Bagaimana Kariernya? 14 Wonderkid Chelsea dari FM2012

"Nama terakhir pernah dianggap sebelah mata sebelumnya."

Analisis | 01 November 2021, 12:34
Bagaimana Kariernya? 14 Wonderkid Chelsea dari FM2012

Libero.id - Musim 2011/2012 menjadi musim paling menguras emosi untuk Chelsea, di mana pada akhirnya The Blues memenangkan gelar Liga Champions pertama mereka secara dramatis melawan Bayern Muenchen di Allianz Arena.

Setelah masa pemerintahan Andre Villas-Boas yang mengecewakan dan berumur pendek, datanglah sosok Roberto di Matteo pada awal Maret yang langsung melakukan perubahan luar biasa.

Selain Liga Champions, Di Matteo juga membawa Chelsea menjuara Piala FA. Itu lebih dari cukup untuk menghapus kekecewaan setelah mereka finis di peringkat keenam Liga Premier musim yang sama.

Jika menilik kembali ke belakang, Chelsea saat itu diperkuat pemain superstar seperti Didier Drogba, John Terry, dan Frank Lampard. Tetapi, seperti biasa dengan sistem pemain muda Chelsea yang hampir seperti 'pabrik', ada banyak bakat muda yang tak kalah menarik perhatian.

Untuk itu, kami pikir bagus untuk melihat kembali 10 tahun yang lalu untuk melihat apa yang terjadi dengan 14 wonderkids Chelsea (via FM Scout) dari FM 2012 – yang dirilis lebih dari satu dekade lalu, pada Oktober 2011.

Ini dia:

Thibaut Courtois

Tidak banyak yang perlu dikatakan tentang penjaga gawang nomor satu asal Belgia ini. Courtois bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2011 dari klub Belgia Genk dengan nilai transfer 10 juta pounds.

Kemudian baru berusia 19 tahun, dia dipinjamkan langsung ke Atletico Madrid di mana dia akan tinggal selama empat musim sampai dia kembali untuk menggeser posisi Petr Cech.

Bersama Chelsea, Courtois mengangkat dua gelar Liga Premier, sebelum akhirnya kembali ke ibu kota Spanyol. Dia menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada 2018.

Matej Delac

Tiba dari klub Kroasia, Inter Zapresic, Delac adalah penjaga gawang muda lainnya di Chelsea. Tapi, tidak seperti Cortouis, dia tidak akan pernah diberi kesempatan mengenakan jersey Chelsea.

Ketika kontraknya berakhir dengan Chelsea pada 2018, dia menandatangani kontrak dengan klub Denmark AC Horsens, menjadi kiper pilihan pertama mereka.

Jeffrey Bruma

Tidak seperti banyak di daftar ini, Bruma memang membuat beberapa penampilan untuk Chelsea. Setelah bergabung dengan Chelsea dari Feyenoord sebagai pemain muda pada 2007, Bruma tampil empat kali untuk klub setelah melakukan debutnya pada 2009 pada usia 17 tahun. Tetapi, dia tidak pernah bisa mendapatkan tempat di skuad utama lagi.

Bek itu akhirnya dipinjamkan ke Leicester pada Februari 2011 sebelum menghabiskan dua musim berikutnya di Jerman bersama Hamburg.

Bruma kemudian bergabung dengan klub Turki Kasimpasa musim panas ini.

Tomas Kalas

Bek asal Republik Ceko, Kalas, adalah salah satu dari sedikit pemain dalam daftar ini yang masih berada di Inggris. Bek tengah itu menghabiskan setiap musim dengan status pinjaman kecuali untuk musim 2013/2014 ketika Jose Mourinho menahannya di skuad The Blues.

Kalas akhirnya berakhir di Bristol City dengan status pinjaman di mana dia menjadi sosok yang sangat dicintai, pindah ke sana secara permanen pada 2019 dan sekarang menjadi kapten klub.

Nathan Ake

Mungkin mudah melupakan bahwa Nathan Ake pernah menjadi pemain Chelsea, tetapi ada saat ketika dia hampir menembus tim utama.

Pemain asal Belanda itu bergabung dengan Chelsea pada usia 15 tahun dan membuat beberapa penampilan untuk tim London. Dia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik musim ini pada 2013.

Tetapi, setelah awal yang menjanjikan itu, Ake tidak dapat mempertahankan peran permanennya. Dia mulai dipinjamkan pada 2015 sebelum menjadi rekor penandatanganan kontrak Bournemouth pada 2017.

Dia melanjutkan membuat lebih dari 100 penampilan bersama The Cherries sebelum berangkat ke Manchester City.

Nathaniel Chalobah

Trevoh Chalobah telah menembus tim utama di musim ini di bawah Thomas Tuchel.

Tapi, Chalobah telah melewati serangkaian pinjaman sebelum akhirnya menandatangani kontrak dengan Watford pada 2017.

Patrick van Aanholt

Pemain muda Belanda lainnya di buku Chelsea, Van Aanholt tidak pernah menerobos tim utama Chelsea. Dia akhirnya dipinjamkan ke sejumlah klub hingga berakhir di Sunderland pada 2014 dengan kesepakatan permanen.

Dia kemudian bergabung dengan Crystal Palace pada Januari 2017. Paling anyar adalah saat dirinya menandatangani kontrak dengan Galatasaray secara gratis di musim panas 2021.

Oriol Romeu

Pemain asal Spanyol itu  dikirim dengan status pinjaman ke Valencia pada 2013 dan tidak akan pernah bermain bersama The Blues lagi.

Pada 2015, dia menandatangani kontrak dengan Southampton. Dia masih bertahan di sana.

Josh McEachran

Josh McEachran diperkirakan akan menembus tim utama sekitar musim 2011/2012, apalagi dirinya adalah produk pemuda Chelsea dan Pemain Muda Terbaik Musim 2011. Tetapi, cedera dan perubahan manajerial telah mengubah arah kariernya.

Sekarang setelah periode keluar sebagai agen bebas, pemain berusia 28 tahun itu menjadi pemain reguler untuk MK Dons.

Jacob Mellis

Kisah Mellis adalah salah satu yang menarik. Dirilis oleh Chelsea pada 2012 setelah mengaku meledakkan bom asap di Cobham yang menyebabkan evakuasi penuh dari pusat pelatihan.

Sejak saat itu, dia bolak-balik dipinjamkan ke klub liga yang lebih rendah di Inggris, termasuk bermain dengan Southend saat ini.

Connor Clifford

Clifford adalah pemain pinjaman abadi di Chelsea. Dia tidak pernah membuat lebih dari 10 penampilan di lima klub tempat dia dipinjamkan.

Setelah melakukan perjalanan melalui liga yang lebih rendah di Inggris, Clifford kembali ke negara asalnya Irlandia. Dia sekarang bermain di Divisi Pertama Liga Irlandia bersama Bray Wanderers.

Gael Kakuta

Kakuta bergabung dengan Chelsea pada 2007 sebagai pemain muda asal Kongo. Namun, dia pergi bersama enam klub berbeda di lima negara dengan status pinjaman selama di Stamford Bridge.

Setelah pindah ke Sevilla secara gratis pada 2015, dia bermain untuk lima klub lagi sebelum akhirnya kembali ke Lens secara permanen musim panas ini.

Kevin de Bruyne

Tak banyak yang tahu kalau sebenernya bintang Manchester City dulunya adalah bagian dari Chelsea.

Romelu Lukaku

Kalimat pendek yang mungkin dapat menggambarkan perjalanan Lukaku: Seorang pendekar yang kembali ke rumahnya setelah sebelumnya dipandang sebelah mata.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network