Selamat Ulang Tahun!

Momen Keputusan Penalti Kontroversial yang Gagalkan Afrika Selatan ke Piala Dunia 2022

"Ini kali kedua Afrika Selatan mendapatkan perlakuan tidak adil dari wasit"

Berita | 16 November 2021, 12:50
Momen Keputusan Penalti Kontroversial yang Gagalkan Afrika Selatan ke Piala Dunia 2022

Libero.id - Afrika Selatan mendapatkan salah satu keputusan penalti yang sangat kontroversial sehingga mereka akan menuntut pertandingan diulang.

Hal tersebut terjadi saat tim berjuluk 'Bafana Bafana' itu bermain melawan Ghana di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa dini hari (16/11/2021) dan pertandingan diputuskan dengan cara yang sangat kontroversial.

Dalam sebuah rekaman, tampak Daniel Amartey yang bermain untuk Leicester City melakukan diving seolah-olah mendapat tarikan dari Rushine De Reuck di babak pertama dan wasit Ndiaye Maguette tanpa basa-basi memberikan tendangan penalti meskipun sempat ada protes.

Mantan pemain depan Swansea dan West Ham, Andre Ayew sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo guna membawa Ghana ke babak play-off Piala Dunia.

Tidak lama setelah kejadian tersebut,  Federasi Sepakbola Afrika Selatan langsung berencana untuk melayangkan protes kepada CAF dan juga FIFA.

"Para ofisial pertandingan telah memutuskan pertandingan, yang seharusnya tidak terjadi," ujar kepala eksekutif COSAFA Tebogo Mothlante dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir BBC.

"Kami akan menulis surat kepada Caf (Konfederasi Sepak Bola Afrika) dan (badan pengatur dunia) FIFA - pertama untuk menyelidiki bagaimana permainan itu ditangani dan kedua untuk menantang beberapa keputusan ini."

"Kami sudah mendaftar ke komisaris pertandingan bahwa kami akan mengajukan keluhan resmi. Kami sangat kecewa dengan tindakan mereka dan kami tidak bisa membiarkannya menghancurkan para pemain - ketika kami memiliki kesempatan untuk menantang, kami akan menantang."

"Kami merasa sangat dirampok karena ini bukan insiden penalti yang terisolasi. Hanya ada banyak keputusan yang dipertanyakan oleh ofisial pertandingan dan kami akan meminta ahli untuk membedah insiden lain, sehingga kami dapat membuat kasus yang kuat."

Beberapa tahun yang lalu, Afrika Selatan harus mengulang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 vs Senegal karena kesalahan wasit yang membuat wasit Joseph Lamptey dilarang seumur hidup untuk memimpin pertandingan resmi dalam sepakbola.

Kalidou Koulibaly dari Napoli dihukum karena handball ketika bola dengan jelas mengenai lututnya. Adapun pertandingan ulang itu sendiri berhasil dimenangkan oleh Senegal dengan skor 2-0 atas Afrika Selatan.

Senegal lolos ke Piala Dunia dan Mothlante merasa mereka juga harus menerima perlakuan yang sama.

"Tentu saja kami melihat preseden di mana FIFA memerintahkan kami untuk memutar ulang Senegal dan kami berpikir bahwa jika keadilan perlu ditegakkan, keputusan yang sama harus diambil terhadap pertandingan melawan Ghana ini."

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan