5 Pelatih Liga Premier yang Sudah Dipecat, Ole Kapan Nyusul?

"Siapa saja pengganti pelatih-pelatih tersebut?"

Berita | 10 November 2021, 11:45
5 Pelatih Liga Premier yang Sudah Dipecat, Ole Kapan Nyusul?

Libero.id - Liga Premiere Inggris (EPL) terkenal paling keras dan kompetitif di Eropa. Hal ini menuntut pemain dan pelatih untuk keluarkan kemampuan terbaiknya di tiap pekan. Di era sepakbola modern, hasil menjadi tolok ukur utama. Apabila sebuah tim menelan hasil buruk, maka pelatih menjadi orang pertama yang disorot.

Hingga pekan ke sebelas Liga Inggris, Chelsea masih memimpin klasemen dan diikuti Manchester City. Sementara di zona degradasi ada Burnley, Newcasle United, dan Norwich City di dasar klasemen. Namun, beberapa klub sudah mengakhiri kontrak pelatihnya pada pertengahan musim 2021/2022 karena tak puas dengan performa timnya musim ini. Berikut daftar pelatih yang dipecat:

1. Xisco Munoz (Watford)

Xisco Munoz menjadi pelatih pertama yang dipecat musim ini. Watford mengumumkan pemecatan Xisco Munoz pada Minggu, (3/10/2021) setelah kalah lawan Leeds United dengan skor 1-0. Padahal, pelatih berusia 41 tersebut berhasil bawa Watford promosi ke Liga Inggris musim ini. Meski ia baru menjabat 4 bulan.

Pada Senin, 4 Oktober 2021 Watford resmi umumkan Claudio Ranieri sebagai pengganti Xisco Munoz. Claudio Ranieri dikontrak hingga Juni 2023. Melatih di Inggris bukan hal baru bagi pelatih berusia 61 tahun tersebut. Karena, ia pernah menangani Chelsea (2000-2004), Leicester City (2015-2017), dan Fulham (2018-2019). Bahkan, mantan pelatih Sampdoria itu sempat gegerkan jagat sepakbola kala ia mengantarkan Leicester City menjadi juara Liga Inggris musim (2015-2016).

2. Steve Bruce (Newcastle United)

Buruknya performa Newcastle musim ini tak dapat ditoleransi pihak Manajemen. Dari 11 laga yang telah dilakoni, The Magpies berada di urutan ke-19 klasemen dengan 5 poin. Apalagi, di bawah rezim baru Mohammed Bin Salman. Tentu pangeran Arab Saudi itu tak ingin timnya turun kasta. Sebab, ia dikabarkan sedang mempersiapkan rencana besar musim depan.

Newcastle sempat santer diisukan bakal datangkan Unai Emery untuk menjadi Manager anyar mereka. Namun, pelatih asal Spanyol tersebut lebih milih bertahan di La Liga. Alhasil, kemarin pada Selasa, 9 November 2021, tim yang bermarkas di St. James Park itu menunjuk Eddie Howe untuk gantikan Steve Bruce. Padahal pada 2020, Howe menganggur sejak tinggalkan Bournemouth setelah terdegradasi dari Liga Inggris 2 musim lalu.

3. Nuno Espirito Santo (Tottenham Hotspurs)

Nuno Espirito Santo didepak dari kursi kepelatihan setelah dipermalukan Manchester United 0-3. Mantan pelatih Wolves tersebut dianggap tak mampu manfaatkan kualitas pemain Spurs. Terbukti, pemain sekelas Harry Kane baru mencetak 2 gol sejauh ini. The Lilywhites sempat berada di pucuk klasemen, sebelum merosot ke papan tengah.

Hanya berselang 3 hari, Tottenham Hotspurs sudah menemukan pengganti Nuno yaitu Antonio Conte.
Mantan pelatih Chelsea tersebut dikontrak dengan durasi 18 bulan. Conte baru saja melakoni debutnya di Liga Inggris bersama Spurs kala tim London tersebut bermain tandang ke markas Everton. Hasilnya kurang memuaskan. Pasalnya, Tottenham hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan tim yang berjuluk The Toffees itu.

4. Daniel Farke (Norwich City)

Daniel Farke menjadi pelatih ke empat yang dipecat di Liga Inggris musim ini. Berita mengejutkan itu terjadi pasca Norwich City meraih kemenangan perdananya musim ini setelah tundukkan Brentford 1-2. Pelatih yang lahir pada 30 Oktober 1976 itu merupakan sosok penting keberhasilan Norwich City juara Championship musim lalu.

Dari tiga tim yang promosi di Liga Premiere Inggris musim ini. Norwich City menjadi tim yang bernasib paling malang. Hingga pekan ke sebelas Liga Premiere Inggris bergulir, The Canaries duduk di peringkat ke 20. Hasil ini membuat Manajemen tak puas dan tak ingin ulangi kesalahan yang sama pada musim (2019-2020). Dimana tim yang bermarkas di Carrow Road itu tergradasi di pekan ke 35.

5. Dean Smith (Aston Villa)

Manajemen Aston Villa resmi berhentikan Dean Smith sebagai Manajer mereka setalah menelan kekalahan 1-0 lawan Southampton. Ini sekaligus menjadi kekalahan ke lima The Villans beruntun musim ini di Liga Inggris. Padahal, Dean Smith membawa Aston Villa ke performa terbaiknya musim lalu. Meski akhirnya, mereka gagal masuk ke kompetisi Eropa apapun.

Saat ini tim yang bermarkas di Villa Park tersebut diisukan sedang bernegoisasi dengan beberapa pelatih seperti Steven Gerrard, John Terry, dan Paul Fonseca.

(moch imam sholikhin/zq)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network