Selamat Ulang Tahun!

Kisah Unik Matty Cash, Jadi Mateusz Gotowka Setelah Dinaturalisasi Polandia

"Jadi, apakah tetap tertulis Cash atau Gotowka? Kita lihat saja akhir pekan nanti."

Biografi | 28 October 2021, 16:05
Kisah Unik Matty Cash, Jadi Mateusz Gotowka Setelah Dinaturalisasi Polandia

Libero.id - Naturalisasi atau pindah kewarganegaraan adalah sesuatu yang biasa di sepakbola.  Beberapa pesepakbola pernah menyeberang dan membela tim nasional negara lain. Dan, aturan di setiap negara juga berbeda, meski semuanya mengacu pada statuta FIFA.

Dalam banyak kasus, pemberian kewarganegaraan baru demi bermain sepakbola intermasional, hanya sebatas paspor dan kartu identitas lainnya. Tapi, yang dialami pemain Aston Villa kelahiran Inggris, Matty Cash, berbeda. 

Pemilik nama lengkap Matthew Stuart Cash itu sebenarnya lahir Slough, 7 Agustus 1997. Sejak kecil hingga berkarier menjadi pemain profesional juga di Inggris. Dia tidak menguasai Bahasa Polandia. Begitu pula budayanya. Tapi, dia memiliki garis keturunan Polandia dari ibu dan kakeknya.

Menariknya, selain mendapat paspor Polandia dan izin membela timnas, Cash juga mendapatkan nama baru, yaitu Mateusz Gotowka. Mateusz berasal dari Matthew dan Gotowka merupakan family name ibu dan kakeknya. Dan, ternyata, itu sesuai dengan regulasi di negara Eropa Timur tersebut. 

10 Foto Sophie Christin, Menyebut Dirinya Penggemar Nomor 1 Arsenal

10 Foto Sophie Christin, Menyebut Dirinya Penggemar Nomor 1 Arsenal

Setelah diresmikan menjadi orang Polandia, Cash mengaku senang. Pemain yang berposisi sebagai full back itu berterima kasih kepada Presiden Polandia, Andrzej Duda, atas dukungannya.

"Terima kasih, Pak Presiden! Ini adalah suatu kehormatan dan momen yang sangat penting bagi saya dan keluarga saya. Saya akan melakukan yang terbaik di lapangan. Ini adalah hari yang sangat penting bagi saya dan keluarga saya. Permintaan saya untuk kewarganegaraan Polandia telah disetujui," kata Cash alias Gotowka.

Dalam waktu dekat, mantan pemain Nottingham Forest itu rencananya akan menjalani debut bersama Robert Lewandowski. Kemungkinan pada awal bulan depan. Pasalnya, tim asuhan Paulo Sousa itu akan bertandang ke Andorra pada 12 November 2021 sebelum menjamu Hungaria tiga hari kemudian.

"Saatnya untuk tantangan baru. Saya akan melakukan yang terbaik untuk negara ini," ucap pemain yang sejak awal memang meminta tidak dipanggil Gareth Southgate ke skuad The Three Lions. 

(mochamad rahmatul haq/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan