Kisah Kemiripan Karier Taiwo Awoniyi-Victor Osimhen, Duo Nigeria yang Sedang Naik Daun

"Jadi pahlawan Nigeria di Piala Dunia U-17, mereka kini semakin matang di klub Eropa."

Biografi | 30 September 2021, 05:17
Kisah Kemiripan Karier Taiwo Awoniyi-Victor Osimhen, Duo Nigeria yang Sedang Naik Daun

Libero.id - Napoli perlu berterima kasih pada salah satu pemainnya yang selalu konsisten tampil bagus, yakni Victor Osimhen. Sementara itu, dalam hal yang sama, Union Berlin, juga perlu berterima kasih kepada Taiwo Awoniyi.

Banyak yang bertanya-tanya, sebetulnya siapakah kedua pemain itu? Bukan kebetulan Awoniyi dan Osimhen merupakan pemain yang berasal dari negara yang sama, yakni Nigeria. Keduanya memenangkan Piala Dunia U-17 2013. Awoniyi mencetak empat go. Sementara Osimhen 10 gol.

Tinggi mereka juga hampir sama. Awoniyi 2 cm lebih tinggi dari rekan senegaranya, yaitu 193 cm berbanding 191 cm. Keduanya juga menandatangani kontrak dengan klub Benua Biru di usia yang sangat muda. Awoniyi dengan Liverpool pada 2015 dalam usia 18 tahun. Sementara Osimhen dengan VfL Wolfsburg pada 2017.

Mereka berdua juga sempat disia-siakan di klub masing-masing. Awoniyi tidak memainkan satu pertandingan kompetitif untuk Liverpool sampai akhirnya dijual ke Union Berlin pada Agustus 2021. Sementara Osimhen membuat 16 penampilan untuk Wolfsburg, tapi tak mencetak gol.


Titik balik karier keduanya

Pada 2019, Osimhen menyetujui kesepakatan pinjaman ke klub Belgia, Charleroi. Lalu, pindah ke Ligue 1 memperkuat Lille. Di sana, dia sukses sehingga menarik perhatian Napoli. 

"Sebagai pemain muda, anda mendengar orang membandingkan anda dengan bintang lain yang muncul dari Piala Dunia U-17 dan tidak pernah memenuhi potensi mereka. Tapi, sekarang saya telah menemukan kebahagiaan saya lagi. Saya berterima kasih kepada semua orang yang memberi saya kesempatan," kata Osimhen dalam sebuah kesempatan, dilansir Goal.

Jalan Awoniyi sedikit berbeda. Liverpool mengirim Awoniyi dengan status pinjaman ke enam klub berbeda pada 2015-2021. Dia bermain dengan status pinjaman di Belgia bersama Mouscron dan Gent. Lalu, di Jerman dengan FSV Frankfurt, Mainz, dan Union Berlin. Ada lagi di Belanda bersama NEC Nijmegen.

"Setelah banyak waktu dihabiskan sebagai pemain pinjaman di tahun-tahun sebelumnya, saya akhirnya memiliki rumah yang nyaman untuk bermain sepakbola," kata Awoniyi di situs resmi Union Berlin.

"Union adalah tim yang sesuai dengan gaya permainan saya dan pelatih memberi saya kesempatan yang saya butuhkan. Jadi, saya pikir inilah mengapa semuanya bisa berjalan dengan baik," tambah Awoniyi.

Saat ini, karier keduanya benar-benar mulus. Di Napoli, Osimhen contohnya, menerima kepercayaan penuh dari Luciano Spalletti. Dia sudah bermain lima kali di Serie A dengan mencetak empat gol dan satu kali di Liga Europa dengan dua gol. Total, enam pertandingan enam gol!

"Saya sangat senang dengan penampilan saya. Saya minta maaf atas apa yang terjadi tahun lalu, dari cedera hingga Covid-19. Bagi saya, penting untuk memulai dengan baik musim ini. Saya berterima kasih kepada Spalletti, yang telah memberi saya kepercayaan diri. Saya terhormat memiliki pelatih seperti dia," kata Osimhen di situs resmi I Partenopei. 

Ketika Osimhen telah mencetak enam gol dalam enam pertandingan musim ini untuk Napoli, Awoniyi memiliki lima gol dalam sembilan penampilan untuk Union di semua kompetisi. Benar-benar dua talenta muda Nigeria jempolan!

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network