Kisah Facundo Pellistri, Remaja Uruguay yang Mimpi Menjadi Bintang Man United

"Penyebab dirinya memilih bergabung dengan Alaves."

Biografi | 13 October 2021, 01:04
Kisah Facundo Pellistri, Remaja Uruguay yang Mimpi Menjadi Bintang Man United

Libero.id - Bermain di Manchester United menjadi mimpi banyak pemain sepakbola, termasuk remaja asal urugay, Facundo Pellistri. Mimpi itu terwujud setelah dia diboyong dari Penarol dengan harga 8 juta pounds atau setara dengan Rp 154 miliar pada musim panas 2020.

Itu menjadi salah satu bukti bahwa dia mampu menarik perhatian klub raksasa Liga Premier selama musim mengesankan di Penarol.

Namun, nasibnya tidak langsung beruntung di Old Trafford. Kedatangan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund membuatnya tidak masuk skuad utama Setan Merah sekaligus membuatnya kehilangan menit bermain.

Dia pun harus rela menerima nasib dipinjamkan ke Alaves agar menemukan waktu bermain lebih banyak.

Pemain berusia 19 tahun itu memiliki kontrak lima tahun di Old Trafford, tetapi sekarang telah menjelaskan bagaimana tulisan tangannya yang belum matang hampir menyebabkan kesepakatan itu dicabut.

Apa yang dikatakan?

Ketika ditanya bagaimana rasanya pindah ke benua lain di usia yang begitu muda, Pellistri mengatakan kepada The Athletic: "Menegangkan! Transfer saya melewati 10 menit sebelum batas waktu. Saya meninggalkan tempat latihan dan menandatangani kontrak; saya melakukannya melalui Facetime panggilan dari pengacara."

"Saya menandatangani semua surat-surat dan ada banyak (surat) dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Ketika saya pikir semuanya telah dilakukan, saya mendapat telepon dari Man United untuk mengatakan bahwa tanda tangan saya salah (tanda tangan berbeda sebagai pemain timnas Uruguay). Asosiasi Sepakbola Uruguay adalah tanda tangan lama saya, yang saya gunakan sebagai seorang anak" bebernya.

“Ketika saya masuk ke tim utama di Penarol, rekan satu tim saya mengolok-olok saya karena tanda tangan saya seperti bayi. Mereka menyuruh saya untuk memperbaiki tanda tangan tersebut. Jadi, saya mengubah dari yang bayi menjadi yang lebih dewasa."

"Tetapi, tanda tangan – yang seperti FACUNDO PELLISTRI – masih dalam formulir resmi, jadi saya harus menandatangani semua formulir lagi, dengan tanda tangan bayi."

“Semua dokumen harus dicetak ulang dan ditandatangani lagi. Kami harus menunggu lama untuk konfirmasi. Man United sampai harus meminta satu jam sebagai perpanjangan tenggat waktu. Saya sangat khawatir karena jika dokumennya tidak benar, saya bisa tidak menandatangani kontrak bersama Man United, tetapi saya juga tidak akan bisa bermain untuk Penarol."

"Pacar saya terus memantau situs Man United untuk melihat apakah saya telah menandatangani. Akhirnya, dia berteriak, 'Lihat! Manchester telah menempatkan Anda di halaman mereka!' Kami semua mulai merayakannya."

Bagaimana Pellistri memulai di Man United?

Pellistri belum membuat penampilan senior bersama Man United, tetapi dia memainkan enam pertandingan untuk tim U-23 mereka di paruh pertama kampanye 2020/2021. Pellistri mencetak dua gol.

Pemain Uruguay itu kemudian dipinjamkan ke Alaves. Meskipun tampil impresif di pra-musim sekembalinya ke Old Trafford, sekarang dia kembali bersama tim asal Spanyol itu selama musim ini.

Kedatangan Sancho di Manchester dari Dortmund membantu Pellistri memutuskan  kembali ke Alaves untuk melanjutkan perkembangannya. "Saya merasa lebih kuat di tim utama, saya mencetak gol dalam pertandingan di Derby untuk tim utama pra-musim yang sulit, bahkan paling sulit yang pernah saya alami. Secara fisik, Anda benar-benar terdorong, pelatihannya sangat tinggi."

"Pemain baru masuk, termasuk di posisi saya (Jadon Sancho). Saya pikir itu ide yang bagus untuk bermain sebagai pemain pinjaman lagi. Hal terbaik untuk seorang pemain adalah bermain, khususnya mendapatkan pengalaman sebagai pemain muda."

Bagaimana kabarnya di Alaves?

Pellistri telah menemukan menit reguler yang sulit didapat di Alaves sejauh musim ini. Dia memulai hanya satu dari tujuh pertandingan pembukaan La Liga, tetapi dia masih bertekad membuktikan nilainya dengan maksud mendapat tempat utama saat kembali ke Man United.

"Saya mencari menit bermain. Saya ingin bermain dan mendapatkan pengalaman di berbagai jenis pertandingan," katanya. “Saya ingin bermain di sayap kanan, tetapi saya bisa bermain di kiri. Ketika Anda masuk sebagai pemain pengganti, cerita pertandingan sudah ditulis dan Anda tidak selalu bermain di posisi alami Anda."

“Saya ingin berkembang dengan bermain dan kembali ke Manchester sebagai pemain yang lebih baik. Tetapi, pertama saya harus membiasakan diri dengan atmosfer sepakbola Eropa dan bermain secara reguler. Saya baru berusia 19 tahun, tetapi waktu bermain reguler itu penting."

Kini, level mimpi pemain muda itu dinaikkan. Bukan hanya bermain untuk Man United, tetapi juga menjadi megabintang. Dia ingin membuktikan diri sebelum kembali ke Man United, masuk skuad utama dan mendapat waktu bermain lebih.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network