Serba Serbi Piala AFF 2020, Singapura Bakal Jadi Tuan Rumah

"Mari kita nantikan bersama"

Berita | 29 September 2021, 16:13
Serba Serbi Piala AFF 2020, Singapura Bakal Jadi Tuan Rumah

Libero.id - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pada Selasa lalu (28/9/2021) mengumumkan bahwa Singapura telah ditunjuk sebagai negara tuan rumah untuk Piala Suzuki AFF 2020 yang dijadwalkan berlangsung dari 5 Desember 2021 – 1 Januari 2022.

Seperti yang diumumkan sebelumnya, AFF telah mengambil keputusan untuk menggunakan format penuh/terpusat di satu tempat tahun ini daripada menggunakan format kandang dan tandang seperti biasanya sehingga turnamen dapat digelar dengan cara yang paling aman dan mengutamakan kesehatan serta keselamatan tim, mulai dari pemain, pelatih, staf  hingga penggemar. 

Setelah pertimbangan dan diskusi yang ekstensif, Singapura dikukuhkan sebagai tempat turnamen tahun ini oleh Dewan AFF yang bertemu secara virtual pada Selalu lalu.

Tidak ada perubahan pada format kompetisi utama – dengan masing-masing tim memainkan empat pertandingan dalam sistem round robin di babak penyisihan Grup dan untuk semifinal serta final dimainkan dalam format dua leg.

Setelah undian yang berlangsung minggu lalu, juara bertahan Vietnam akan bertemu finalis AFF Suzuki Cup 2018, Malaysia serta Indonesia, Kamboja dan Laos di Grup B untuk memulai perjalanan mereka mempertahankan gelar. Di Grup A, empat kali juara Piala AFF Suzuki, Singapura akan menjalani tugas berat dengan menghadapi pemenang lima kali, Thailand, Filipina, Myanmar dan pemenang babak kualifikasi antara Brunei dan Timor Leste untuk maju ke babak semi final.

“Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala Suzuki AFF 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka. Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan & keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran. Kami sangat berterima kasih kepada semua Asosiasi Anggota yang telah melangkah maju untuk menawarkan diri menjadi tuan rumah turnamen di masa-masa yang penuh tantangan ini – ini benar-benar menunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN dalam menghadapi kesulitan. Sekarang, dengan keputusan yang dibuat, kami dapat memfokuskan upaya kami untuk bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar ASEAN. Kami berharap dapat membawa permata mahkota sepak bola ASEAN kepada semua penggemar kami di seluruh kawasan" ujar Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth seperti yang dilansir dari aseanfootball.org.

Malcolm Thorpe, Managing Director, South East Asia di SPORTFIVE, mengatakan “Kami sepenuhnya mendukung keputusan AFF untuk Singapura menjadi tuan rumah Piala AFF Suzuki 2020. Saya yakin semua orang, termasuk FA, tim, pemain dan tentunya para fans sangat antusias untuk menerima konfirmasi lokasi turnamen. Kami tahu bahwa ini baru permulaan, dan masih banyak kerja keras yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa turnamen ini diselenggarakan dengan aman dan sukses untuk semua pemangku kepentingan.”

Adapun Presiden Asosiasi Sepak Bola Singapura, Lim Kia Tong merasa sangat terhormat sekaligus berterimakasih karena Singapura dipercaya untuk menjadi tuan rumah turnamen Piala AFF Suzuki 2020.

“Kami dengan rendah hati telah dipilih oleh AFF sebagai tuan rumah terpusat untuk Piala AFF Suzuki 2020 yang bergengsi mulai bulan Desember. Ada proposal hosting lain yang layak dari sesama Asosiasi Anggota AFF, Thailand. Mereka memberi kami pertarungan yang kuat untuk tawaran itu. Kami tidak diragukan lagi berterima kasih atas kesempatan emas ini dan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh AFF. Kerja keras dimulai dari sekarang dan kami akan melakukan segala daya kami, bekerja sama dengan AFF serta dengan pemerintah Singapura, yang gigih dalam mendukung penawaran, dan otoritas lainnya untuk memastikan acara yang aman dan terjamin untuk semua peserta, ofisial, dan penggemar sepak bola ASEAN. Kami akan menggembleng bangsa dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dengan permainan indah yang dimainkan di pantai kami.”

Terkait penyiaran pertandingan Piala AFF Suzuki 2020, berikut mitra resmi stasiun TV yang mendapatkan hak untuk menyiarkan,

Brunei
Radio Television Brunei

Indonesia
RCTI Indonesia
Champions TV
Vidio

Malaysia
Astro

Korea Selatan
SBS

Thailand
Saluran BBTV 7HD

Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar
Next Media

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network