10 Aturan yang Bakal Xavi Terapkan Sebagai Pelatih di Barcelona

"Aturan nomor 6 dianggap paling berat."

Analisis | 10 November 2021, 17:29
10 Aturan yang Bakal Xavi Terapkan Sebagai Pelatih di Barcelona

Libero.id - Di bawah kepelatihan Legenda klub, Xavi Hernandez, Barcelona bisa dipastikan akan memasuki era baru.

Pria berusia 41 tahun itu telah membangun reputasi yang bagus saat melatih di klub Liga Qatar, Al-Sadd. Dia mempersembahkan beberapa trofi bergengsi hanya dalam waktu singkat.

Tetapi kali ini tentu sangat berbeda. Ini Barcelona. Xavi pasti akan sangat menyadari besarnya tantangan yang dihadapinya di Camp Nou.

Barcelona saat ini duduk di urutan kesembilan di La Liga, 11 poin di belakang pemimpin liga, Real Sociedad. Mereka juga berisiko gagal mencapai babak sistem gugur Liga Champions musim ini.

Dengan enam poin dari empat pertandingan penyisihan grup pertama mereka, Barcelona perlu mengalahkan Benfica pada 23 November untuk memiliki peluang realistis untuk maju. Pertandingan grup terakhir mereka, pada 8 Desember, adalah melawan Bayern Muenchen.

Untuk mengatur segalanya menjadi lancar, langkah awal yang dipilih Xavi adalah menguatkan kembali aturan-aturan klub. Xavi telah menyusun beberapa aturan dengan gayanya sendiri. Apakah itu? Ini dia :

1. Pemain harus tiba 90 menit sebelum latihan dimulai

Sesi latihan Barcelona akan dimulai pada pukul 11 pagi, seperti biasa, tetapi para pemain tidak lagi dapat berdiri di ruang ganti pada pukul 10 pagi atau lebih.

Xavi telah meminta agar semua pemain tiba paling lambat pukul 09:30 sehingga mereka dapat mempersiapkan sesi dengan baik, sarapan dengan tenang, dan mengadakan pembicaraan individu dengan staf pelatih jika diperlukan.

2. Staf harus tiba dua jam sebelum pelatihan dimulai

Xavi tahu betapa pentingnya aturan dan staf pelatihnya harus memberikan contoh terbaik. Akibatnya, mereka semua akan tiba di tempat latihan setidaknya dua jam sebelum sesi dimulai.

Ini akan memastikan bahwa para pemain memiliki segalanya yang siap untuk memulai sesi mereka pada pukul 11 pagi.

3. Pemain harus makan di tempat latihan klub

Karena pola makan yang benar dapat mencegah cedera dan meningkatkan persiapan fisik, Xavi akan memastikan bahwa setiap anggota tim utama makan di ruang makan Ciutat Esportiva.

Pemain tidak lagi dapat memutuskan di mana mereka makan dan ahli gizi Barca akan bertanggung jawab untuk mengawasi apa yang mereka makan dan minum.

4. Denda kembali diberlakukan

Denda untuk pelanggaran ringan, serius, atau sangat serius menghilang setelah kepergian Luis Enrique pada 2017. Pemikirannya adalah bahwa pesepakbola cukup profesional untuk tahu bagaimana harus bersikap.

Namun, Xavi melihat bagaimana skuad Barcelona diuntungkan setelah Pep Guardiola memberlakukan sanksi tegas saat menggantikan Frank Rijkaard pada 2008.

5. Denda akan digandakan setiap kali melakukan pelanggaran yang sama

Denda pemain akan berlipat ganda setiap kali mereka bertanggung jawab atas pelanggaran yang sama.

Misalnya, jika seorang pemain terlambat mengikuti sesi latihan, dia akan dikenakan denda sebesar 100 euro. Itu akan meningkat menjadi 200 euro untuk kedua kalinya, 400 euro berikutnya, dan seterusnya.

AS mengatakan bahwa beberapa denda mencapai 6.000 euro selama waktu Enrique bertanggung jawab sebagai pelatih klub raksasa Catalunya.

6. Pemain harus pulang sebelum tengah malam dua hari sebelum pertandingan

Saat Barcelona memiliki pertandingan, pemain Barcelona harus memastikan bahwa mereka berada di rumah 48 jam sebelumnya.

Ini akan memastikan setiap anggota skuad datang ke pertandingan dalam kondisi terbaik. Dikatakan sebagai salah satu persyaratan Xavi yang tidak dapat dinegosiasikan.

7. Pemain harus memberikan segalanya dalam latihan

Xavi akan menuntut upaya 100 persen dari setiap pemain dalam sesi latihan. Mereka yang gagal mengesankan dengan etos kerja mereka akan dicadangkan atau dikeluarkan dari skuad sepenuhnya.

Pemain harus bersaing sama kerasnya dalam latihan seperti yang mereka lakukan dalam pertandingan.

8. Aktivitas pemain di luar lapangan akan dipantau

Meskipun para pemain Barcelona boleh menikmati waktu luang mereka, Xavi tidak ingin para pemain melakukan perjalanan pribadi yang memakan waktu beberapa jam dengan pesawat selama musim ini tanpa izinnya.

Jika aktivitas pemain di luar lapangan mulai mempengaruhi penampilan mereka, mereka akan diawasi oleh staf pelatih klub.

9. Aktivitas 'berisiko' tidak lagi dapat ditoleransi

Pemain tidak lagi dapat berpartisipasi dalam aktivitas 'berisiko', seperti berselancar atau mengendarai sepeda listrik. Mereka yang mengabaikan aturan ini berpotensi melanggar kontrak mereka dan dampak serius dapat terjadi.

10. Citra yang baik sangat penting

Pemain dan staf pelatih harus memberi contoh di depan umum. Mereka harus berempati dengan penggemar dan mematuhi aturan perilaku setiap saat.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network