Kisah Andoni Zubizarreta, Legenda Barcelona yang Sempat Jadi Pengusaha Minuman Keras

"Jauh lebih hebat dari Victor Valdes ataupun Martin Ter Stegen"

Berita | 29 October 2021, 06:09
Kisah Andoni Zubizarreta, Legenda Barcelona yang Sempat Jadi Pengusaha Minuman Keras

Libero.id - Kalau kita menyebut kiper terbaik yang pernah bermain untuk Barcelona, nama Victor Valdes atau Martin Ter Stegen mungkin adalah dua nama yang paling cepat terlintas dalam benak.

Tetapi pada medio 1980-an awal, Barcelona pernah punya penjaga gawang yang kokoh dan tak kalah hebatnya bernama Andoni Zubizarreta.

Penjaga gawang asal kelahiran 23 Oktober 1961  yang mencatatkan 123 caps dan tampil dalam 3 kali gelaran Piala Dunia untuk timnas Spanyol  itu tercatat berseragam Barcelona pada musim 1986 hingga 1994.

Kini, di usianya yang sudah lanjut yakni 60 tahun, kabarnya menurut laporan dari The Sun, Zubizarreta menjadi pengusaha minuman keras berjenis anggur merah.

Zubizarreta memulai karier sepak bolanya di Deportivo Alaves. Pada 1979, Zubizarreta mencatatkan namanya sebagai anggota di skuad Alaves. Tetapi dirinya tak mendapat banyak menit bermain.

Akhirnya  Zubizarreta memutuskan untuk pindah ke Athletic Bilbao. Dan di sana, dirinya bermain selama 5 musim dan tampil jauh lebih sering.

Tercatat, Zubizarreta turun sebanyak 239 pertandingan di semua kompetisi, ia ikut mempersembahkan sederet trofi untuk Bilbao, diantaranya 3 juara La Liga, 1 Copa del Rey, dan 1 Piala Super Spanyol.

Dan atas dasar itu Barcelona meminang Zubizarreta, hingga akhirnya ia tiba di Camp Nou pada 1986.

Selama sekitar 8 musim di Barcelona, penampilan Zubizarreta sangat memuaskan. Ia dimainkan  sebanyak 410 laga buat Blaugrana dan  meraih sejumlah trofi bergengsi.

Pada akhir musim 1994, ia melanjutkan petualangannya ke Valencia. Tiga musim di Mestalla, Zubizarreta akhirnya memutuskan untuk pensiun di usia 37 tahun. 

Zubizarreta sempat menjadi pengusaha anggur. Barulah pada Juli 2010, dirinya kembali ke sepak bola setelah Sandro Rosell menjadi Presiden Barcelona di sana.

Zubizarreta di klub ditunjuk sebagai Direktur Olahraga. Namun kini kabarnya Zubizarreta kembali menekuni lini usahanya sebagai pengusaha anggur.
 

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network