Selamat Ulang Tahun!

Bagaimana Peringkatnya? 8 Kapten Terbaik Barcelona Sejak 1997

"Nama-nama legendaris yang sekarang hanya bisa dikenang para pendukung Barcelona."

Analisis | 12 November 2021, 03:40
Bagaimana Peringkatnya? 8 Kapten Terbaik Barcelona Sejak 1997

Libero.id - Meski mengalami awal musim 2021/2022 yang sulit, secara keseluruhan Barcelona dalam 25 tahun terakhir telah menjadi klub yang paling sukses dalam berbagai panggung sepakbola dunia.

Beberapa orang menyatakan periode 2009-2012 saat dilatih Pep Guardiola adalah salah satu fase terbaik Barcelona. Mereka meraih banyak gelar juara dengan penampilan yang membanggakan. Mengalahkan lawan-lawan tangguh dengan tiki-taka yang menghibur.

Selain pelatih jempolan, setiap tim hebat selalu membutuhkan pemimpin hebat. Dan, Barcelona telah diberkati dengan keberadaan beberapa pemain hebat yang mengenakan ban kapten. Bukan hanya bermain bagus di lapangan, mereka juga membimbing rekan-rekannya dengan baik.

Nah, berikut ini peringkat 8 kapten terbaik Barcelona sejaka 1997:


8. Sergi Barjuan

Sempat menggantikan Ronald Koeman untuk sementara, Sergi Barjuan saat ini kembali menjadi pelatih Barcelona B. Dan, dia adalah kapten Barcelona untuk musim 2001/2002.

Dia beroperasi di sisi bek kanan dan telah berada di Camp Nou selama hampir satu dekade. Tapi, kepemimpinannya tidak dapat menyelamatkan Barcelona dari finish keempat yang mengecewakan di La Liga dan kekalahan dari Real Madrid di semifinal Liga Champions.

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

10 Foto Daniella Semaan, Istri Cesc Fabregas yang Dijuluki Queen of the WAGs

Louis van Gaal lalu menjual Sergi ke Atletico Madrid pada musim panas 2002 dan menunjuk Luis Enrique sebagai kapten pengganti.


7. Sergio Busquets

Sergio Busquets adalah pemain yang hebat, dan dia merupakan salah satu gelandang yang mencerminkan gaya Barcelona. Tapi, masa ketika Busquets menjadi kapten tampak tak terlalu berhasil. Itu adalah masa sekarang.


6. Luis Enrique

Barcelona di awal 2000-an tidak begitu mengesankan secara keseluruhan. Karena pada masa itu Real Madrid adalah tim liga yang paling glamor, Rafa Benitez bekerja dengan sangat baik di Valencia, dan Spanyol Utara diwakili dengan baik di Eropa oleh Celta Vigo, Deportivo La Coruna, dan Real Sociedad.

Dan, El Barca memulai musim 2002/2003 dengan mengejutkan, mendapati diri mereka melayang di atas zona degradasi sebelum Van Gaal dipecat pada Januari. Dalam konteks ini, sulit bagi Enrique untuk menandingi kesuksesan para penerusnya. Dia justru sukses sebagai pemain (bukan kapten) pelatih Barcelona.


5. Pep Guardiola

Pelatih Barcelona yang paling sukses juga merupakan salah satu kapten terbaik mereka. Guardiola dengan cepat ditunjuk sebagai kapten baru pada 1997 oleh Van Gaal, menggantikan Gica Popescu yang hengkang.

Dia tetap kapten selama empat musim berikutnya, mengangkat gelar La Liga 1998/1999, dan membuat dampak besar di lapangan. Tapi, El Barca tidak memiliki trofi selama dua musim terakhir Guardiola sebagai kapten dan dia dijual ke Brescia pada musim panas 2001.


4. Lionel Messi

Lionel Messi adalah pemain yang brilian. Messi adalah sosok paling ikonik dalam sejarah Barcelona. Tapi, Messi dianggap tidak terlalu bagus dalam memimpin. Barcelona cukup hancur-hancuran di panggung Eropa. Tapi, Messi masih bisa memimpin Barcelona  meraih gelar La Liga 2018/2019 dan memenangkan Copa del Rey di musim terakhirnya di Spanyol.

Lalu, Barcelona hancur saat La Pulga pergi ke PSG.


3. Andres Iniesta

Andres Iniesta adalah salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Tapi, sebagian besar kesuksesannya di level klub datang sebelum dirinya mengambil ban kapten pada 2015.

Mengambil alih peran Xavi Hernandez, yang meninggalkan klub pada akhir musim sebelumnya, Iniesta membawa Barcelona meraih dua gelar La Liga dan tiga Copa del Rey. Di musim terakhirnya, 2017/2018, El Barca memenangkan La Liga dengan 14 poin.

Dan, siapa yang bisa melupakan penampilannya di El Clasico dua tahun sebelumnya Iniesta mencetak satu gol dan menciptakan satu lagi dalam kemenangan 4-0 atas Real Madrid dan dia menjadi pemain Barcelona ketiga yang menerima tepuk tangan meriah di Estadio Santiago Bernabeu.


2. Xavi Hernandez

Gelandang legendaris itu hanya memimpin Barcelona sebagai kapten selama satu musim. Tapi, itu merupakan musim yang luar biasa. Dipelopori oleh lini depan MSN yang menakutkan, Barcelona menyapu bersih semua gelar di musim 2014/2015 dan memenangkan treble kedua dalam sejarah.


1. Carles Puyol

Tidak hanya kapten terlama untuk Barcelona seperti Carlse Puyol. Dia memegang ban kapten pada 2002-2014. Puyol memimpin Barcelona  selama periode kesuksesan terbesar klub. Jadi, jelas bahwa Puyol adalah kapten terbaik Barcelona.

(mochamad rahmatul haq/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan