Selamat Ulang Tahun!

8 Klausul Kontrak Aneh di Sepakbola, Bikin Geleng-geleng Kepala

"Ada yang cukup masuk akal. Tapi, beberapa lainnya terkesan mengada-ada."

Feature | 14 October 2021, 21:05
8 Klausul Kontrak Aneh di Sepakbola, Bikin Geleng-geleng Kepala

Libero.id - Normalnya, satu atau dua tahun sebelum kontrak berakhir, klub dan pemain akan melakukan pembicaraan. Agendanya adalah apakah akan menghentikan kontrak atau memperpanjanganya. Beberapa negosiasi kadang berlangsung alot karena adanya klausul-klausul aneh.

Bagi pemain-pemain kelas menengah ke bawah, klub nyaris tanpa kesulitan untuk melakukan pembicaraan. Biasanya, mereka akan minta kenaikan gaji antara 50 hingga 100 persen.

Namun, untuk pemain-pemain dengan kualifikasi khusus, negosiasi tidak akan mudah. Selain gaji yang pasti bertambah, terkadang pemain bintang juga mengajukan beberapa proposal aneh dalam klausul yang akan segera ditandatanganinya. Beberapa dikabulkan. Tapi, banyak juga yang tidak.

Berikut ini 8 proposal klausul kontrak aneh di sepakbola internasional yang pernah terungkap ke publik:


1. Menghormati budaya dan belajar bahasa daerah

Menurut laporan El Mundo Deportivo, saat Lionel Messi memperpanjang kontrak dengan Barcelona pada 2017, muncul klausul aneh. Barcelona meminta La Pulga untuk menyatu dalam kebudayaan dan masyarakat Katalunya. Salah satunya dengan mewajibkan Messi untuk belajar Bahasa Katalunya.

Di bagian lain dalam klausul itu juga disebutkan bawah Messi bebas pergi jika Katalunya merdeka dari Spanyol. Entah apa maksudnya, yang jelas Messi telah pergi ke Prancis dan Katalunya masih jadi bagian teritorial Spanyol.

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama


2. Dilarang berpetualang saat liburan musim panas

Ketika kontrak Robert Lewandowski hampir habis di Borussia Dortmund, baik Bayern Muenchen maupun Real Madrid saling berebut tanda tangannya. Akhirnya, FC Hollywood memenangkan persaingan.

Tapi, saat menandatangani kontrak di Allianz Arena, Lewandowski sempat terkejut ketika membaca klausul tentang larangan berpetualang di alam bebas saat liburan musim panas. Intinya, pemain Polandia itu dilarang bermain ski, paralayang, panjat tebing, naik perahu motor, dan mengendarai sepeda motor.


3. Membangunkan rumah dari Lego

Ketika pemain depan asal Jerman, Giuseppe Reina, pindah ke Arminia Bielefeld pada 1996, dia menuntut klub untuk membangunka rumah untuk setiap tahun kontraknya. Dan, klub menerima syarat tersebut. Arminia memberinya rumah yang terbuat dari Lego.


4. Dilarang memanjangkan rambut dan memakai anting-anting

Mantan gelandang Real Madrid dan AC Milan, Fernando Redondo, dikeluarkan dari skuad Argentina untuk Piala Dunia 1998 karena alasan yang aneh. Pelatih Daniel Passarella menyebut Redondo telah melanggar kontrak karena menggunakan anting-anting dan berambut panjang.


5. Kursus memasak untuk sang istri tercinta

Gelandang asal Kongo, Rolf-Christel Guie-Mien, pindah dari Karlsruher ke Eintracht Frankfurt pada 1999. Tapi, dia punya satu permintaan sederhana, yaitu klub barunya harus mencarikan istrinya tempat kursus memasak. Dan, klub setuju 100 persen tanpa menawar.


6. Dilarang terbang ke luar angkasa

Pemain asal Swedia, Stefan Schwarz, pindah ke Sunderland pada 1999. Tapi, The Black Cats memiliki satu ketentuan yang harus dipatuhi oleh mantan pemain Arsenal itu. Schwarz dilarang ikut penerbangan ke luar angkasa. Itu adalah jawaban tegas klub atas maraknya iklan tentang penerbangan ke Mars, yang pada tahun itu sedang ramai di dunia.


7. Dilarang bertubuh gemuk

Mantan bek Liga Premier dan timnas Inggris, Neil Ruddock, mengaku pernah makan 212 steak dan berbagai daging dalam setahun. Mengetahui hal itu, Crystal Palace membuat kesepakatan unik saat akan merekrutnya. Ruddock tidak boleh bertubuh tambun karena makanannya.


8. Minta kendaraan antipeluru 

Legenda Jepang, Keisuke Honda, bergabung dengan Botafogo pada Januari 2020. Tapi, pindah ke Rio de Janeiro yang terkenal karena tingkat kriminalitas yang tinggi membuat sang gelandang khawatir. Jadi, dalam salah satu klausul kontraknya Honda akan mendapatkan kendaraan antipeluru dan memiliki tingkat keamanan tinggi.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan