Bukti Kalau Barcelona Bisa Lebih Baik Tanpa Lionel Messi

"Perginya Messi ternyata tak begitu berpengaruh..."

Analisis | 27 September 2021, 16:01
Bukti Kalau Barcelona Bisa Lebih Baik Tanpa Lionel Messi

Libero.id - Pada mulanya, kepergian Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) membawa gelombang protes sekaligus keputusasaan dari para penggemar.

Tapi bagaimanapun juga Barcelona harus tetap berjalan, Barcelona adalah tim yang utuh bukan perseorangan yang diperlukan sebegitu istimewa.

Seperti slogan klub yang bermarkas di Camp Nou, "Mes Quen Un Club" yang memiliki arti tidak boleh ada yang lebih tinggi, lebih penting dari Barcelona itu sendiri. 

Secara tak langsung Barcelona mulai melangkah ke arah yang tepat untuk melupakan Messi. Dan Barcelona telah membuktikan setidaknya dalam beberapa hal mereka bisa lebih baik meski Messi tak ada lagi di atas lapangan hijau rumput Camp Nou.

Kita ambil contoh pada peringkat klasemen La Liga sejauh ini. Barcelona dalam laga terakhir telah memenangkan pertandingan 3-0 di kandang Levante, di mana Ansu Fati yang baru saja pulih dari cedera masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak satu gol.

Hasil tersebut menempatkan tim asuhan Ronald Koeman kini di urutan ke-enam dengan 12 point hasil dari 3 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Sebagai perbandingannya. Musim lalu, dengan jumlah laga yang sama, dengan Lionel Messi yang selalu dimainkan, Barcelona hanya mampu mengumpulkan 8 poin dan berada di urutan 12 klasmen.

Pada musim ini, Barcelona tanpa adanya Messi juga unggul dalam hal jumlah gol, dimana Barcelona telah mencetak 11 gol dibandingkan dengan 10 pada musim lalu. 

Salah satu aspek yang sedikit mengalami penurunan adalah di lini pertahanan, dengan tim Koeman telah kebobolan enam gol musim ini, satu lebih banyak dari musim lalu. Tapi pada bagian itu tak ada pengaruh Lionel Messi secara signifikan.

Dengan tidak adanya Messi, perkembangan para pemain muda juga lebih teruji, misalnya Pedri yang telah memainkan peran sentral di lini tengah Barcelona.

Jadi secara kesimpulan kita bisa katakan Barcelona musim ini lebih baik daripada musim lalu. Dan yang perlu digarisbawahi adalah tanpa Lionel Messi.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network