Kisah Karier Wout Weghorst di Timnas Belanda, Sempat Diabaikan Meski Moncer di Klub

"Untuk bermain di timnas, pemain harus berjuang keras di klub. Contohnya, Wout Weghorst."

Biografi | 11 November 2021, 07:13
Kisah Karier Wout Weghorst di Timnas Belanda, Sempat Diabaikan Meski Moncer di Klub

Libero.id - Dengan hanya memimpin klasemen Grup G dengan keunggulan dua poin dari Norwegia, Belanda belum sepenuhnya aman ke Piala Dunia 2022. Menghadapi Montenegro, Minggu (14/11/2021) dini hari WIB, dan Norwegia, Rabu (17/11/2021) dini hari WIB, De Oranje butuh bantuan Memphis Depay dan Wout Weghorst untuk mencetak gol.

Terkait Depay, tidak ada lagi yang perlu dijabarkan. Pemain Barcelona itu memiliki kemampuan yang bagus dan selalu menjadi andalan di lini depan De Oranje. 

Yang menarik adalah keberadaan Weghorst yang terus dipertahankan di lini depan, baik di era Frank de Boer maupun Louis van Gaal. Weghorst pertama kali dipanggil saat Belanda dilatih Ronald Koeman pada 2018. Kemudian, De Boer melanjutkan memanggil Weghorst. Bahkan, membawanya ke Euro 2020.

"Dia dalam kondisi sangat baik. Itu terlihat bagus untuknya. Pada akhirnya, kami masih harus membuat keputusan, tapi kemungkinan dia akan ada dalam skuad. Cukup mengagumkan melihat apa yang dia lakukan musim ini dan juga musim lalu," kata De Boer saat itu, dilansi ESPN.

Kisah perjalanan karier Weghorst di timnas memang penuh perjuangan. Setelah meninggalkan AZ Alkmaar dan pindah ke Wolfsburg pada 2018, Weghorst tampak menghilang dari radar Belanda. 

Setelah melakukan tiga caps pertamanya untuk De Oranje selama hari-harinya di Alkmaar, dia dipanggil hanya sekali oleh negaranya dan bermain 27 menit dalam kemenangan 5-0 di Kualifikasi Euro 2020 melawan Estonia pada November 2019. Lalu, perkat penampilan bagus di klub sepanjang 2020/2021, dia ikut ke Euro 2020.

De Boer mengeluarkan suart panggilan setelah Weghorst mencetak 20 gol dari 34 laga Bundesliga 2020/2021. Itu adalah penampilannya yang terbaik di Bundesliga. 

Dengan total 56 gol dalam 109 pertandingan Bundesliga hingga jeda internasional bulan ini, wajar jika Van Gaal tetap memanggil dirinya untuk dua pertandingan penentuan menuju Qatar. Sebab, jika Belanda dan Norwegia sama-sama menang pada laga akhir pekan ini, maka pertemuan mereka midweek depan akan sangat krusial.

"Dia (Weghorst) memiliki karakter yang hebat. Dia besar, kuat secara fisik, dan juga bagus dengan kakinya. Dia juga bagus dengan penempatan posisi di dekat gawang. Tapi, lebih penting dari semua itu, Wout punya insting bagus untuk mencetak gol," kata mantan pemain Belanda, Erik Meijer, di situs resmi Bundesliga.

"Itulah mengapa saya senang ketika tahu Wout akan bermain di Wolfsburg. Itu karena secara bertahap, mereka (timnas) mulai menyadari bahwa Wout sekarang bukanlah Wout yang bermain untuk Heracles dan AZ. Dia sekarang jauh lebih baik," tambah Meijer.

"Dari apa yang saya lihat, dia menjadi semakin menjadi pemain dengan paket lengkap. Dia mencetak 17 gol di musim pertamanya di Bundesliga. Kemudian, telah mencetak 20 gol (di musim 2020/2021). Tidak mengherankan jika pelatih timnas melihatnya lebih baik. Saya merasa bahwa Wout telah mengambil langkah yang maju tahun ini," ungkapo Meijer.

"Tentu saja dia selalu mencetak gol dalam dua tahun pertamanya di Wolfsburg. Tapi, tahun ini dia adalah pemain yang mengatur gol untuk rekan satu timnya juga. Dia adalah pemain yang sangat penting di tim itu. Tidak hanya sebagai targetman, melainkan juga pemain yang bisa turun jauh untuk membantu pertahanan," ungkap Meijer.

Selain 20 gol yang dicetak, Weghorst membuat tujuh gol lagi musim lalu, sehingga memainkan peran langsung dalam hampir setengah dari 57 gol Wolfsburg. Hanya Robert Lewandowski, Andre Silva, Erling Haaland, dan Thomas Mueller yang memiliki andil dalam lebih banyak gol dari Weghorst.

Penampilan di klub yang ditunjukkan membuktikan Weghorst sebagai pemain bagus. Dia juga mencetak gol internasional pertamanya hanya dalam pertandingan keenam. Kemenangan di laga persahabatan atas Georgia itu membuat Weghorst masuk starting line-up bersama Depay.

Hasil itu berlanjut di pertandingan pembuka Grup C Euro 2020. Weghorst membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk mencetak gol di turnamen internasional besar pertamanya. Dia membantu Belanda unggul 2-0 dalam kemenangan dramatis 3-2 atas Ukraina.

Seperti pada pertandingan kedua Belanda melawan Austria, dia dimainkan di depan pendukung tuan rumah di Amsterdam. Dan, Weghorst jelas senang bisa mewakili negaranya di Johan Cruijff Arena saat mencetak gol untuk De Oranje dalam pertandingan kedua berturut-turut.

"Itu adalah hal yang hebat. Saya senang ada 16.000 orang di stadion hari ini. Saya senang kami bisa merayakan tiga poin bersama dengan para penggemar. Tadi, sangat menyenangkan," kata  Weghorst saat itu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network