5 Fakta Tak Terduga yang Perlu Diketahui Tentang Ballon d'Or

"Ajang penghargaan individu tahunan yang paling ditunggu..."

Berita | 11 November 2021, 05:08
5 Fakta Tak Terduga yang Perlu Diketahui Tentang Ballon d'Or

Libero.id - Ballon d'Or adalah penghargaan individu paling bergengsi bagi pesepakbola. Dan selalu ada fakta menarik yang menyertai hajat tahunan yang diselenggarakan oleh majalah asal Prancis, French Football itu.

Dalam pada itu berikut kami telah merangkum lima fakta menarik yang jarang diketahui alias tidak terduga yang berkaitan dengan Ballon d'Or :

1. Blackpool dan Liverpool Setara

Secara logika, Liverpool pastinya jauh berada di atas Blackpool, tetapi dalam hal pemain yang memenangkan Ballon d'or, perlu diketahui Liverpool hanya punya satu peraih trofi tersebut, yakni Michael Owen pada 2001.

Dan itu sama halnya dengan klub Championship, Blackpool, yang menorehkan trofi itu melalui pemain Legenda mereka yakni Stanley Matthews.

Dan yang menariknya lagi, pesepakbola asal Inggris itu juga dinobatkan sebagai pemain pertama yang meraih penghargaan pesepakbola terbaik, ketika Ballon d'or kali pertama digelar yakni pada 1956.

2. George Weah Pemain Asal Afrika Peraih Ballon d'Or Pertama dan Masih Satu-satunya

Weah merupakan striker benua Afrika lebih spesifiknya asal Liberia yang sukses merumput bersama tim-tim besar Eropa, seperti Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea, Manchester City, dan AC Milan.

Saat berseragam Milan, Weah menunjukkan kualitasnya yang tak tertandingi. Pemain yang kini menjadi Presiden di negaranya itu  sukses mencatatkan 58 gol selama di Rossoneri.

Puncaknya pada 1996 Weah menerima penghargaan Ballon d'or, dan sampai saat ini Weah masih menjadi pemain Afrika pertama yang meraih trofi paling bergengsi tersebut.

3. Manchester United Klub Penghasil Pemain Peraih Ballon d'or

Selain trofi Liga Inggris terbanyak, Manchester United juga memiliki prestasi yang tak kalah membanggakan lainnya. Dalam hal ini The Red Devils menjadi klub penyumbang pemain yang meraih trofi Ballon d'Or terbanyak dibandingkan dengan klub Liga Inggris lainnya.

Dennis Law merupakan pemain pertama Manchester United yang memenangkan trofi tersebut pada 1964. Dua tahun berselang, Sir Bobby Charlton sukses menyabet penghargaan individu paling bergengsi tersebut.

Selanjutnya ada George Best yang juga pernah menahbiskan diri sebagai peraih trofi Ballon d'Or pada musim 1968. Terbaru, Cristiano Ronaldo sukses meraih Ballon d'or pada tahun 2008 silam.

4. Jimmy Greaves: Pemain yang Masuk Nominasi Ballon d'Or dengan 3 Klub Berbeda dalam Satu Tahun

Legenda timnas Inggris, Jimmy Greaves, merupakan sosok pemain hebat yang kurang beruntung dalam perebutan trofi individu. Pada mulanya, Greaves mulai bersinar saat bergabung dengan AC Milan pada 1961 setelah pada rentang tahun yang sama di Chelsea.

Namun, perjalanannya di Italia tak lama. Pada akhir tahun 1961 Greaves kembali ke Inggris dan bergabung dengan Tottenham Hotspur. Pada tahun itu juga Greaves masuk nominasi Ballon d'Or berkat penampilannya yang bagus bersama tiga klub top Eropa tersebut.

Meski tak mengangkat trofi, Greaves sampai dengan saat ini masih dikenal sebagai satu-satunya pemain yang masuk dalam nominasi Ballon d'Or dengan 3 klub top berbeda.

5. Tiga Nominasi Ballon d'Or dari Satu Negara

Secara aturan, sebelum menentukan siapa peraih Ballon d'Or, lebih dulu akan dipilih 3 pemain teratas. Dari aturan tersebut, terdapat satu momen di mana ada 3 nominasi teratas yang berasal dari negara yang sama. Bukan cuma sekali, kejadian semacam itu telah terjadi sebanyak 3 kali sejauh ini.

Franz Beckenbauer, Gerd Mueller, dan Gunter Netzer merupakan pesepakbola asal Jerman pertama yang masuk dalam 3 nominasi teratas Ballon d'Or 1972. Selanjutnya, pada 1981 pemain asal Jerman mendominasi, yakni Rummenigge, Paul Breitner, dan Bernd Schuster.

Terakhir, ada trio asal Belanda, yakni Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard yang pernah mengisi peringkat 3 teratas Ballon d'Or pada 1998. Hingga sekarang, belum ada lagi yang sanggup menyamai rekor unik seperti itu.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network