Selamat Ulang Tahun!

Peringkat 10 Calon Pemenang Golden Boy Award 2021

"Nomor 3 adalah pencetak gol termuda asal Inggris di laga tandang Liga Champions."

Analisis | 26 September 2021, 20:54
Peringkat 10 Calon Pemenang Golden Boy Award 2021

Libero.id - Pemain muda selalu menjadi harapan masa depan sepakbola, dan apresiasi berupa penghargaan kepada mereka menjadi penting diberikan.

Sejak 2003, Penghargaan Golden Boy diberikan kepada pemain U-21 terbaik di liga papan atas Eropa dalam satu tahun.

Gagasan tersebut berasal dari surat kabar Italia, Tuttosport. Hingga saat ini, terdapat 12 surat kabar terkemuka Eropa menominasikan lima kategori masing-masing untuk penghargaan bergengsi.

Sepuluh poin diberikan kepada calon teratas, tujuh poin untuk posisi kedua, lima untuk ketiga, tiga untuk keempat, dan satu untuk posisi kelima. Daftar pendek kemudian diumumkan berdasarkan total poin yang dikumpulkan oleh berbagai pemain.

Berikut Libero.id memuat daftar peringkat 10 Pemain Terbaik Peraih Nominasi Golden Boy 2021

10. Ryan Gravenberch (Ajax/Belanda) - 33 juta euro/Rp 551, 4 miliar

Ryan Gravenberch adalah salah satu remaja paling menjanjikan dalam permainan saat ini.

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pemain Ajax, yang saat itu berusia 16 tahun, menjadi pemain termuda saat melakukan debut Eredivisie ketika dia masuk menjalani pertandingan musim 2018/2019.

Gravenberch menjadi salah satu pencetak gol termuda dalam kompetisi tersebut ketika dia mencetak gol untuk Ajax pada musim berikutnya.

Musim lalu, gelandang serang itu mengantongi delapan kontribusi gol (tiga gol, lima assist) dalam kampanye kemenangan Ajax di Eredivisie. Gravenberch kemudian mencetak gol ke gawang Georgia untuk menjadi salah satu pencetak gol De Oranje termuda sejak pergantian abad.

Didekati oleh banyak klub top dari seluruh benua, pemenang Eredivisie dua kali itu telah mencetak satu gol dalam lima pertandingan liga untuk juara bertahan Ajax musim ini.

9. Giovanni Reyna (Borussia Dortmund/AS) - 38 juta euro/Rp 634.9 miliar

Giovanni Reyna adalah salah satu pemain Amerika Serikat paling menarik yang muncul di panggung belakangan ini.

Masih berusia 18 tahun, gelandang serang ini telah membuat hampir 100 penampilan di semua level bersama Die Borussen. Reyna telah mengantongi 18 gol, dua di antaranya dihasilkan musim ini.

Musim ini, dia menjadi pemain termuda yang bermain dalam 50 pertandingan Bundesliga. Reyna mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh bintang Chelsea, Kai Havertz.

Reyna juga tampil luar biasa untuk negaranya, mencetak empat gol dalam sembilan penampilan. Salah satu momen itu terjadi saat melawan Meksiko dalam kemenangan 3-2 AS di final Piala Emas CONCACAF pada Juni tahun ini.

8. Jamal Musala (Bayern Muenchen/Jerman) - 38 juta/Rp 634,9 miliar

Jamal Musala, gelandang serang ketiga dalam daftar, melakukan debut klubnya dalam kampanye peraih treble Bayern Muenchen 2019/2020.

Sejak itu, Musala telah menjadi pemain kunci bagi klub raksasa Bavaria. Dia mengantongi 15 kontribusi gol (11 gol, empat assist) dalam 44 pertandingan berikutnya di seluruh kompetisi.

Pemain berusia 18 tahun itu telah mencetak empat gol musim ini. Dia menjadi debutan termuda Jerman di turnamen besar ketika dia tampil di Euro 2020.

Dia belum membuka keran golnya dalam delapan pertandingan bersama Jerman, tetapi itu sepertinya hanya masalah waktu sebelum dia melakukannya.

7. Nuno Mendes (PSG/Portugal) - 40 juta euro/Rp 668,4 miliar

Nuno Mendes adalah salah satu bek sayap muda paling menarik saat ini.

Masih berusia 19 tahun, bek kiri Portugal itu melakukan kampanye luar biasa bersama klub juara, Sporting CP. Mendes sangat berkesan berkat kemampuan umpan silangnya, menghitung tingkat keberhasilan yang lebih baik daripada full-back Liga Premier musim lalu.

Sekarang dia bermain di PSG dengan status pinjaman dari Sporting. Sementara di level timnas, Mendes telah membuat delapan penampilan untuk Portugal, meskipun dia tidak bermain di Euro 2020.
Pemain berusia 19 tahun itu telah membuat dua penampilan Ligue 1 dan satu di Liga Champions untuk PSG.

Bergantung pada bagaimana dia bermain di raksasa Ligue 1, karena PSG memiliki opsi untuk membuat peminjaman Mendes menjadi permanen di akhir musim.

6. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen/Jerman) - 45 juta euro/Rp 751,9 miliar

Florian Wirtz adalah salah satu talenta muda paling menarik di Bundesliga saat ini. Gelandang serang berusia 18 tahun, yang memulai debutnya untuk klubnya pada 2019/2020, telah membuat lebih dari 50 penampilan untuk Bayer Leverkusen.

Wirtz menjadi berita utama tahun lalu ketika dia menjadi salah satu pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga, mencetak gol menakjubkan melawan Bayern Muenchen.

