Siapa Pemain Timnas Termuda dalam Sejarah? Ini Jawabannya

"Semua pemain yang berada dalam daftar ini masih berusia 14 tahun."

Analisis | 11 November 2021, 17:00
Siapa Pemain Timnas Termuda dalam Sejarah? Ini Jawabannya

Libero.id - Beberapa pesepakbola menunjukkan bakat dan kedewasaan jauh melampaui usianya. Ini terlihat dari beberapa remaja yang sangat muda, tapi sudah mampu bermain di level senior mewakili negaranya. 

Di sepakbola, regenerasi adalah keniscayaan. Tim yang terdiri dari pemain-pemain tua akan mudah digilas oleh orang-orang yang jauh lebih muda. Meski pengalaman terkadang juga diperlukan, sepakbola selalu bertumpu pada pemain-pemain berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, di bawah 20 tahun.

Berdasarkan data dari RSSSF, ada beberapa pesepakbola berusia belasan tahun yang ternyata sudah mendapatkan kesempatan bermain untuk tim nasional. 

Contohnya, Lucas Knecht. Dia memegang rekor sebagai pemain termuda yang tampil dalam pertandingan sepakbola internasional senior. Itu terjadi setelah dia bermain untuk Mariana Utara dalam pertandingan melawan Guam pada 2007. Ketika itu, dia berusia 14 tahun 2 hari.

Ada lagi Aung Kyaw Tun. Dia adalah pemain termuda kedua yang tampil dalam pertandingan internasional senior setelah melakukan debut dengan seragam Myanmar pada November 2000 melawan Thailand. Saat itu, usianya 14 tahun 93 hari.

Uniknya, selain menjadi pemain sepakbola internasional termuda kedua dalam sejarah, Aung juga memegang rekor pencetak gol timnas termuda. Dia langsung mencetak gol pada debutnya melawan Thailand itu.

Sementara untuk posisi ketiga diisi pemain Benin, Moussa Latoundji. Pada 17 Januari 1993, mantan pemain Energie Cottbus itu melakukan debut senior untuk negaranya ketika berusia 14 tahun 157 hari melawan Tunisia.

Menariknya, Mariana Utara, tempat Knecht bermain, telah memberikan sejumlah debut senior kepada pemain di bawah usia 16 tahun. Bahkan, tiga dari 10 pesepakbola internasional termuda dalam daftar berasal dari tim Pasifik Utara anggota Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) itu. Dua pemain lain adalah Joel Fruit dan Kennedy Izuka.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana dengan timnas di Eropa? Pada Agustus 2014, dalam usia 15 tahun 253 hari, Martin Odegaard melakukan debut internasional senior untuk Norwegia dalam pertandingan persahabatan melawan Uni Emirat Arab (UEA).

Lebih dari sebulan kemudian, Odegaard menjadi pemain termuda yang tampil di kompetisi Eropa saat masuk sebagai pemain pengganti melawan Bulgaria pada usia 15 tahun dan 300 hari pada Kualifikasi Euro 2016. Odegaard memecahkan rekor yang sudah ada sejak 1983, saat Sigurdur Jonsson bermain untuk Islandia melawan Malta dalam usia 16 tahun 251 hari.

Dan, berikut ini daftar 10 pesepakbola termuda yang membela negara dalam pertandingan internasional senior:


1. Lucas Knecht (Mariana Utara, 14 tahun 2 hari) 
2. Aung Kyaw Tun (Myanmar, 14 tahun 93 hari)
3. Moussa Latoundji (Benin, 14 tahun 157 hari)

4. Joel Fruit (Mariana Utara, 14 tahun 177 hari)
5. Christopher Louisy (Turks and Caicos, 14 tahun 187 hari)
6. MacDonald Taylor Jr. (US Virgin Islands, 14 tahun 193 hari)
7. Kennedy Izuka (Mariana Utara, 14 tahun 242 hari)
8. Junior Gourrier (Afrika Tengah, 14 tahun 317 hari) 
9. Stephen Appiah (Ghana, 14 tahun 322 hari)
10. Watson Jean-Louis (Turks and Caicos, 14 tahun 328 hari)

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network