Kisah Yasir Al-Rumayyan, CEO Baru Newcastle United

"Siapa sebenarnya Yasir Al-Rumayyan?"

Biografi | 24 October 2021, 04:15
Kisah Yasir Al-Rumayyan, CEO Baru Newcastle United

Libero.id - Setelah lebih dari satu dekade dimiliki oleh Mike Ashley, ada beberapa ide segar yang dibawa dari Timur Tengah ke Inggris.

Pengambilalihan Newcastle United senilai 300 juta pounds (Rp 5,8 triliun) oleh Pangeran Arab membuat para penggemar The Magpies akan melihat banyak wajah pemain baru di St James Park.

Selain pemain baru yang akan datang, ada juga Yasir Al-Rumayyan yang mendapat sambutan meriah dari Toon Army pada pertandingan pertama era baru kepemilikan Newcastle.

Kamera TV menunjukkan dia duduk di sebelah Amanda Staveley dan tokoh lain yang bekerja di belakang layar untuk mengambil alih, lantas siapa dia?

Yasir Al-Rumayyan adalah Gubernur Investasi Publik Saudi (PIF), salah satu tokoh kunci dalam pengambilalihan The Magpies. Dia kemudian diangkat sebagai ketua baru Newcastle United pada Oktober 2021.

Menempuh pendidikan di King Faisal dan Harvard Business School, Al-Rumayyan telah menjadi Gubernur PIF sejak 2017, setelah sebelumnya menjabat sebagai Managing Director sejak 2015.

Selain sebagai ketua Newcastle dan Gubernur PIF, dia juga menjabat di sejumlah posisi penting lainnya, termasuk di perusahaan minyak negara Saudi Aramco, Uber, Softbank Group, dan Reliance Industries.

Al-Rumayyan bekerja secara ekstensif di sektor perbankan dan investasi sebelum diangkat menjadi PIF di Saudi Arabia.

#Apa peran Yasir Al-Rumayyan di Newcastle United?

Al-Rumayyan menjabat sebagai ketua non-eksekutif di Newcastle, dengan Amanda Staveley dan Jamie Reuben menjadi anggota dewan yang akan memimpin arah klub ke arah masa depan.

Bergabungnya pengusaha Arab Saudi itu memungkinan kunjungannya ke St James' Park akan lebih sering, dan dia dikenal sebagai pencinta olahraga. Sehingga, kehadirannya di pertandingan juga tidak mengejutkan.

Al-Rumayyan telah mengatakan bahwa pekerjaanya di PIF akan lebih banyak berada di belakang layer. Dia akan lebih sering berada di Tyneside mengurus jabatan baru dan merancang strategi untuk Newcastle di tengah urusan lainnya.

"Tugas kami adalah melihat gambaran yang lebih besar," jelasnya sesaat setelah pengambilalihan klub Liga Inggris itu selesai.

"Kami akan bekerja dengan anggota dewan lainnya untuk menetapkan strategi keseluruhan, memantau perkembangan klub, dan menentukan perubahan yang perlu kami buat."

"Anda akan jarang mendengar kabar dari kami, tetapi saya dapat meyakinkan Anda bahwa kami akan selalu terlibat secara aktif."

#Berapa kekayaan bersih Yasir Al-Rumayyan?

Rincian mengenai kekayaan bersih Al-Rumayyan tidak jelas dan informasi mengenai kekayaan pribadi pengusaha Arab Saudi hanya sedikit yang membahas.

Namun, ada sumber yang mengatakan bahwa nilai kekayaannya mencapai sekitar 315 juta pounds (Rp 6,1 juta triliun).

PIF tentu saja merupakan perusahaan besar, di mana ketuanya adalah Putra Mahkota Raja Mohammad bin Salman.

Peran Al-Rumayyan adalah membantu mengelola investasi kekayaan itu sebagai bagian dari visi perusahaan tahun 2030 negara itu yang berupaya mendiversifikasi ekonomi secara nasional.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network