Bagaimana Kabarnya? Starting XI Liverpool di Laga Perdana Juergen Kloop

"Tinggal dua yang masih bertahan di Anfield."

Analisis | 20 October 2021, 16:23
Bagaimana Kabarnya? Starting XI Liverpool di Laga Perdana Juergen Kloop

Libero.id - Sejak pertama kali ditunjuk melatih Liverpool pada 2015, Juergen Klopp telah membawa banyak perubahan untuk klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

Dalam enam tahun kepemimpinannya, Klopp membawa Liverpool ke dua final Liga Champions, memenangkan satu di antaranya. Pelatih berpaspor Jerman itu juga mengakhiri penantian Liverpool untuk gelar Liga Premier.

Laga pertamanya sebagai pelatih berakhir dengan hasil imbang tanpa gol. Saat itu klub yang dihadapi adalah Tottenham Hotspur pada Oktober 2015. Kini, kita akan melihat kembali starting line-up yang dimainkan oleh Klopp pada saat itu. Siapa saja dan bagaimana kabarnya? Inilah mereka:

Simon Mignolet

Saat itu Mignolet adalah kiper nomor satu klub Merseyside. Dia meninggalkan klub pada musim panas 2019, bergabung dengan Club Brugge. Di klub barunya itu, kiper berusia 33 tahun itu selalu jadi pilihan pertama. Mignolet membantu Club Brugge memenangkan gelar Liga Pro Belgia selama dua musim berturut-turut.

Nathaniel Clyne

Kembali pada 2015, Clyne baru saja menandatangani kontrak dengan Liverpool dan merupakan salah satu bek sayap terbaik Inggris.

Namun, cedera parah ditambah dengan munculnya Trent Alexander-Arnold membuat Clyne kehilangan tempat. Dia kemudian dibebaskan pada 2020.

Sejak itu dia kembali ke klub masa kecilnya, yakni Crystal Palace.

Martin Skrtel

Awal masa Klopp di Liverpool bertepatan dengan akhir dari cerita panjang Martin Skrtel. Pemain asal Slovakia itu telah berada di klub sejak 2008, menjadi sosok  penting Merseyside. Dia akhirnya harus pergi pada musim 2015/2016 untuk bergabung dengan Fenerbache.

Waktunya di sana juga sukses dan setelah tiga musim sebagai pemain kunci, dia pindah ke Atalanta. Tetapi, dia hanya bertahan tiga minggu di Italia sebelum kontraknya diakhiri dengan persetujuan bersama.

Lalu, setelah 18 bulan di Istanbul Basaksehir, pemain berusia 36 tahun itu memutuskan untuk kembali ke negara asalnya, Slovakia, bersama Spartak Trnava.

Mamadou Sakho

Ketika Klopp mengambil alih, Sakho baru setahun sebelumnya menjadi starter di setiap pertandingan untuk Prancis di Piala Dunia. Sakho merupakan salah satu bek terbaik klub.

Tetapi, dia akhirnya dipinjamkan dan kemudian dijual ke Crystal Palace pada 2017. Itu karena masalah dengan disiplin dan perilakunya. Saat ini dia bergabung dengan tim Ligue 1, Montpellier.

Alberto Moreno

Hampir tak ada yang menghiraukan keberadaan Moreno di Liverpool. Dia lalu lergi ke Villarreal. Bek kiri itu telah berjuang dengan cedera, tetapi mencetak gol dalam adu penalti saat timnya mengalahkan Manchester United di final Liga Eropa 2021.

James Milner

Kembali pada 2015, Milner adalah pemain yang dapat diandalkan, serbaguna, konsisten, dan sangat pandai dalam adu penalti. Enam tahun kemudian, dia masih di Liverpool dan masih bisa diandalkan, dan masih serba bisa, konsisten, dan jago adu penalti.

Lucas Leiva

Leiva adalah pemain yang cukup loyal untuk Liverpool, tetapi ketika tawaran dari Lazio datang pada 2017, gelandang asal Brasil itu tak bisa menolak.

Tak sia-sia, sebab Leiva kemudian terpilih sebagai Pemain Terbaik Klub di musim pertamanya dan tetap menjadi pemain penting Lazio hingga hari ini.

Emre Can

Can adalah salah satu pemain terpenting Klopp dari pertandingan pertama hingga musim panas 2018. Namun, gelandang itu pergi untuk bergabung dengan Juventus dalam status bebas transfer.

Setelah beberapa musim di Turin, Can menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund pada Januari 2020.

Adam Lallana

Lallana adalah pemain kunci di awal waktu Klopp melatih, tetapi serangkaian cedera telah membuatnya tersingkir dari skuad utama.

Gelandang itu meninggalkan The Reds pada akhir musim 2019/2020 dan sejak itu menjadi pemain reguler Brighton and Hove Albion.

Divock Origi

Masa Origi di Liverpool penuh dengan pasang-surut. Setelah bermain di tim utama di musim perdana Klopp, kariernya tampak akan berakhir. Terutama,  ketika dia dipinjamkan ke Wolfsburg pada 2018. Dia tak begitu bagus di sana.

Tetapi, Origi masih berama Liverpool dan salah satu momen bersejarah yang dia buat untuk klub adalah ketika golnya di semifinal dan final Liga Champions melawan Tottenham.

Philippe Coutinho

Coutinho adalah pemain bintang Liverpool ketika Klopp bergabung dengan klub. Jadi, wajar kalau penggemar kecewa ketika Coutinho meninggalkan klub ke Barcelona pada 2018.

Namun, segalanya tidak berjalan seperti yang diharapkan pemain Brasil itu. Coutinho lalu dipinjamkan ke Bayern Muenechen musim 2019/2020.

Sejak kembali ke Camp Nou musim lalu, pemain berusia 29 tahun itu masih terus berusaha menemukan kembali performa terbaiknya.

Belum lama ini Coutinho akhirnya bisa mencetak gol lagi, saat Barcelona menang 3-1 atas Valencia.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network