Ini yang Harus Dilakukan Jepang Demi Selembar Tiket Piala Dunia

"Syarat utama Jepang lolos ke Qatar adalah memenangkan semua pertandingan sisa."

Analisis | 08 November 2021, 19:22
Ini yang Harus Dilakukan Jepang Demi Selembar Tiket Piala Dunia

Libero.id - Tidak ada yang bisa dilakukan Jepang pada dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pekan ini. Samurai Biru harus bisa mengalahkan Vietnam, Kamis (11/11/2021), dan Oman, Selasa (16/11/2021), jika tidak ingin sejarah selalu lolos sejak 1998 terhenti.

Jepang menghadapi pertandingan internasional bulan ini dalam situasi yang kurang ideal.  Mereka ada di posisi keempat klasemen sementara Grup B. Dengan enam poin, Jepang sama dengan Oman di posisi ketiga alias zona play-off. 

Tapi, baik Oman maupun Jepang tertinggal sangat jauh dari Arab Saudi, yang memuncaki klasemen sementara dengan empat kemenangan dari empat pertandingan alias 12 poin. Sementara posisi kedua menjadi milik Australia dengan sembilan poin dari tiga kemenangan dan satu kali kalah. 

Menurut Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, negaranya saat ini sedang berupaya keras untuk bisa melanjutkan sejarah lolos ke Piala Dunia. Itu karena Jepang dikalahkan Oman dan Arab Saudi serta menang atas Vietnam dan Australia pada pertarungan sebelumnya.

"Saya sadar bahwa kami berada dalam situasi yang sangat sulit. Kami berharap suporter mendukung kami. Kami harus memberikan segalanya untuk mengambil poin sebanyak mungkin dari enam pertandingan terakhir kami. Saya sangat yakin kami bisa lolos ke Piala Dunia," kata Moriyasu, dilansir Japan Times.

Untuk mendukung misi harus menang, Moriyasu memilih skuad terbaik Samurai Biru, yang terdiri dari 27 pemain. Di dalamnya menampilkan sejumlah pemain bagus yang berbasis di Eropa seperti bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu, penyerang Liverpool Takumi Minamino, dan penyerang Glasgow Celtic, Kyogo Furuhasi.

Ada juga panggilan pertama untuk Kaoru Mitoma. Dia merupakan pemain Brighton and Hove Albion yang sedang dipinjamkan ke klub Belgia, Union Saint-Gilloise.

Tapi, dalam skuad ini tidak ada tempat untuk duo penyerang muda berbakat Takefusa Kubo dari Real Mallorca atau Ritsu Doan dari PSV Eindhoven. Kedua pemain gagal pulih dari cedera tepat waktu sehingga Moriyasu memutuskan untuk tidak membuat panggilan timnas di laga kali ini.

Moriyasu mengatakan waktu persiapan yang singkat dan cuaca yang tidak bersahabat bisa menjadi masalah saat Jepang menghadapi Vietnam di Hanoi. Tapi, dia tetap optimistis.

"Ini akan menjadi lingkungan yang berbeda dengan apa yang biasa dilakukan para pemain. Sangat dingin di Jepang dan Eropa sekarang dan kami harus bermain di cuaca panas (di Asia Tenggara dan Timur Tengah). Jadi, kami harus memperhatikan kondisi para pemain," ujar Moriyasu.

Untuk penjaga gawang Moriyasu memanggil Eiji Kawashima (Strasbourg), Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Kosei Tani (Shonan Bellmare). Lalu, di pertahanan ada Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Maya Yoshida (Sampdoria), Hiroki Sakai (Urawa Reds Diamond), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Sei Muroya (Hannover), Kou Itakura (Schalke), Yuta Nakayama (PEC Zwolle), Reo Hatate (Kawasaki Frontale), dan Takehiro Tomiyasu (Arsenal)

Untuk sektor penyerangan terdapat Yuya Osako (Vissel Kobe), Genki Haraguchi (Union Berlin), Gaku Shibasaki (Leganes), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Junya Ito (Genk), Takuma Asano (Bochum ), Takumi Minamino (Liverpool), hingga Kyogo Furuhashi (Glasgow Celtic).

Ada lagi Hidemasa Morita (Santa Clara), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Kaoru Mitoma (Union Saint-Gilloise), Daizen Maeda ( Yokohama F Marinos), Ayase Ueda (Kashima Antlers), dan Ao Tanaka (Fortuna Duesseldorf).

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network