Selamat Ulang Tahun!

Tak Cuma Pemain, Inilah Daftar 5 Pelatih Asal Portugal Paling Bersinar

"Sudah pasti ada Jose Mourinho, kira-kira urutan keberapa?"

Biografi | 18 October 2021, 15:40
Tak Cuma Pemain, Inilah Daftar 5 Pelatih Asal Portugal Paling Bersinar

Libero.id - Ada banyak sekali nama bintang kelas dunia yang saat ini masih aktif bermain dan berasal dari Portugal, dari mulai Joao Felix, Bruno Fernandes, hingga Cristiano Ronaldo.

Akan tetapi yang seringkali luput disorot adalah pelatih-pelatih hebat yang ternyata juga berasal dari Portugal. Kiprah mereka saat menukangi klub-klub top Eropa tak kalah cemerlangnya dengan para pemain.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, setidaknya kami telah mengumpulkan 5 pelatih terbaik asal Portugal :

5. Bruno Lage

Sama seperti Tottenham, tampaknya Wolves juga merupakan langganan pelatih asal Portugal. Usai Nuno hengkang, Wolves mendatangkan pelatih asal Portugal lainnya, ia adalah Bruno Lage.

Sosok pelatih yang pernah menjadi asisten Carlos Carvahal di Sheffield Wednesday ini, sejak ditunjuk menggantikan Nuno, bersama dengan Lage, Wolves sudah menang 4 kali dan 4 kali kalah. Sementara ini Wolves berada di urutan 12 dengan 9 poin.

Tapi kiprahnya masih layak untuk dinanti.

4. Sergio Conceicao

Buat Anda penggemar lawas Serie A, era 1990-an nama Conceicao pasti tak asing. Semasa menjadi pemain, dirinya pernah membela klub-klub papan atas saaz itu, diantaranya Parma, Lazio dan Inter Milan.

Seusai gantung sepatu pada 2010, Conceicao melanjutkan kariernya sebagai pelatih, mula-mula melatih Nantes dan Braga, usai membawa kedua klub itu ke level yang lebih baik.

Pada musim 2017, Conceicao pulang kampung dan melatih FC Porto. Di sana, Conceicao sukses mempersembahkan gelar di musim perdananya.

Hingga musim ini, Porto di bawah kepelatihannya sudah memenangi 2 gelar Liga Portugal, 2 Super Cup Portugal dan 1 Piala Liga.

3. Pedro Martins

Nama Pedro Martins mungkin tak banyak pernah mendengarnya apalagi untuk tahu. 
Ia memang tidak menangani klub-klub elit Eropa, Martins berkhidmat di negri asalnya, dimana ia menghabiskan karier kepalatihannya di Portugal dengan melatih klub macam Maritimo, Rio Ave, dan lainnya.

Pada 2018, dirinya dilirik klub asal Yunani, OIympiakos. Di sana, dirinya sukses membawa klub barunya itu menjuarai Liga Yunani sebanyak 2 kali dan 1 Piala Liga Liga.

2. Nuno Espirito Santo

Tampaknya Tottenham Hotspur tak kapok menunjuk juru taktik asal Portugal, sesudah Mourinho. Kini giliran Nuno Espirito Santo, sosok pelatih yang namanya mulai sering dibincangkan saat masih melatih Wolverhampton.

Ia sukses membawa Wolves juara Divisi Championship pada musim 2017/18. 
Setelah berada di kompetisi teratas sepak bola Inggris, Wolves tampil luar biasa, dimana mereka sering membuat klub-klub  Big Six : Chelsea, duo Manchester, Tottenham, Liverpool, dan Arsenal kesulitan.

1. Jose Mourinho

Urutan pertama yang tak boleh lupa disebut tentu saja adalah Jose Mourinho. Seusai membawa Porto juara Liga Champions 2003, karier kepelatihan Mou terus berkembang pesat.

The Spesial One melatih beberapa klub papan atas, mulai musim 2004, Mourinho melatih Chelsea, kemudian berlanjut ke Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, Tottenham Hotspur dan saat ini AS Roma.

Selain Spurs --- yang tampaknya memang sial --- Mourinho selalu membawa klub yang dilatihnya menjadi juara. Diantara yang paling populer tentu saja saat ia mempersembahkan treble winner untuk Inter Milan di musim 2010.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan