Saddil Ramdani Sudah Ikut Latihan di Sabah, Pintu ke Liga Serbia Tertutup?

"Sabah mengumumkan Saddil telah bergabung dengan skuad jelang musim baru 2022."

Analisis | 14 January 2022, 12:21
Saddil Ramdani Sudah Ikut Latihan di Sabah, Pintu ke Liga Serbia Tertutup?

Libero.id - Di akun media sosial resminya, Sabah FC memposting gambar Saddil Ramdani mengikuti sesi latihan di Likas Stadium Kota Kinabalu, Kamis (13/1/2022). Postingan itu sekaligus menjadi simbol bahwa pemain sayap Indonesia itu tidak akan pergi ke Novi Pazar di Liga Serbia dengan gratis.

Saga transfer Asia Tenggara yang melibatkan Saddil bermula saat Novi Pazar berencana menggunakan jasanya. Mereka dengan percaya diri akan membawa Saddil ke Serbia dengan bebas transfer.

Tapi, Sabah keberatan karena Saddil sudah terikat kontrak hingga November 2022. Mereka berharap jika Saddil harus pergi, maka disertai uang transfer. Itu sesuai dengan regulasi dan kebiasaan yang berlaku universal di lapangan sepakbola internasional. 

Meski Sabah berada dalam posisi yang benar berdasarkan hitam di atas putih, masalah ini tidak selesai begitu saja. Agen Saddil, Alexander Talpes, menuduk Sabah berbohong. Kepada CNN, Talpes menyebut Manajer Sabah, Ahmad Marzuki Nasir, meminta uang transfer 300 ribu euro (Rp4,9 miliar) . 

Hal itu  berbeda dengan pernyataan Saddil yang mengatakan kepada Talpes bahwa dirinya bebas transfer. "Mr Marzuki mengatakan Saddil tentang transfer gratis. Sejak awal Saddil mengatakan kepada saya dan Novi Pazar bahwa dia bisa pergi gratis. Itu dikonfirmasi oleh Kurniawan (eks pelatih Sabah)," kata  Talpes.

Talpes juga membagikan hasil tangkapan layar percakapannya dengan Saddil. Dalam percakapan tersebut Saddil menyebut pihak Sabah telah berbohong. Mantan pemain Persela itu mengaku telah mengatakan hal jujur kepada Talpes dan Novi Pazar. 

"Dia (Marzuki Nasir) tipu (menipu) bos. Dia duduk bersama kami, Kurniawan, dan CEO. Saya sebagai pemain bicara apa adanya, tidak pernah melebih-lebihkan. Dia sendiri dan CEO yang berjanji dan mengizinkan saya ke Eropa," tulis Saddil dalam percakapan dengan Talpes.

Terlepas dari masalah itu, kembalinya Saddil ke Sabah akan membuat klub dari Pulau Kalimantan itu jadi salah satu pesaing terberat untuk memperebutkan gelar juara Liga Super Malaysia 2022. 

Keberadaan Ong Kim Swee sebagai pelatih pengganti Kurniawa sejak pertengahan musim lalu telah membuat The Rhinos kebanjiran beberapa pemain bagus tim nasional Malaysia. Sebut saja Khairul Fahmi Che Mat, Baddrol Bakhtiar, hingga Dominic Tan.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network