Selamat Ulang Tahun!

Alasan Luis Enrique Panggil Bryan Gil, Meski Jarang Main di Tottenham Hotspur

"Jarang main di Liga Premier, tapi Gil tetap dipanggil timnas. Inilah penjelasannya."

Analisis | 04 October 2021, 15:18
Alasan Luis Enrique Panggil Bryan Gil, Meski Jarang Main di Tottenham Hotspur

Libero.id - Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique telah mengkonfirmasi 23 nama pemain untuk semifinal UEFA Nations League melawan Italia. Dalam barisan ini ada Bryan Gil, yang datang belakangan untuk mengisi tempat Marcos Llorente yang cedera.

Gil mulai mencuri perhatian saat dipinjamkan Sevilla ke Eibar musim lalu. Berkat performa yang lumayan, pemuda berusia 20 tahun tersebut menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada awal musim 2021/2022 dalam kesepakatan pertukaran sebagian biaya dengan Erik Lamela.  Sky Sports melaporkan biaya awalnya 21,6 juta pounds.

Dirinya kemudian melakukan debut untuk klub barunya pada 19 Agustus 2021 dengan memulai pertandingan leg pertama Liga Konferensi Eropa melawan Paços de Ferreira, yang berakhir dengan kekalahan 0-1.

Meski tampil biasa-biasa saja di klub, bukan berarti kesempatan Gil membela La Furia Roja hilang. Itu karena dirinya merupakan anggota Spanyol U-24 yang mendapatkan medali perak Olimpiade 2020 Tokyo. Enrique juga sudah paham kemamouan Gil sejak lama.  

Selain itu, Gil juga sudah mendapatkan kesempatan membela Spanyol pada pemanggilan sebelumnya. Pada Maret 2021, Gil menerima panggilan pertamanya untuk penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia melakukan debut pada 25 Maret 2021 melawan Yunani.

"Bryan Gil adalah yang terbaru dalam panggilan Luis Enrique untuk fase final Nations League, setelah pesepakbola Atletico Madrid (Llorente) cedera pada pertandingan terakhir melawan Barcelona," bunyi pernyataan resmi Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Pesona 6 Wasit Wanita Terseksi di Dunia

Gil sebenarnya belum memulai satu pertandingan Liga Premier bersama Tottenham musim ini. "Bryan Gil, yang telah dipanggil oleh Luis De la Fuente untuk tim U-21. Jadi, dia langsung bergabung dengan tim Senior untuk mempersiapkan semifinal melawan Italia di San Siro," tambah pernyataan RFEF.

Sebelumnya, Gil telah mewakili Spanyol di setiap level seperti U-16, U-19, U-21, hingga U-23 (U-24). Tapi, dia kemungkinan akan mengambil tempat di bangku cadangan ketika Spanyol menghadapi Italia di semifinal Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB.

Jika pasukan Enrique mendapatkan kemenangan dalam pertandingan itu, pertandingan final empat hari kemudian sudah menanti. Jika kalah, perebutan posisi ketiga. Lawannya, Belgia atau Prancis, yang bertemu di semifinal lainnya.

Kompetisi ini pada 2020 sempat ditiadakan menyusul pandemi Covid-19. Sementara edisi pertama Nations League pada 2019 dimenangkan Portugal setelah mengalahkan Belanda 1-0 di final. Di semifinal, mereka mengalahkan Swiss dan De Oranje mengubur Inggris.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan