Geger, Pelatih Timnas Wanita Jamaika Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

"Miris, bahkan sang terduga korban sampai tidak jujur soal pelecehan seksual yang didapatnya"

Berita | 29 October 2021, 22:27
Geger, Pelatih Timnas Wanita Jamaika Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Libero.id - Pelatih timnas wanita Jamaika - Hubert Busby Jr, diduga meminta seks dari salah seorang pemain ketika ia masih melatih tim sepakbola wanita di Kanada, Vancouver Whitecaps 10 tahun lalu.

Tuduhan itu dilayangkan oleh mantan pemainnya, Malloree Enoch yang kemudian dipublikasikan oleh The Guardian.

Dalam pengakuannya, Enoch mengaku dihubungi oleh Busby pada September 2010 mengenai pekerjaan administrasi dengan Vancouver Whitecaps. Busby kemudian menyarankan agar ia bermain untuk tim sebagai gantinya.

Hal ini mengakibatkan proses perekrutan, di mana dugaan insiden pelecehan seksual dan perilaku yang tidak pantas terjadi.

Menurut Enoch, Busby sering membawanya ke restoran untuk makan bersama, dan memintanya untuk tinggal bersamanya di kamar hotelnya saat ia bekerja sebagai pelatih Whitecaps.

Pada satu kesempatan, Enoch sendiri dilaporkan pernah tinggal bersama Busby di salah satu kamar hotel di Los Angeles selama tiga malam, namun tidak ada indikasi pelecehan seksual yang terjadi dan itu semua berubah saat berada di Orlando.

"Dia bersikeras saya tinggal karena sekarang sudah larut dan ketika saya setuju sudah terlambat untuk kembali," ujarnya kepada The Guardian. 

"Ketika kami kembali ke hotel, dia lagi-lagi tidak menyediakan kamar untuk saya. Saya harus menginap di kamarnya."

"Malam ini ada dua tempat tidur dan saya berbaring di tempat tidur saya sendiri dan dia berjalan ke tempat tidur saya dan pada suatu saat berdiri di atas saya."

"Dia merangkak sepenuhnya di tempat tidur. Dia benar-benar terangsang. Dia mencoba mencium dan menyentuhku. Lampu tidak menyala tetapi saya tidak berpikir dia mengenakan bajunya. Saya harus bernegosiasi untuk melepaskannya dari tempat tidur. tempat tidur. Aku bilang padanya aku tidak tertarik."

"Saya pikir ada banyak emosi. Saya benar-benar takut. Saya bermimpi menjadi pemain sepak bola dan saya mencoba mengejar sesuatu yang ingin saya lakukan sejak saya berusia lima tahun dan sekarang saya ditempatkan di benar-benar posisi yang menyebalkan" tambah Enoch

"Dia menggunakan kekuatan ini karena dia memiliki sesuatu yang saya inginkan. Saya sangat tidak nyaman. Saya menentangnya dan dia mencoba mengejarnya dan mengejarnya dan kemudian dia marah dan pergi ke tempat tidurnya sendiri dan pergi tidur. ."

Peristiwa yang tidak mengenakan tersebut kemudian hanya menjadi rahasia untuk Enoch karena ia merasa "malu" bila berkata jujur plus ia tidak ingin merusak peluangnya untuk bergabung dengan tim. Tak lama setelah itu, Enoch segera ditandatangani sebagai pemain.

Di akhir tahun 2011, para pemain Vancouver Whitecaps mengirim email ke oficial klub yang mengeluhkan perilaku tidak pantas yang dilakukan oleh Busby dan staf pelatihnya. Manajemen Vancouver Whitecaps kemudian  menyewa seorang ombudsman untuk mewawancarai para pemain.

Setelah wawancara, pimpinan klub berjuluk 'The Village' itu, Dan Lenarduzzi berujar kepada para pemain "adalah kepentingan terbaik klub untuk membuat perubahan dalam staf pelatih untuk program tim wanita kami", tetapi meminta mereka untuk tidak mengomentari masalah ini secara terbuka.

Busby, yang kemudian bekerja di Western New York Flash dan Seattle Sounders, menolak semua tuduhan Enoch dan mengklaim bahwa ia tidak dipecat dari Vancouver Whitecaps karena pelecehan seksual.

Pria berusia 52 tahun itu menjabat sebagai asisten pelatih tim nasional wanita Jamaika di Piala Dunia Wanita FIFA 2019 di Prancis, dan menjadi pelatih kepala tahun lalu.

Federasi Sepak Bola Jamaika merilis pernyataan yang mengungkapkan akan bertemu dengan Busby untuk membahas tuduhan tersebut pada Selasa mendatang (02/11/2021).

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network