Klub Liga Premier Akhirnya Serahkan Pemain ke Timnas, Takut Sanksi?

"Pernyataan Juergen Klopp tentang kebijakan terbaru."

Analisis | 03 October 2021, 05:24
Klub Liga Premier Akhirnya Serahkan Pemain ke Timnas, Takut Sanksi?

Libero.id - Sekitar satu pekan lalu, klub-klub Liga Premier sepakat tidak akan melepas pemain mereka untuk laga internasional yang digelar di daftar merah COVID-19 termasuk Chile, Meksiko, dan Paraguay.

Mengetahui hal itu, tiga negara tersebut langsung bertindak tegas. Mereka meminta FIFA untuk memberikan sanksi kepada klub Liga Inggris yang menolak melepas pemainnya ke negara-negara yang termasuk dalam daftar merah soal pandemi Covid-19.

Selain tiga negara tadi, Argentina, Brasil, dan Mesir juga termasuk ke dalam daftar merah negara COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah Inggris.

Pemerintah Inggris kemudian memutuskan bahwa Liga Premier akan diizinkan untuk melakukan perjalanan ke negara-negara daftar merah Covid-19 dengan syarat mereka sudah divaksinasi sepenuhnya.

Pemain juga harus mematuhi kode etik yang ketat terkait transportasi, kontak dekat, dan segala pengujian.

Setelah itu, mereka harus dikarantina dengan ‘fasilitas yang dipesan lebih dahulu’ selama 10 hari setelah kedatangan mereka kembali di Inggris.

Mereka akan diizinkan meninggalkan karantina sekali sehari untuk berlatih atau bermain.

"Kami telah bekerja erat dengan otoritas sepakbola untuk mencapai hasil yang menyeimbangkan kepentingan klub dan negara sambil mempertahankan tingkat kesehatan dan keselamatan publik tertinggi," kata juru bicara pemerintah.

“Pertahanan terbaik kami melawan virus adalah vaksinasi dan langkah-langkah baru ini akan memungkinkan pemain yang divaksinasi penuh untuk memenuhi tugas internasional mereka dengan cara yang paling aman dan paling praktis, sambil memungkinkan mereka untuk berlatih dan bermain dengan klub mereka sedini mungkin setelah mereka kembali," ujar sumber tersebut.

Pemerintah Inggris telah melonggarkan peraturan Covid-19 setelah masalah yang ditimbulkannya selama jeda internasional bulan lalu.

Liga Premier sempat memutuskan untuk tidak melepaskan pemain. Namun, hal itu memicu bentrokan dengan FIFA, yang menuntut individu diizinkan untuk bepergian dan bermain.

Aston Villa dan Tottenham langsung mengizinkan pemain mereka untuk membela Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan.

Namun, itu menyebabkan adegan lucu di pertandingan Brasil vs Argentina di Sao Paulo. Pertandingan ditinggalkan setelah lima menit ketika pejabat kesehatan Brasil masuk ke lapangan untuk menghentikan permainan, mengatakan empat pemain Argentina yang berbasis di Inggris harus dikarantina.

Ketika pulang, mereka memilih melalui Kroasia untuk menghindari karantina ketika tiba kembali di Inggris.

Selain itu, delapan pemain internasional Nigeria yang berbasis di Inggris melewatkan kualifikasi Piala Dunia kedua negara mereka pada September di Cape Verde. Sementara pemain Afrika yang berbasis di Inggris lainnya juga tidak dapat melapor untuk tugas internasional.

Argentina dan Brasil telah menunjuk pemain Liga Premier dalam skuad mereka untuk kualifikasi bulan ini. Itu dilakukan sebelum relaksasi aturan karantina Inggris untuk pemain sepakbola.

Sementara warga negara Argentina tidak perlu dikarantina setelah tiba di negara itu dari luar negeri. Itu pun dengan catatan mereka sudah divaksinasi dan dinyatakan negatif Covid.

Federasi Sepakbola Brasil harus mencapai kesepakatan terpisah dengan otoritas kesehatan negara itu untuk membebaskan pemain yang berbasis di Inggris dari karantina pada saat kedatangan mereka.

Saat ini, siapa pun yang bepergian ke Brasil dari Inggris harus dikarantina selama 14 hari ketika mereka tiba di negara itu.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengkritik rencana Inggris yang baru. Pelatih berpaspor Jerman ini mengatakan kebijakan itu tidak ‘dipikirkan dengan benar’.

“Itu karantina 10 hari, boleh main game, boleh kerja, tidak boleh tinggal di rumah, tapi tidak perlu tinggal di hotel yang dipilih oleh otoritas manapun dan kamu bisa memilihnya sendiri. Makanan harus diantarkan di depan pintu kamar Anda. Anda tidak boleh ada pengunjung," katanya.

“Itu berarti bagi para pemain setelah jeda internasional bahwa mereka pergi selama 10-12 hari dengan tim nasional mereka dan kemudian mereka menjalani 10 hari lagi ke karantina jauh dari keluarga mereka. Itu 22 hari dan dua minggu kemudian ada jeda internasional berikutnya,” timpalnya.

"Bagi saya itu bukan solusi nyata," ungkapnya. "Saya tidak berharap pemerintah (Inggris) 100% khawatir tentang situasi Liga Premier, tentang kebutuhan pemain tertentu. Tetapi, Liga Premier harus berjuang untuk pemain kami. Bukan situasinya sekarang."

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network