Kisah Gabriel Magalhaes Dipanggil Timnas Brasil Setelah Menyelamatkan Arsenal

"Dia adalah salah satu pemain kunci yang membangunkan Arsenal setelah sempat terpuruk."

Biografi | 09 November 2021, 16:22
Kisah Gabriel Magalhaes Dipanggil Timnas Brasil Setelah Menyelamatkan Arsenal

Libero.id - Keinginan Gabriel Magalhaes untuk membela tim nasional Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 akhirnya terwujud. Tite memanggil bek Arsenal berusia 23 tahun itu setelah tampil cukup bagus di Liga Premier.

Pemilik nama lengkap Gabriel dos Santos  Magalhaes itu menjadi salah satu pemain kunci yang mengembalikan Arsenal ke jalur kemenangan setelah sempat terseok-seok di awal musim. Sejak sembuh dari cedera dan tampil pertama melawan Norwich City, 11 September 2021, Gabriel tidak pernah kalah.

Gabriel tampil luar biasa. Dia bermain delapan kali dan membantu The Gunners menang enam kali, serta imbang dua kali. Dia juga sempat tampil di Liga Premier 2 saat Arsenal U-23 melawan Tottenham Hotspur U-23, 27 Agustus 2021. Hasilnya, menang 2-1.

Jadi, meski Brasil tidak pernah kalah di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Tite tetap memanggil Gabriel. Keberadaan pemain-pemain senior di sektor pertahanan seperti Thiago Silva (Chelsea), Marquinhos (PSG), atau Eder Militao (Real Madrid) tidak bisa menghalangi Gabriel untuk ikut dipanggil melawan Kolombia dan Argentina.

Entah bermain melawan Kolombia atau Argentina, atau sama sekali tidak merumput, panggilan dari Tite layak dirayakan pemuda kelahiran Sao Paulo, 19 Desember 1997 itu.

Fakta menunjukkan, Gabriel sudah membela Brasil di level U-20 saat Copa America U-20 2017 diselenggarakan. Lalu, pada 14 November 2020, dia melakukan debut internasionalnya bersama Brasil U-23 dalam kemenangan 3-1 atas Korea Selatan U-23 dalam pertandingan persahabatan.

Kemudian, pada 17 Juni 2021, mantan pemain Lille tersebut masuk dalam skuad Brasil di Olimpiade 2020. Tapi, dirinya dipaksa mundur karena cedera lutut pada 6 Juli 2021 dan baru pulih sebulan kemudian.


Bukan satu-satunya pemain Arsenal yang dipanggil timnas

Pemanggilan Gabriel ke Brasil membuat Arsenal mengirimkan beberapa pemain ke jeda intermasional. Pasalnya, Emile Smith Rowe juga mendapatkan tiket ke skuad Inggris asuhan Gareth Southgate setelah Mason Mount dan Marcus Rashford dipaksa mundur akibat cedera.

Panggilan yang sama juga didapatkan Aaron Ramsdale. Penjaga gawang baru The Gunners itu kembali dipanggil setelah kehilangan kesempatan pada pemanggilan sebelumnya.

Selain dua pemain Inggris, Kieran Tierney juga akan melakukan perjalanan ke Skotlandia. Dia mendapatkan misi berat membantu negara yang dicintainya mengamankan tempat di play-off Piala Dunia dengan kemenangan melawan Moldova atau Denmark.

Pemanggilan juga didapatkan Thomas Partey. Mantan pemain Atletico Madrid itu akan bergabung dengan Ghana menghadapi dua pertandingan penentuan di zona Afrika melawan Ethiopia dan Afrika Selatan. Jika menang, The Black Stars akan tampil di fase terakhir (play-off) untuk lolos ke Qatar.

Namun, beda dengan rekan-rekan lainnya, Mikel Arteta tampaknya kurang bahagia dengan pemanggilan Partey. Pasalnya, dia absen dalam kemenangan 1-0 The Gunners atas Watford, Minggu (7/11/2021) karena cedera pangkal paha.

"Mari kita lihat apa yang terjadi dengan Thomas. Dia tidak bisa bermain hari ini (versus Watford). Dia mengalami cedera otot, dan kita tidak tahu bagaimana perkembangannya. Jadi mari kita jalani hari demi hari," ucap pelatih asal Spanyol tersebut, dilansir Sky Sports.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network