Kurang dari setahun kemudian, gelandang Leverkusen itu menjadi pemain termuda yang mencetak lima gol di kompetisi tersebut.

Keajaiban pemain Leverkusen itu berlanjut saat melakukan debutnya di Jerman setelah Euro 2020, terutama saat dirinya tampil dalam tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia mengantongi assist di pertandingan keduanya, di mana Jerman mengalahkan Armenia 6-0.

5. Mason Greenwood (Manchester United/Inggris) - 50 juta euro/Rp 835,5 miliar

Mason Greenwood adalah salah satu striker muda serba bisa yang menghiasi permainan, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Di usianya menginjak 20 tahun, Greenwood telah mencatatkan lebih dari 100 penampilan di berbagai kompetisi bersama Manchester United. Dia baru-baru ini menjadi remaja pertama sejak Michael Owen, Robbie Fowler, dan Wayne Rooney yang mencetak gol ke-20 di Liga Premier.

Greenwood, yang telah mencetak gol di masing-masing dari tiga pertandingan liga pertamanya musim ini, melakukan debutnya di Inggris dalam pertandingan UEFA Nations League melawan Islandia.

4. Eduardo Camavinga (Real Madrid/Prancis) - 55 juta euro/Rp 919 miliar

Eduardo Camavinga digambarkan oleh banyak orang sebagai talenta berbakat di generasi saat ini. Setelah membuat hampir 100 penampilan untuk Rennes dalam tiga musim, pemain berusia 18 tahun itu pindah ke Real Madrid musim panas ini.

Camavinga mulai beraksi di Santiago Bernabeu, mencetak gol pada debut Los Blancos saat meraih kemenangan 5-2 atas Celta Vigo. Lebih dari kecakapan mencetak golnya, remaja ini telah menarik perhatian pencinta sepakbola dengan kemampuan tekelnya yang luar biasa. Dia telah membuat lebih banyak tekel daripada pemain U-21 lainnya di lima liga top Eropa tahun ini.

Gelandang tengah ini juga tampil impresif untuk Prancis. Dia menjadi pencetak gol termuda Les Bleus dalam lebih dari satu abad ketika dia mencetak gol dalam kemenangan 7-1 atas Ukraina pada pertandingan persahabatan tahun lalu.

3. Jude Bellingham (Borussia Dortmund/Inggris) – 55 juta euro/Rp 919 miliar

Jude Bellingham adalah pusat perhatian semua mata saat ini. Pemain berusia 18 tahun itu membuat kepala menoleh dengan penampilan luar biasa di usianya saat ini.

Bellingham telah membuat lebih dari 50 penampilan untuk klub raksasa Bundesliga Borussia Dortmund, mencetak enam gol dan sembilan assist di berbagai kompetisi. Pemain asal Inggris itu tampil gemilang tahun ini saat membuat lima kontribusi gol (dua gol, tiga assist) musim ini.

Golnya melawan Besiktas dalam kemenangan tandang 3-2 Die Borussen di pertandingan pembuka Liga Champions membuat Bellingham menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol tandang dalam kompetisi tersebut.

Dia juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions berturut-turut, memecahkan rekor Kylian Mbappe.

Mempertimbangkan eksploitasi yang produktif, Chelsea dilaporkan siap membuat langkah besar untuk Bellingham ketika jendela transfer dibuka kembali.

2. Bukayo Saka (Arsenal/Inggris) - 65 juta euro/Rp 1,08 triliun

Bukayo Saka adalah salah satu pemain muda paling menarik di Liga Premier saat ini.

Gelandang berusia 20 tahun itu telah mencatatkan hampir 100 penampilan untuk Arsenal, mencetak 12 gol dan mengantongi 21 assist di berbagai kompetisi.

Saka adalah salah satu dari sedikit percikan terang dalam kampanye suram Arsenal musim lalu. The Gunners gagal lolos ke Eropa untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade setelah finis di urutan kedelapan. Pemain Inggris itu juga menjadi pemain bintang untuk negaranya, tampil mengesankan dalam perjalanan The Three Lions ke final Euro 2020.

Saka belum mencetak gol liga dalam lima pertandingan musim ini, tetapi hanya masalah waktu sebelum dia melakukannya.

1. Pedri (Barcelona/Spanyol) - 80 juta euro/Rp 1,3 trilun

Pedri adalah pelopor mendapatkan penghargaan Golden Boy tahun ini. Namun, memasuki usia 19 tahun, gelandang tengah itu telah menjadi pemain kunci untuk klub dan negara.

Dia telah digambarkan sebagai salah satu talenta terbaik yang muncul dari akademi La Masia yang terkenal di Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Pedri telah membuat hampir 100 penampilan untuk Blaugrana di berbagai kompetisi, mencetak delapan kali dan mengantongi 13 assist.

Lebih dari kontribusi golnya, ketenangan dan kemampuannya untuk mendikte permainan dari lini tengah yang telah membuat Pedri menjadi pemain reguler untuk Barcelona dan Spanyol. Dalam turnamen besar pertamanya di Euro 2020 musim panas ini, remaja tersebut menghasilkan angka-angka luar biasa dalam hal operan yang diselesaikan dan peluang yang tercipta.

Pedri kemudian langsung menuju ke Olimpiade Tokyo, di mana dia membantu Spanyol memenangkan perak. Dia hanya tampil sedikit di musim ini. Itu karena manajer Barcelona Ronald Koeman tidak ingin pemain kuncinya kelelahan karena terlalu banyak pertandingan terlalu cepat.

(atmaja wijaya/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan