Peringkat 5 Gelandang Pembawa Bola Terbaik di Liga Premier

"Dua pemain dari Manchester City."

Analisis | 23 December 2021, 15:09
Peringkat 5 Gelandang Pembawa Bola Terbaik di Liga Premier

Libero.id - Liga Premier masih menjadi pusat pertempuran paling sengit di kompetisi sepakbola. Terkenal dengan tingkat atmosfer permainan yang tinggi, sampai berapa klub di Inggris hampir mengalami bentrokan setiap pekan.

Tapi, bagaimanapun, Liga Inggris sudah menjadi rumah besar bagi pemain kelas dunia. Kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu tidak kekurangan kegembiraan, khususnya dalam hal menyediakan pertandingan sepakbola dengan kualitas permainan tertinggi.

Kualitas permainan yang tinggi sebenarnya tidak terlepas dari peran vital seorang gelandang, termasuk mereka yang memiliki peran serba guna di lapangan. Mereka biasanya beroperasi antara penyerang dan bek, meskipun ada pengecualian untuk aturan ini di zaman modern.

Tapi, keahlian membawa bola sangat penting bagi gelandang di Liga Premier. Mereka membutuhkan itu karena gelandang adalah penghubung antara penyerang dan pemain bertahan. Mereka membawa bola dan memindahkannya untuk membuka peluang menjadi gol. Itu merupakan tugas mendasar seorang gelandang.

Jika tidak, pemain bertahan harus mengambil risiko bergerak maju dan terekspos ketika mendapat tekanan. Sementara para penyerang tidak akan bisa mendapatkan peluang untuk mengonversinya menjadi gol.

Sementara Liga Premier memiliki beberapa gelandang kelas dunia sejati yang menunjukkan kemampuan luar biasa untuk membawa bola dan menggerakkannya ke depan. Pada catatan itu, berikut daftar peringkat 5 gelandang pembawa bola terbaik di kompetisi ini.

5. Jordan Henderson | Liverpool

Sejak didatangkan dari Sunderland, Jordan Henderson kini menjadi pemain andalan di line-up Liverpool. Tidak mengherankan jika fans Anfield sangat mencintai Henderson. Gelandang Inggris itu adalah pemain penting Liverpool ketika memenangkan gelar Liga Premier pertama mereka setelah hampir tiga dekade. Henderson juga membantu The Reds menambah gelar Liga Champions pada 2019.

Sebagai pemain, Henderson adalah tipikal gelandang tanpa basa-basi. Dia terkenal karena keuletan dan ketahanannya di Liga Premier. Dia unggul sebagai pembawa bola dengan 60,2 carry per 90 dan total jarak 268,7 meter per 90.

Selain itu, Henderson memiliki cakupan jarak progresif per 90 sebesar 118,7 meter, dan total jarak tempuhnya mencapai 3.654 meter.

4. Rodri Hernandez | Manchester City

Rodri Hernandez, atau biasa dipanggil Rodri. Dia telah berkembang sebagai penerus alami Fernandinho untuk Manchester City.

Pemain asal Spanyol itu bergabung dengan klub raksasa Liga Premier itu sejak pindah dari Atletico Madrid. Dia mengambil beberapa waktu untuk menetap. Tapi, Rodri sekarang telah membuktikan dirinya sebagai roda penggerak penting dalam sistem permainan Pep Guardiola di Etihad.

Dia sangat ulet dan unggul pada tingkat pekerjaan defensif, karena dirinya telah beberapa kali berhasil mengagalkan upaya serangan lawan. Dia cukup unggul dengan kemampuan tersebut.

Rodri bukan hanya memiliki kemampuan bertahan, tetapi dia juga merupakan tipikal gelandang pengolah bola. Dia bisa dikatakan salah satu pengolah bola terbaik di Liga Premier.

Gelandang tersebut mengumpulkan 65,8 carry per 90 dan memiliki total jarak carry 4.103 meter. Selain itu, dia mencakup jarak progresif per 90 dari 130,2 meter dan total jarak per 90 dari 268,7 meter. Ini menempatkan dia di posisi keempat di antara semua gelandang Liga Premier saat ini.

3. Yves Bissouma | Brighton and Hove Albion

Gelandang Brighton and Hove Albion, Yves Bissouma, telah menjadi incaran beberapa klub Liga Inggris dalam beberapa waktu ini. Gelandang yang kerap melakukan tekel keras itu telah membawa permainannya ke level yang berbeda dalam beberapa musim terakhir.

Permainan umum Bissouma mungkin tidak terlihat menarik, tetapi dia adalah gelandang yang sangat efisien. Gaya permainannya secara keseluruhan dalam sistem Graham Potter adalah campuran dari gelandang bertahan murni dan gelandang tengah yang lebih ortodoks.

Selain mata yang tajam untuk melakukan intersepsi, Bissouma juga dikenal dengan gameplay box-to-box-nya. Dia adalah pembawa bola yang hebat dengan 45,8 carry per 90. Total jaraknya per 90 adalah 279,1 meter. Dia juga memiliki jarak progresif mencakup 133,3 meter per 90.

Di Liga Premier, Bissouma memiliki total jarak 5.081 meter yang merupakan salah satu yang tertinggi di antara gelandang.

2. Declan Rice | West Ham United

Gelandang Inggris, Declan Rice, dengan cepat menjadi salah satu komoditas terpanas di Liga Premier. Rice adalah salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris saat ini, meskipun usianya masih muda.

Itu telah membawanya di radar klub raksasa seperti Chelsea dan Manchester United. Ketika tiba musim panas 2022, mungkin ada perang penawaran besar atas gelandang tersebut. Namun, itu tidak akan mengejutkan, mengingat peningkatan besar Rice di jantung lini tengah West Ham saat ini.

Secara tradisional tugas seorang gelandang adalah bertahan, tapi Rice telah mengembangkan kemampuannya untuk membawa bola. Hasilnya sangat jelas karena dia memiliki total jarak tempuh mencapai 5.798 meter, tertinggi di antara gelandang mana pun di Liga Premier.

Selain itu, dia mencapai 45,5 carry per 90, jarak total 341.1 meter per 90 dan jarak progresif 176,6 meter per 90, yang memungkinkan Rice menetapkan standar yang cukup tinggi.

1. Bernardo Silva | Manchester City

Bernardo Silva sedang on-fire di Liga Premier musim ini. Silva telah mencetak gol dan assist dan sekali lagi menjadi semacam starter yang dijamin dalam skuad Manchester City yang bertabur bintang.

Ada saat-saat di masa lalu di mana penampilan pemain Portugal itu tidak cukup baik. Tapi, itu tidak terjadi musim ini, karena Silva telah membuat Riyad Mahrez dan Ferran Torres di bangku cadangan untuk sebagian besar musim.

Pemain berusia 27 tahun itu selalu menjadi salah satu gelandang paling terampil di Liga Premier. Gaya bermain yang sangat indah untuk ditonton dengan dribblingnya yang halus dan merupakan pembawa bola yang sangat baik, yang terkadang bisa menjadi mimpi buruk bagi pertahanan lawan.

Bernardo telah mendaftarkan 54,5 carry per 90 dalam kampanye saat ini. Selain itu, dia memiliki jarak total 319,5 meter per 90 dan jarak progresif 180,1 meter per 90. Semua ini akhirnya membuat Silva mencatatkan total jarak tempuh tertinggi di liga, yakni 3.182 meter.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network