Peringkat 5 Pelatih Terbaik yang Sekarang Sedang Nganggur

"Nomor 1 jaminan mutu yang tersedia saat ini."

Analisis | 08 November 2021, 19:10
Peringkat 5 Pelatih Terbaik yang Sekarang Sedang Nganggur

Libero.id - Ada banyak cara untuk turun dari jabatan pelatih, bisa dengan kontrak yang sudah habis, mengundurkan diri, hingga yang paling parah dipecat karena hasil mengecewakan.

Sekelas predikat pelatih terbaik sekalipun tidak serta-merta selalu memiliki klub untuk dilatih. Ketika berhenti melatih suatu klub karena masa kontrak habis, tentu mereka bisa melatih Kembali. Mereka harus menunggu lamaran dari klub yang melakukan pergantian pelatih.

Nasib Ole Gunnar Solskjaer saat ini masih terancam bersama Manchester United. Ditambah kekalahan Man United pada Derby Manchester, bisa jadi jabatannya segera berakhir menyusul serangkaian hasil yang mengecewakan. Hingga sudah ada diskusi intens tentang siapa yang bisa menggantikannya jika dia dipecat.

Tentu bukanlah Antonio Conte, karena dia telah menerima tawaran bersama Tottenham Hotspur. Namun, saat ini banyak pelatih kelas dunia yang sedang menganggur.

Jadi, masih ada kesempatan bagi Setan Merah mendapatkan pelatih terbaik jika Solskjaer dipecat.

Namun, bukan hanya Man United, klub elit mana pun yang mencari pelatih top sekarang bisa dengan segera melamar para pelatih tersebut. Pada catatan itu, berikut Libero.id memuat 5 Pelatih Terbaik yang sekarang sedang menganggur.

5. Nuno Espirito Santo

Perjalanan Nuno Espirito Santo di Tottenham Hotspur tentu tidak berjalan sesuai rencana. Pelatih asal Portugal itu dipecat setelah hanya empat bulan memimpin klub.

Sementara sepakbola Spurs tidak menyenangkan untuk ditonton di bawah Santo, sulit untuk menyalahkannya atas kekurangan Tottenham. Pria berusia 47 tahun itu bukan pilihan utama klub, jadi Spurs harus bertanggung jawab atas penunjukan yang buruk sejak awal.

Santo memang tidak akan pernah bertahan lama di klub, meski mantan bos Valencia itu telah menunjukkan dirinya jauh lebih baik daripada nasib di Spurs.

Santo memimpin Wolverhampton Wanderers ke Liga Premier. Wolves finis ketujuh di papan atas Inggris dua kali di bawahnya. Santo lebih suka bermain sepakbola yang disiplin dan terstruktur.

Meskipun dia menikmati kesuksesan besar bersama Wolves, itu tidak akan pernah diterima dengan baik oleh para penggemar Spurs.

4. Ernesto Valverde

Seperti Nuno Espirito Santo, Ernesto Valverde tidak dikenal karena kharismanya. Pelatih asal Spanyol itu lebih suka membiarkan pekerjaannya yang berbicara.

Valverde dianggap sebagai pilihan yang aman ketika Barcelona menunjuknya sebagai manajer pada 2017. Dia harus mengisi posisi besar, menggantikan Luis Enrique yang sangat dicintai di kursi panas Barcelona. Kondisi keuangan Blaugrana mulai memburuk pada saat ini, dan retakan mulai muncul dalam struktur klub.

Meski demikian, Valverde memenangkan dua gelar La Liga bersama Barcelona. Namun, penggemar akan mengingat masa jabatannya dengan pahit karena kekalahan mengejutkan dari AS Roma dan Liverpool di Liga Champions. Kedua kali, Barcelona memegang kendali, hanya untuk menyia-nyiakan keunggulan leg pertama yang signifikan jauh dari rumah.

Pelatih Barcelona itu akhirnya dipecat pada 2020. Manajemen Blaugrana saat itu menunjuk Quique Setien sebagai penggantinya.

3. Lucien Favre

Seperti Santo dan Valverde, Lucien Favre bukanlah pelatih yang karismatik. Namun, dia adalah salah satu manajer paling berpengalaman yang tersedia di pasar saat ini.

Favre hampir bergabung dengan Crystal Palace musim panas ini, tetapi kepindahan itu akhirnya tidak terwujud. Pelatih asal Swiss itu terkenal karena kemampuannya mengeluarkan yang terbaik dari para pemainnya.

Borussia Monchengladbach dan Nice bukti kualitasnya, di mana mereka tampil di atas ekspektasi. Jadi, tidak mengejutkan melihat Borussia Dortmund menunjuknya pada 2018.

Dengan raksasa Bundesliga itu, pria berusia 64 tahun itu memenangkan Piala Super DFL. Namun, masanya akan lebih dikenang sebagai periode ketika talenta muda dan menarik memainkan sepakbola yang atraktif.

Pemuda seperti Jadon Sancho, Erling Braut Haaland, dan Giovanni Reyna semua berkembang di bawahnya. Favre akhirnya dipecat setelah performa buruk Die Borussen pada Desember tahun lalu.

2. Paulo Fonseca

Paulo Fonseca sempat mempertimbangkan pekerjaan Tottenham Hotspur musim panas ini, atau sebelum Nuno Espirito Santo akhirnya terpilih.

Terbukti Fonseca ingin kembali ke manajemen sesegera mungkin. Pelatih asal Portugal itu menorehkan namanya sebagai manajer muda berbakat selama waktunya bersama Shakhtar Donetsk.

AS Roma menunjuknya sebagai manajer pada 2019, dan dia memimpin mereka ke posisi kelima di liga pada musim pertamanya.

Roma selesai ketujuh di musim berikutnya, dan mencapai semifinal Liga Europa UEFA. Fonseca memainkan sepakbola yang menarik, dan dia telah dikaitkan dengan beberapa pekerjaan Liga Premier sejak meninggalkan Italia.

1. Zinedine Zidane

Siapa lagi? Zinedine Zidane bisa dibilang satu-satunya pelatih kelas dunia yang saat ini sedang menganggur.

Zidane, pemain kelas dunia selama hari-harinya bermain, telah bertransisi dengan cukup nyaman menjadi manajer kelas dunia. Pria Prancis itu menikmati dua tugas sebagai manajer Real Madrid.

Dia memimpin mereka meraih tiga gelar Liga Champions berturut-turut, dan juga memenangkan liga dua kali. Zidane terus dikaitkan dengan Manchester United.

Dia banyak dikaitkan setelah pemecatan Jose Mourinho. Fans menuntut pemecatan Ole Gunnar Solskjaer. Dengan Antonio Conte keluar dari pasar, Zidane adalah pilihan yang menarik. Namun, rumor menjelaskan orang Prancis itu sedang menunggu pekerjaan di Prancis.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network