Prancis masih tangguh dan tampaknya akan melanggeng hingga final...
Timnas Polandia tersingkir di Piala Dunia 2022 setelah kalah 3-1 dari Timnas Prancis di babak 16 besar pada pertandingan yang digelar di Al Thumama Stadium, Doha, pada Minggu (4/12/22) malam WIB

Tiga gol dari Olivier Giroud dan dua gol dari Kliyan Mbappe membuat Polandia tak berkutik di hadapan Prancis.



Timnas Polandia hanya mampu mencetak satu gol ke gawang Prancis ketika Robert Lewandowski mencetak gol penguibur melalaui titik putih penalti di menit akhir pertandingan. Namun, tendangan penalti striker Barcelona itu sebelumnya sempat digagalkan kiper Timnas Prancis Hugo Lloris

Akan tetapi penalti itu kemudian diulang kembali dan Robert Lewandowski berhasil menebus hasil tersebut dengan gol dari titik penalti.

Kegagalan penalti pertama itu hampir menjadi momen yang memalukan, karena pada awalnya Lloris menyelamatkan penalti.

Namun, ada kesalahan yang terjadi di area penalti dan penjaga gawang Prancis juga keluar dari garisnya, sehingga wasit Venezuela, Jesus Valenzuela, memerintahkan untuk melakukan tendangan penalti bilang. 

Striker itu membalas dendam dan mencetak gol Piala Dunia lainnya. 

Dia diselamatkan oleh kesalahan
Pada kesempatan pertama, sang penyerang melompat hingga tiga kali sebelum mengambil penalti yang diselamatkan Lloris.

Seketika wasit meminta pengambilan ulang, kemudian pada tayangan ulang terlihat bagaimana beberapa pemain Prancis menyerbu area tersebut sebelum Lewandowski melepaskan tembakan. 

Kiper Prancis itu juga tertinggal dua langkah dari garisnya.

Kemudian pada upaya kedua Lewandowski melepaskan tembakannya, Lloris menukik ke sisi yang sama, namun kali ini Lewandowski mengalihkan bidikannya.

Setelah pertandingan usai, Lewandowski memberikan beberapa pernyataan yang aneh.

"Saya tidak menendang dengan baik, saya sudah tahu dia akan menyelamatkannya," Kata Lewandowski .

“Tapi pada akhirnya, saya mencetak gol dan saya pikir kami pantas mendapatkan gol ini, baik saya maupun rekan setim saya, karena kami sudah berusaha." pungkas striker Barcelona itu. 

"Itu adalah pertandingan yang sangat sulit bagi kami melawan juara dunia saat ini." tambahnya. 

Akankah Lewandowski bermain di Piala Dunia lainnya?

Di usianya yang kini sudah 34 tahun, tidak ada jaminan bagi Lewandowski untuk melanjutkan kariernya bersama tim nasional.

"Anda membutuhkan kegembiraan dalam permainan. Ini penting untuk masa depan. Saat kami bermain bertahan, tidak ada kegembiraan seperti itu," lanjutnya.

"Ketika kami mencoba untuk menyerang itu berbeda. Ada faktor yang dapat mempengaruhi keputusan saya untuk terus bermain untuk Polandia." tambahnya. 

Berkat gol penalti dalam laga itu. Lewandowski memiliki 78 gol untuk Polandia dan merupakan pencetak gol terbanyak ke-8 dalam sejarah sepak bola internasional, melampaui Pele.

Di Qatar 2022 dia mencetak dua gol dan gagal mengeksekusi penalti Meksiko, yang diselamatkan oleh Guillermo Ochoa. 

Secara fisik dia memiliki kemampuan untuk terus bermain di level internasional dan terlebih lagi jika bertahan di klub papan atas seperti Barcelona.