5 Fakta Muhammad bin Salman, Pemilik Baru Newcastle United

"Muda, tampan, kaya, dan berkuasa. Sudah pasti apapun yang diinginkan bisa dibeli."

Biografi | 08 October 2021, 11:39
5 Fakta Muhammad bin Salman, Pemilik Baru Newcastle United

Libero.id - Penguasaan mayoritas saham Newcastle United memunculkan keingintahuan banyak orang tentang Muhammad bin Salman, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi. Siapakan anak Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud itu sebenarnya?

Menurut sebuah laporan harta kekayaan keluarganya dikatakan bernilai sekitar 1 trilliun pounds atau sekitar Rp19 kuardriliun. Jadi mudah baginya untuk melakukan apa saja. Selain kekayaan, sistem politik Saudi yang monarki absolut dengan kontrol ketat kerajaan membuat Pangeran Muhammad tidak ada tandingannya.

Berikut ini 5 fakta menarik terkait Pangeran Muhammad yang sudah menjadi rahasia umum di seluruh dunia:


1. Rumah termahal di dunia

Pada 2015, dunia dibuat terkagum-kagum ketika seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya menghamburkan 230 juta pounds (Rp4,4 triliun) untuk membeli sebuah istana yang menakjubkan di Prancis, tepatnya di sebelah barat Paris. Pada saat itu, nominal tersebut tercatat sebagai penjualan termahal di dunia.

Dua tahun kemudian, muncul laporan bahwa pembelinya adalah Muhammad Bin Salman yang jatuh cinta dengan rumah seluas 50.000 kaki persegi itu dalam perjalanan bisnisnya. Rumah super mewah itu memiliki 10 kamar tidur, kolam renang indoor dan outdoor, perpustakaan, serta parit yang dikelilingi oleh akuarium.


2. Kapal pesiar mewah

Pangeran Muhammad tidak pernah takut menghamburkan uang, sejumlah 380 juta pounds (Rp7,8 triliun) digelontorkan untuk membeli sebuah kapal pesiar dari taipan vodka Rusia, Yuri Shefler, pada 2015. Kapal dengan nama The Serene itu adalah salah satu kapal pesiar mewah dan terbesar di dunia, dengan panjang keseluruhan 135 meter dan lebar 18 meter.


3. Kolektor lukisan langka

Seperti orang kaya yang terhormat lainnya, Pangeran Muhammad juga mencintai seni. Pada 2017, dilaporkan bahwa seseorang membeli lukisan langka Leonardo da Vinci seharga 340 juta pounds (Rp6,5 trilliun) dan pembelian itu atas nama Sang Putra Mahkota.

Tapi, laporan itu segera dibantah oleh juru lelang Christie's. Pasalnya, lukisan tersebut kini berada di Museum Louvre cabang Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA).


4. Berteman dengan Donald Trump

Putra Mahkota melakukan perjalanan keliling dunia untuk urusan politik dan bertemu dengan beberapa orang berpengaruh terbesar di dunia. Salah satunya adalah Donald Trump. Sebagai Pangeran Kerajaan Saudi, Muhammad mengunjungi mantan Presiden AS tersebut untuk membahas larangan Muslim ke negara itu.

Setelah pertemuan itu, Pangeran Muhammad mengungkapkan bahwa dirinya menganggap Trump sebagai teman sejati umat Islam di seluruh dunia. Dan, itu memicu kontoversi.


5. Dikabarkan memiliki empat istri

Terlepas dari status publiknya, Pengeran Muhammad menjalani kehidupan pribadi dengan bertanggungjawab. Menurut laporan, dia telah menikahi Sarah binti Mashhoor, yang dikenal sebagai "Putri Barbie" pada 2008 dan pasangan ini memiliki empat anak.

Tapi, dia tidak membawanya dalam perjalanan kerjanya. "Saya ingin anak-anak saya menjalani kehidupan yang sangat normal jauh dari sorotan, tekanan politik, dan perhatian," katanya pada konferensi pers bersama Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada April 2018.

"Saya ingin mereka menjalani kehidupan yang sangat normal, dan istri saya menginginkan hal yang sama," tambah Pangeran Muhammad.

Laporan lainnya juga mengklaim Pangeran Muhammad memiliki total empat istri. Tapi, hal tersebut tidak pernah dikonfirmasi validitasnya karena ketertutupan di Kerajaan Saudi dan sensor ketat terhadap media yang dilakukan otoritas terkait, khususnya dengan berita-berita terkait monarki.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network