Akhirnya, Vietnam Bisa Menang di Fase Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022

"Sejarah baru untuk negara Asia Tenggara..."

Berita | 02 February 2022, 09:32
Akhirnya, Vietnam Bisa Menang di Fase Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022

Libero.id - Pelatih timnas Vietnam Park Hang-seo ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar karena telah mendukung Vietnam dalam kemenangan 3-1 mereka atas China di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Laga yang berlangsung di Stadion My Dinh, pada Selasa (2/2) malam WIB itu jelas jadi momen bersejarah bagi The Golden Star. Dan untuk itu Park Hang-seo tak henti-hentinya melontarkan kalimat-kalimat indah.

"Ini adalah pertama kalinya kami menang melawan China dan pertama kalinya tim Asia Tenggara mengklaim kemenangan di babak final kualifikasi Piala Dunia," kata Park dalam konferensi pers seusai laga.

"Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar karena selalu mendukung tim."

"Butuh waktu 60 tahun bagi Vietnam untuk mencapai babak final kualifikasi Piala Dunia, jadi kesuksesan langsung tidak mungkin," katanya.

Vietnam menampilkan performa yang sangat baik. Pada menit kesembilan, kapten Do Hung Dung membuat umpan silang tepat di atas kepala untuk Ho Tan Tai yang akhirnya menjebloskan bola ke gawang China. 


Tujuh menit kemudian, Vietnam menggandakan keunggulan. Kali ini, Dung memberikan umpan kepada Nguyen Tien Linh di dalam kotak penalti dan dengan gampang sebuah gol tercipta.

Vietnam kembali mencetak gol pada menit ke-76 melalui  Phan Van Duc. China hanya bisa membalas satu gol di menit-menit terakhir dan itulah proses terciptanya skor 1-3 untuk China.

Kemenangan Vietnam melawan China merupakan tonggak sejarah sepak bola Asia Tenggara. Ini adalah pertama kalinya tim Asia Tenggara memenangkan laga di babak final kualifikasi Piala Dunia.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Thailand juga mencapai babak final tetapi mereka hanya bisa mendapatkan dua hasil imbang.

Sebelumnya tim besutan Park Hang-seo menelan kekalahan di tujuh laga beruntun.
Meski menang, Vietnam masih berada di dasar klasemen Grup B, peringkat ke-6, dengan hanya koleksi 3 poin.

Mengenai hal itu juru taktik asal Korea Selatan mengatakan.

 "Para pemain telah memberikan yang terbaik, tetapi meminta mereka untuk memenangkan semua pertandingan terlalu serakah. Kami harus mengevaluasi berdasarkan upaya mereka, bukan dengan kemenangan dan tidak mengkritik mereka ketika mereka tidak menang," kata Park.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network