Kisah Genoa, Klub Tertua Italia yang Baru Dibeli Perusahaan Investasi Amerika

"Klub dengan catatan sejarah yang panjang."

Berita | 23 September 2021, 21:33
Kisah Genoa, Klub Tertua Italia yang Baru Dibeli Perusahaan Investasi Amerika

Libero.id - Hari-hari ini mungkin kita lebih mengenal Juventus, AC Milan, Inter Milan, AS Roma sebagai klub-klub dengan reputasi juara. Tetapi sejarah panjang sepak bola Italia tak bisa dilepaskan dari Genoa.

Klub yang pernah memenangkan 9 kali kejuaraan sepak bola di negeri Pizza itu merupakan tonggak sejarah, dimana Genoa merupakan klub olahraga tertua di Italia yang didirikan pada 7 September 1893  dengan nama Genoa Cricket & Athletic Club. 

Karena memang pada tahun-tahun awal, Genoa hanya berkompetisi di atletik dan kriket.  Namun barulah pada tanggal  April 1897 Genoa sebagai klub sepak bola secara resmi baru dibentuk.

Meski tertua, Genoa mengalami pasang surut dalam perjalanannya. Berulangkali terdegradasi dan berulangkali berkiprah di Serie A lagi.

Diakuisisi Perusahaan Asal Amerika Utara

Dan kabar terbaru dari klub yang bermarkas di Stadion Luigi Ferraris ini ternyata sudah resmi berpindah kepemilikan dimana perusahaan investasi asal Amerika Utara yakni 777 Partners yang lebih spesifiknya berbasis di Miami telah membeli 99,9 persen saham dari kepemilikan pribadi sebelumnya yakni dari Enrico Preziosi.

Dengan mahar kepemilikan diperkirakan sekitar 175 juta dollar Amerika Serikat / Rp.2,4 triliun.

"Grup epemilikan baru akan membeli 99,9% dari modal saham Genoa dan akan menyuntikkan modal baru ke klub serta akan menanggung senua kewajiban terkait ," bunyi pernyataan di situs resmi kub.

Secara percaya diri 777 Partners akan menggunakan keahlian perusahaan mereka dalam industri olahraga, media, dan hiburan untuk membantu mengkomersialkan lebih lanjut operasional klub.

Sementara itu pemilik sebelumnya, Enrico Preziosi akan tetap berada di dewan direksi, sementara CEO klub,Alessandro Zarboni akan terus mengelola operasional klub sehari-hari.

Sementara itu pendiri dan Managing Partner dari 777 Partners Josh Wander mengungkapkan kebanggaannya setelah pengambilalihan dan menekankan pemilik baru menyadari 'tanggung jawab' yang mereka ambil begitu bwsar.

“Kami merasa sangat terhormat menjadi bagian dari klub dengan sejarah, warisan, dan tradisi sebesar Genoa,” kata Wander.

“Kami memahami dan menghormati tanggung jawab yang kami warisi, kami ingin melestarikan dan melindungi warisan klub yang membanggakan dengan mengincar posisi terbaik di Serie A.”

Sementara itu, pemilik sebelumnya Preziosi yang telah berulang dituntut mundur oleh para penggemar, dengan tenang mengatakan, “Saya selalu mengatakan bahwa saya hanya akan menyerahkan Genoa kepada pemilik baru yang kuat dan andal dan saya akan menyerahkannya di tangan 777 Partnes."

“Saya berharap mereka, yang sekarang akan memimpin klub tertua di Italia, mendapatkan yang terbaik. Saya akan selalu tetap menjadi penggemar Genoa.”
tutupnya.

Babak baru pejalan Genoa telah dimulai.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Genoa CFC


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network