Peringkat Kiper Paling Banyak Clean Sheets Sepanjang Tahun Kalender 2021

"Posisi pertama cukup mengejutkan karena bukan pemain top dunia."

Analisis | 01 January 2022, 23:55
Peringkat Kiper Paling Banyak Clean Sheets Sepanjang Tahun Kalender 2021

Libero.id - Peran kiper kerap menjadi sorotan di dalam lapangan. Aksi gemilang berupa penyelamatannya kadang membuat penjaga menjadi pahlawan bagi rekan-rekannnya. Terlebih, ketika penyelamatan itu datang pada situasi genting.

Lihat saja aksi Hassan Sunny pada Piala AFF 2020 yang mendapat banyak pujian lantaran statistik clean sheets yang luar biasa. Ada pula Nadeo Argawinata yang menjadi pahlawan skuad Garuda saat mampu menggagalkan penalti pemain Singapura, Faris Ramli, di menit akhir pertandingan.

Dalam lingkup yang lebih global, beberapa kiper hebat telah menuliskan namanya di liga-liga papan atas Eropa dengan gemilang sebagai pengoleksi clean sheets terbanyak sepanjang 2021.

Dalam barisan ini ada nama-nama populer seperti Ederson Moraes. Kiper Manchester City itu menjadi salah satu yang terbaik, meski tidak berada di peringkat paling atas

Tanpa Ederson diantara tiang gawang, tim asuhan Pep Guardiola itu tidak akan sama. Dan, itu bukan hanya karena kemampuan unik penjaga gawang dengan bola di tangan atau kakinya. Mantan pemain Benfica ini adalah salah satu yang terbaik dalam mengamankan area terlarang.

Setiap kali melakukan penyelamatan, Ederson biasanya melakukannya dengan indah. Dan, itulah sebabnya dia memiliki 11 clean sheets di Liga Premier 2021/2022 hingga sebelum pergantian tahun. Itu jumlah terbanyak dari kiper mana pun di divisi ini.

Namun, dalam hal clean sheets yang disimpan di semua kompetisi, baik di level klub maupun timnas, dan diantara mereka yang beroperasi di lima liga top Eropa, Ederson harus puas dengan tempat kedua. Tapi, bukan Alisson Becker dari Liverpool atau Edouard Mendy dari Chelsea yang duduk di depan Ederson.

Pemain yang dimaksud adalah Yassine Bounou dari Sevilla dengan 32 clean sheets 59 pertandingan. Rekor penjaga gawang Maroko itu sangat mengesankan dan menjadi bagian dari alasan mengapa Sevilla saat ini duduk di urutan kedua klasemen sementara La Liga.

Usianya juga masih 30 tahun, yang bagi penjaga gawang masih muda. Jadi, jangan heran jika Bounou mendapatkan banyak uang jika bersedia pindah ke salah satu klub besar Eropa dalam waktu dekat.

Nah, berikut ini 10 kiper dengan clean sheets terbanyak di lima liga top Eropa selama tahun kalender 2021:

10. Kasper Schmeichel (Leicester City), 24 clean sheets 72 pertandingan
9. Hugo Lloris ( Tottenham Hotspur), 24 clean sheets 64 pertandingan
8. Gianluigi Donnarumma (AC Milan, Paris Saint-Germain), 24 clean sheets 57 pertandingan
7. Samir Handanovic (Inter Milan), 24 clean sheets 52 pertandingan

6. Alisson Becker (Liverpool), 25 clean sheets 56 pertandingan
5. Manuel Neuer (Bayern Muenchen), 26 clean sheets 63 pertandingan
4. Thibaut Courtois (Real Madrid), 29 clean sheets 67 pertandingan
3. Edouard Mendy (Chelsea), 29 clean sheets 57 pertandingan
2. Ederson (Manchester City), 30 clean sheets 59 pertandingan
1. Yassine Bounou (Sevilla), 32 clean sheets 59 pertandingan

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network