan. Keyakinan yang saya miliki jauh lebih tinggi dan itu terlihat dalam permainan saya sekarang."

Bardsley mengatakan, rekan setimnya di klub akan menjadi masa depan Inggris dan Manchester City. "Ellie brilian. Saya sangat bangga menjadi bagian dari pendukungnya," kata Bardsley.

"Dia benar-benar percaya diri. Dia memberi saya banyak energi dan hal positif. Dalam latihan kami sering bercanda satu sama lain," imbuhnya.

"Hal yang sangat saya sukai dari dia adalah tidak ada kepura-puraan pada diri Ellie. Dia adalah dia. Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan," jelasnya. "Saya sangat senang melihat apa yang dia lakukan ke depan karena masa depan ada di kakinya."

(diaz alvioriki/yul)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen