Selamat Ulang Tahun!

11 Wajah di Balik Kedigdayaan Bayern Muenchen

"Tanpa mereka Bayern bukan apa-apa"

Feature | 31 January 2020, 08:07
11 Wajah di Balik Kedigdayaan Bayern Muenchen

Libero.id - Kedigdayaan Bayern Muenchen sangat terasa dalam kurun 10 tahun terakhir di Bundesliga. Bahkan bisa dikatakan hanya Borrusia Dortmund yang mampu mengganggu Bayern Muenchen pada persaingan juara, yakni pada musim 2010/2011 dan 2011/2012.

Setelah itu bisa dikatakan Bundesliga adalah milik Bayern Muenchen seorang. Ada hal yang selama ini jarang sekali dibicarakan oleh media, yakni siapa saja orang-orang hebat di balik kesuksesan sebuah klub? dalam hal ini tentu Bayern Muenchen. Setidaknya ada 11 tokoh atau nama besar yang memberikan pengaruh terhadap kedigdayaan Bayern Muenchen di Bundesliga maupun Eropa, baik secara prestasi,transfer pemain hingga finansial. Berikut 11 nama tersebut:

1.Herbert Hainer

Pria kelahiran 3 Juli 1954 ini merupakan presiden Bayern Muenchen yang sekarang. Sebelum menggantikan Uli Hoeness menjadi president klub, Hainer terlebih dahulu menapaki karirnya di Adidas. Ia dahulu merupakan mantan CEO adidas atau petinggi dari perusahan aparel olaharga ternama asal Jerman tersebut dari tahun 2001 hingga 2014. Kini,dengan jabatan barunya, dia bersama Bayern ingin meneruskan prestasi yang sudah dibuat oleh para pendahulunya.

2.Matthias Sammer

Pria dengan kepala plontos ini adalah mantan pemain Borrusia Dortmund sekaligus pernah melatih Borrusia Dortmund dari tahun 2000 sampai 2004. Bahkan sempat membawa Die Schwarzgelben (julukan Dortmund) meraih gelar juara Bundesliga pada musim 2001-2002 sekaligus membawa Die Borrusian melaju hingga ke partai final Piala UEFA atau yang sekarang dikenal dengan nama Europa League, walaupun pada akhirnya mereka harus mengakui keunggulan Feyenoord Rotterdam dengan skor tipis 2-3. Posisi Sammer di Bayern Muenchen pada saat ini adalah sporting director atau petinggi klub yang mengatur soal kebijakan transfer pemain,baik yang akan dibeli ataupun yang akan dijual.

3.Hasan Salihamidzic

Pesepakbola profesional yang pernah bermain untuk Bayern Muenchen dan Juventus. Pria kelahiran 1 Januari 1977 ini berperan sebagai sporting director sama seperti Matthias Sammer. Penunjukan pemain jebolan akademi Hamburg SV ini disanyalir akan memperkuat manajemen klub dalam merekrut pemain-pemain yang diincar oleh pelatih.

Karl-Heinz Rummenigge sebagai Chairman mengatakan bahwa “Di Hasan, kami telah membawa seorang pria ke FC Bayern yang mengenal klub dengan sangat baik. Dia adalah orang yang sangat pekerja keras, serius, setia dan sangat waspada dengan integritas dan dia berbicara lima bahasa. Waktu di Italia  dia memiliki jaringan yang hebat yang pasti akan sangat membantu dalam pekerjaannya. Kami memiliki keyakinan penuh bahwa dia akan dapat melakukan pekerjaan seperti yang seharusnya dia lakukan,” ungkap Rummenigge.

4.Matthias Brosamer

Ia adalah mantan asisten dan manajer tim muda Freiburg SC dari tahun 2012-2015. Berpengalaman dalam melatih tim muda dari usia u-17 hingga u-19,membuat ia sekarang ditunjuk oleh manajemen klub FC Hollywood sebagai developer international relations. Selain punya pengalaman di Jerman, ia juga memiliki pengalaman di Tiongkok ketika menjadi asisten pelatih di Beijing Guoan FC.

5.Elber De souza

Pemain yang akrab disapa Giovani Elber ini adalah mantan striker haus gol milik Bayern Muenchen.Terhitung ia sudah mencetak 92 gol dari 169 pertandingan dari semua ajang kompetisi bersama Bayern Muenchen. Kedatanganya di Bayern diposisikan sebagai scout atau agen pemain muda di negeri samba, yakni Brasil.

Ya tentu selain ia adalah sosok yang ikonik untuk Bayern Muenchen,kemampuan berbahasa Brasil dan jaringannya di Brasil akan mempermudah manajemen klub untuk menemukan bibit pemain muda yang berbakat sekaligus menjadi investasi ke depannya.

6.Bixente Lizarazu

Mantan pemain Athletic Bilbao dan Bayern Muenchen ini adalah scout yang dipercaya oleh Bayern Muenchen untuk mengamati pemain-pemain muda berbakat/wonder kid di Spanyol dan Prancis. Ia dahulu pernah bermain untuk Athletic  Bilbao dan sebenarnya bahasa ‘ibu’ dari seorang Lizarazu sendiri adalah Basque dan secara personal ia memiliki kedekatan dengan orang-orang di Basque. Selain bisa bahasa Basque, ia juga fasih berbahasa Prancis, Jerman, Spanyol dan Inggris. Lizarazu juga memiliki pengalaman sebagai investor klub asal Prancis yakni  Thonon Évian F.C dari tahun 2009-2015.

7.Jochen Sauer

Pria yang pernah menjadi director football Wolfsburg dari tahun 2010-2012, kini menjadi manager akademi di FC Hollywood. Penetapan Jochen di akademi  bukanlah tanpa alasan. Pengalamanya ketika menjadi chief executive officer RB Salzburg dari tahun 2012-2017 menjadi bukti kepiawaaanya dalam mengatur pemain-pemain muda. Ambil saja contoh seperti Sadio Mane dan Naby Keita yang sekarang sukses di Liverpool. Dia (Jochen) adalah sosok di balik kesuksesan klub dalam melihat pemain muda yang memiliki bakat dan berpotensi menjadi bintang. Bahkan sekarang ia juga telah menerbitkan nama-nama seperti Zirkzee, Sarpreet Singh dan Leon Dajaku.

8.Laurent Busser

Lelaki berusia 45 tahun tersebut dahulu adalah chief scout of  Bayer Leverkusen dari tahun 2013 hingga 2018. Pekerjaannya di Bayer Leverkusen bisa dikatakan banyak menuai aplaus, pasalnya pria Prancis tersebut bisa menemukan bakat-bakat tersembunyi dari klub-klub yang kurang terkenal di benua biru.

Salah satu contohnya adalah Leon Bailey yang sekarang menjadi pemain kunci di Bayer Leverkusen. Pemain asal Jamaica tersebut juga merupakan kesuksesan Bayer Leverkusen musim ini bisa bermain di liga champions. Jauh sebelum itu,sosok Busser bisa dikatakan adalah orang pertama yang mampu mencium bakat Ousmane Dembele dan Kingsley Coman. Maka tak salah jika Bayern Muenchen menunjukannya sebagai Chief Scout die roten.

9.Franz Beckenbauer

Legenda hidup Jerman sekaligus Bayern Muenchen ini adalah Presiden Kehormatan Bayern Muenchen. Pria yang dikenal dengan julukan Der Kaiser adalah sosok yang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan Bayern, pernah menjadi pemain dan juga pelatih. Ia adalah representasi dari klub yang bernama FC Bayern Muenchen, dan juga karisma serta kepemimpinannya sangat banyak dikagumi oleh pemain muda di Jerman. Tahun 1998, ia pernah menjadi vice-president DFB,hingga akhirnya kembali lagi ke Bayern Muenchen.

10.Prof Dr Dieter Mayer

Prof Mayer adalah anak daerah asli Munich. Lahir di Munich pada 19 september 1955,ia merupakan member klub dari tahun 2001, sekarang posisinya adalah deputy vice-president Bayern Muenchen. Disamping itu, ia adalah seorang akademisi sekaligus notaris yang terkenal di Jerman,terkhusus di daerah Munich. Prof Mayer juga dikenal sebagai guru besar di universitas Ludwig-Maximillians. Sejak 2007,ia adalah perwakilan klub profesional Jerman Selatan hingga sekarang.

11.Karl-Heinz Rumenigge

Ia adalah Chairman of Executive Board FC Bayern Muenchen atau bisa dibilang salah satu petinggi klub die roten. Sebelum menjadi petinggi klub, Rumenigge adalah pesepakbola aktif awal tahun 90-an dan sempat meraih sukses bersama Bayern dengan mempersembahkan 2 bundesliga dan 2 Liga Champions. Pemain yang juga pernah berseragam Inter Milan ini juga memiliki pengalaman bekerja di UEFA. Tidak main-main,posisinya ketika bekerja di UEFA adalah chairman dari tahun 2008 hinga 2017,sebelum akhirnya dipanggil kembali ke FC Hollywood.

Ternyata di dalam sebuah industri besar seperti sepak bola,penempatan seseorang di bagian manajemen klub tidak lah sembarangan. Mungkin selama ini melihat pemain dan pelatih adalah sosok yang paling penting dalam kesuksesan klub, tetapi ada banyak orang ‘di balik layar’ yang memainkan peranya juga.

Mari kita tunggu bersama, apakah Bayern musim ini akan keluar lagi menjadi juara atau kah RB Leipzig sebagai klub ‘kemarin sore’ bisa mengganggu kedigdayaan Bayer Muenchen musim ini.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=LDyrEvcaNwM

Artikel Pilihan