Bagaimana Peringkatnya? 5 Kiper Terbaik Serie A 2021

"Nomor 3 tak lagi bermain di Italia."

Analisis | 02 January 2022, 19:34
Bagaimana Peringkatnya? 5 Kiper Terbaik Serie A 2021

Libero.id - Serie A menjadi liga yang menarik, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Dari kedatangan Cristiano Ronaldo hingga Inter Milan yang mengakhiri dominasi Juventus selama hampir satu dekade. Kompetisi papan atas Italia tidak pernah kekurangan kegembiraan.

Salah satu aspek mencolok dari sepakbola Italia adalah banyaknya bek dan penjaga gawang kelas dunia. Paolo Maldini, Franco Baresi, dan Dino Zoff adalah beberapa superstar masa lalu yang berkuasa di sepertiga pertahanan.

Baru-baru ini, bek tengah Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci menjadi pusat perhatian. Penjaga gawang kelas dunia seperti Alisson Becker, Gianluigi Buffon, dan Samir Handanovic juga berkembang di Serie A.

Pemain Terbaik Euro 2020, Gianluigi Donnarumma, menjadi penjaga gawang lain yang menjadi terkenal di Serie A. Meskipun dia pergi ke PSG musim panas ini, dia masih termasuk di antara penjaga gawang Serie A terbaik pada 2021.

Pada catatan itu, mari kita cari tahu siapa lagi yang masuk dalam daftar lima kiper teratas di papan atas Italia tahun 2021:

#5 Emil Audero

Emil Audero melakukan perpindahan ke klub Serie A, Sampdoria. Pemain berusia 24 tahun itu mungkin tidak memiliki clean sheet sebanyak beberapa pemain lainnya di Liga Italia. Namun, dia layak disebut dalam daftar ini karena banyaknya penyelamatan yang dia lakukan.

Audero membuat 117 penyelamatan musim lalu yang menjadi terbanyak ketiga di liga. Penjaga gawang ini adalah salah satu alasan utama Sampdoria finis di papan atas klasemen liga.

Lulusan akademi muda Juventus ini telah membuat lebih dari 50 penyelamatan musim ini. Tanpa usahanya, Sampdoria akan berada di zona degradasi. Dalam beberapa musim terakhir, persentase penyelamatannya sangat mengesankan.

#4 Wojciech Szczesny

Kiper utama Juventus, Wojciech Szczesny, memiliki musim Serie A 2020/2021 yang agak terlupakan. Pemain internasional Polandia itu hanya mencatatkan lima clean sheet, tetapi itu juga karena pertahanan yang kurang bisa melindungi sang kiper secara efektif.

Meskipun hanya memiliki catatan satu clean sheet setiap enam pertandingan musim lalu, dia memiliki persentase penyelamatan yang mengesankan sebesar 70,5%. Szczesny telah mencatatkan tujuh clean sheet liga musim ini.

Mantan kiper Arsenal itu hanya kebobolan 13 gol di Serie A musim ini. Persentase penyelamatannya sedikit meningkat menjadi 72,7%. Dia telah menghadapi dua tendangan penalti di Serie A musim ini dan menyelamatkan salah satunya.

#3 Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma jelas merupakan penjaga gawang yang menonjol di Serie A musim lalu. Don telah menjadi pembicaraan sejak eksploitasinya bersama Italia di Euro lalu. Donnarumma mencatatkan 14 clean sheet di liga musim lalu, menjadi yang tertinggi bersama Handanovic dari Inter Milan.

Penjaga gawang Italia ini bisa saja mengambil posisi terdepan dalam daftar ini jika dia tidak pindah ke PSG di pada musim panas. Namun demikian, eksploitasi Donnarumma selama paruh pertama tahun ini membuatnya mendapat tempat dalam daftar ini.

Kembalinya Milan ke Liga Champions sebagian besar disebabkan oleh upaya Donnarumma. Meski tak mampu merebut gelar Serie A, mereka finis runner-up dengan skuad berkualitas merupakan pencapaian tersendiri.

#2 David Ospina

Kontribusi David Ospina di Napoli pada 2021 sebagian besar diremehkan. Pemain Kolombia itu hanya memainkan 16 pertandingan musim lalu, tetapi mencatatkan delapan clean sheet. Dia juga memiliki penghitungan penyelamatan tertinggi dengan 76,9% di Serie A 2020/2021.

Pemain Napoli itu tampaknya semakin membaik seiring bertambahnya usia. Pemain berusia 31 tahun itu telah mencatatkan sembilan clean sheet musim ini dengan membuat satu clean sheet setiap dua pertandingan.

Napoli saat ini berada di urutan ketiga klasemen Serie A, dan Ospina telah memainkan peran kunci dalam memastikan performa tim itu. Ospina telah kebobolan 14 gol di liga dengan hanya kebobolan 0,76 gol per pertandingan.

#1 Samir Handanovic

Samir Handanovic tidak diragukan lagi menjadi penjaga gawang yang paling diremehkan di generasinya. Pemenang tiga kali Serie A Goalkeeper of the Year ini tampil di level tertinggi, meski sudah berusia 37 tahun. Dia mencatatkan 14 clean sheet di Serie A musim lalu.

Handanovic mencatatkan clean sheet sebanyak Donnarumma musim lalu, dan imbang dengan Ospina selama sembilan musim ini. Pemain asal Slovenia itu memenangkan Scudetto bersama Inter Milan tahun ini dan kemungkinan akan mengulanginya tahun depan juga.

Persentase penyelamatannya sebesar 81% musim ini patut ditiru oleh penjaga gawang mana pun. Kapten Inter Milan itu juga menyelamatkan beberapa penalti musim lalu. Handanovic telah mencatatkan clean sheet terbanyak di Serie A sejak awal musim lalu, dia layak menempati posisi teratas dalam daftar ini.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network