Selamat Ulang Tahun!

Daftar 5 Legenda yang Pernah jadi Pelatih untuk Klubnya, Xavi Hernandez Terbaru

"Dihitung sejak satu dekade lalu..."

Feature | 09 November 2021, 15:48
Daftar 5 Legenda yang Pernah jadi Pelatih untuk Klubnya, Xavi Hernandez Terbaru

Libero.id - Banyak nama-nama mentereng dalam  sepak bola yang membangun reputasinya sebagai ikon satu klub saja. Tetapi dari banyaknya itu, cuma segelintir nama yang melanjutkan karier sebagai pelatih klub yang telah membesarkan namanya.

Dengan melansir data dari Sportskeeda, setidaknya ada 5 nama Legenda klub yang comeback sebagai pelatih dalam satu dekade terakhir. Lantas, siapakah mereka?
Kami telah menyediakan ulasannya singkatnya sebagi berikut:

5. Zinedine Zidane - Real Madrid

Sebagai pemain, Zidane mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi untuk Real Madrid, termasuk satu trofi La Liga Spanyol dan satu gelar Liga Champions.

Ketika ditunjuk menjadi pelatih Los Blancos pada Januari 2016, kiprah Zidane semakin moncer. El Real berhasil dibawanya tiga kali beruntun menjuarai Liga Champions (2016-2018).

Selain itu, dalam dua periode melatih Madrid hingga akhir musim 2020/21, total pelatih asal Prancis ini berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga Spanyol, dua Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub, dan dua Piala Super Eropa. Luar biasa.

4. Frank Lampard - Chelsea

13 tahun lamanya dihabiskan Frank Lampard bersama Chelsea sebagai pemain. Ia turut menjadi bagian penting dalam era kejayaan The Blues. Ada tiga gelar Liga Premier, satu Liga Champions, satu Liga Europa, empat Piala FA, dan dua Piala Liga Inggris.

Lalu usai pensiun sebagai pemain di 2017, Lampard beralih ke dunia juru taktik. Pada musim 2019/20 ia ditunjuk untuk menukangi Chelsea usai sebelumnya berhasil menunjukkan performa yang bagus kala melatih Derby County.

Namun nasib Lampard tak melulu baik. 
Hanya satu setengah musim ia dipecat.
Tercatat, selama menangani Chelsea, dalam 84 laga, Lampard hanya mengemas 44 kemenangan serta menelan 25 kekalahan dan sisanya imbang.

3. Andrea Pirlo - Juventus

Maestro lini tengah ini mendapat tempat terhormat sebagai pemain di Bianconeri. Dan ia tak bisa jauh-jauh dari Juventus.

Awalnya, ia ditunjuk untuk menangani tim U-23 Juventus pada Juli 2020. Namun, hanya berselang dua minggu kemudian, ia dipromosikan untuk melatih tim senior langsung.

Namun sayang, karier kepelatihannya di Juventus tak semoncer seperti jadi pemain.  Dalam periode melatih yang singkat, yakni hanya semusim, Pirlo hanya mengantarkan Juventus merebut gelar juara Coppa Italia dan Piala Super Italia, sedangkan tradisi Scudetto putus begitu saja.

2. Ole Gunnar Solskjaer - Manchester United

Sebagai pemain Ole Gunnar Solskjaer banyak dipuji terutama karena kepahlawanannya ketika mencetak gol penentu kemenangan  di final Liga Champions 1998/99 yang mengantarkan United meraih treble winner musim itu 

Selang hampir dua dekade kemudian, Solskjaer mengemban amanah baru sebagai pelatih, tepatnya pada Desember 2018. 

Awalnya sangat meyakinkan, hingga United mengontrak Ole secara permanen.
Namun sayang, prestasi tak kunjung datang. Bahkan, musim ini isu Ole akan didepak makin santer terdengar.

1. Xavi Hernandez - Barcelona

Nama terbaru adalah Xavi Hernandez, yang baru saja ditunjuk untuk menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona.

Camp Nou adalah rumah mewah yang tak mungkin dilupakan Xavi. 17 tahun lamanya ia memperkuat Barcelona sebagai pemain dengan puluhan trofi yang hampir semua sudah dimenangkan, kini Xavi punya tugas untuk mengembalikan masa kejayaan Barca, sebagaimana ketika dulu ia bermain.

Jejak langkahnya sebagai pelatih terbilang sangat bagus, dimana ia mengarsiteki klub asal Qatar, Al-Sadd sejak 2019 dan memenangkan sejumlah trofi.

(gigih imanadi darma/mag)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan