5 Pemain Non Eropa yang Bisa Meraih Ballon d'Or Sebelum 1995

"Nomor 1 dijamin mendapat Ballon d'Or lebih banyak dari Messi dan Ronaldo."

Analisis | 17 November 2021, 04:22
5 Pemain Non Eropa yang Bisa Meraih Ballon d'Or Sebelum 1995

Libero.id - Ballon d'Or adalah penghargaan terbesar untuk pesepakbola terbaik di dunia. Hadiah 'Bola Emas' itu menjadi bentuk pengakuan yang paling didambakan setiap pemain.

Penghargaan ini diperuntukkan bagi mereka berstatus terhebat di atas pemain hebat, dan kita telah melihat pesepakbola legendaris memenangkannya selama bertahun-tahun.

Sejak dimulai pada 1956, Ballon d'Or awalnya hanya diperuntukkan bagi pemain asal Eropa. Namun, aturan itu pertama kali diubah pada 1995, karena semua pemain yang berkarier di seluruh Eropa dianggap layak untuk penghargaan tersebut.

Dengan cepat George Weah adalah pemain non-Eropa pertama yang memenangkan Ballon d'Or. Kemudian, penghargaan itu menjadi global mulai 2007. Itu membuat pemain dari seluruh dunia memenuhi syarat memenangi penghargaan tersebut.

Sebelum 1995, Ballon d'Or hanya diberikan kepada pemain Eropa. Akibatnya, banyak pemain hebat non-Eropa yang melewatkan penghargaan tersebut.

France Football kemudian melakukan evaluasi ulang. Pada peringatan 60 tahun, mereka melihat 12 penghargaan Ballon d'Or diberikan kepada pemain asal Amerika Selatan dari 1956 hingga 1994.

Pada catatan itu, mari kita lihat 5 pemain non-Eropa yang bisa memenangkan Ballon d'Or sebelum 1995.

5. Mario Kempes

Mario Kempes adalah orang di balik kemenangan Piala Dunia pertama Argentina pada 1978. Dikenal luas sebagai El Matador, Kempes adalah pencetak gol sensasional dan pemimpin Argentina.

Kempes mencetak enam gol di Piala Dunia 1978, memenangkan Sepatu Emas dan penghargaan Bola Emas turnamen tersebut. Legenda Argentina itu menorehkan namanya di buku sejarah dengan dua gol di final melawan tim terkenal Belanda.

Kempes mungkin tidak memiliki karier klub yang gemilang, tetapi dia terkenal karena waktunya di Valencia. Pergi ke Piala Dunia 1978, dia adalah pemenang penghargaan Pichichi di Spanyol.

Tidak ada keraguan bahwa dia bisa memenangkan Ballon d'Or jika bukan karena kriteria kelayakan pada saat itu.

4. Romario

Romario adalah salah satu penyerang terbaik yang dihasilkan Brasil. Dia diberkati dengan keterampilan menggiring bola dan penyelesaian akhir yang luar biasa.

Dia dikenal karena eksploitasinya di PSV Eindhoven dan Barcelona, menunjukkan kekuatannya sebagai salah satu yang terbaik di zamannya.

Romario sangat penting untuk gelar Piala Dunia keempat Brasil pada 1994. Pemain legendaris Brasil itu mencetak lima gol di turnamen itu, memenangkan Bola Emas untuk penampilannya yang megah.

Pada 1994, Romario juga memiliki kampanye yang sangat baik bersama Barcelona . Untuk pencapaian sensasionalnya itu, dia terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Pemain Brasil yang hebat itu akhirnya mencetak 55 gol untuk negaranya sebelum gantung sepatu. Ada sedikit keraguan bahwa dia pantas memenangkan Ballon d'Or dan kemungkinan besar dia mendapatkannya jika bukan karena aturan kelayakan pada saat itu.

3. Garrincha

Penghargaan Ballon d'Or mungkin tidak adil dalam merayakan Garrincha yang hebat. Bisa dibilang sebagai orang Brasil yang paling berbakat secara alami sepanjang masa.

Garrincha meninggalkan warisan luar biasa dalam sejarah olahraga. Garrincha adalah bagian integral dari tim besar Brasil pada 1950-an dan 1960-an. Dia membantu negaranya mendominasi panggung dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Garrincha adalah pemain hebat yang memiliki segalanya, teknik, bakat, keanggunan, dribbling - di antara kelebihan penting yang dimilikinya.

Penyerang legendaris itu lahir dengan cacat alami di tubuhnya, yang membuatnya semakin menakjubkan ketika kita memikirkan tentang permainannya.

Garrincha sering dibayangi oleh ketenaran rekan satu timnya, Pele. Namun, dia adalah bintang tak terbantahkan dari Brasil pada 1962, terlebih ketika eksploitasi membantu mereka memenangkan Piala Dunia lainnya.

Garrincha adalah pemain pertama dalam sejarah yang memenangkan Sepatu Emas, Bola Emas, dan Piala Dunia sendiri di turnamen yang sama. Pemenang Ballon d'Or 1962, Josef Masopust, sama sekali tidak menyamai pencapaian pemain Brasil itu.

Garrincha adalah favorit penggemar karena karismanya di dalam dan di luar lapangan. Itu sebabnya dia dipuji sebagai "Kegembiraan rakyat". Tidak diragukan lagi, dia bisa memenangkan Ballon d'Or pada 1962, jika non-Eropa memenuhi syarat untuk penghargaan tersebut.

2. Diego Maradona

Secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Diego Maradona adalah kekuatan alam. Dampaknya pada permainan membuatnya abadi dengan pesona revolusionernya di lapangan saat mengumpulkan popularitas besar di Argentina.

Eksploitasi legendaris Argentina pada 1986 telah terukir dalam cerita rakyat sepakbola, membuat penghargaan Ballon d'Or tampak seperti kehormatan yang tidak cukup untuk sang legenda.

Menyusul penampilan yang lesu di Piala Dunia pertamanya, Maradona mengambil tindakan sendiri dalam kampanye Piala Dunia 1986. Dia mencetak lima gol, termasuk gol terbesar dalam sejarah Piala Dunia melawan Inggris ‘Gol Tangan Tuhan’. Eksploitasinya membantu Argentina memenangkan Piala Dunia kedua mereka dalam sejarah.

Igor Belanov adalah pemenang Ballon d'Or pada 1986, tetapi dia sama sekali tidak seperti Maradona. Maradona dianugerahi penghargaan Ballon d'Or kehormatan pada 1995, tetapi orang akan konyol untuk membantah fakta bahwa dia pantas mendapatkan kesepakatan yang sebenarnya.

1. Pele

Perdebatan kuno tentang siapa pemain terbaik akan terus berkecamuk seperti yang telah terjadi selama beberapa dekade. Tentunya, Pele selalu menjadi nama besar dalam perdebatan tentang siapa pesepakbola terhebat sepanjang masa. Pemain legendaris Brasil ini adalah superstar sepakbola pertama, apalagi dengan rekornya masih bergema beberapa dekade setelah pensiun.

Pele, terbukti dari rekor golnya yang luar biasa, adalah seorang finisher yang klinis. Dengan dugaan lebih dari 1.000 gol atas namanya, Pele tetap berada di liganya sendiri.

Dia memimpin Brasil meraih tiga kemenangan Piala Dunia dan merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang menjadi bagian dari tiga tim pemenang gelar Piala Dunia.

Untuk eksploitasinya, Pele dianugerahi penghargaan Ballon d'Or kehormatan pada 2013, dengan kesepakatan yang meyakinkan bahwa pemain Brasil itu bisa mendapatkan banyak Ballon d'Or selama waktunya.

Sesuai evaluasi ulang France Football, Pele bisa memenangkan sebanyak tujuh Ballons d'Or, jika dia memenuhi syarat. Jika ada orang yang bisa memenangkan penghargaan Ballon d'Or lebih banyak dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo , hampir pasti adalah Pele.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network