Semua yang Perlu Diketahui Tentang Piala Dunia Antarklub 2021

"Dominasi klub Eropa berlanjut?"

Analisis | 03 February 2022, 20:05
Semua yang Perlu Diketahui Tentang Piala Dunia Antarklub 2021

Libero.id - Bukan hanya negara, turnamen Piala Dunia juga menggelar antarklub. Dan, musim ini, kompetisi paling elite yang menampilkan klub juara dari berbagai benua itu akan dimulai pada Kamis (3/2/2022) malam waktu Uni Emirat Arab.

Juara Liga Champions musim lalu, Chelsea, termasuk di antara tujuh tim dari enam konfederasi yang bersaing untuk menjadi juara dunia antarklub di Abu Dhabi.

Acara tahunan ini sebetulnya diadakan di Jepang pada Desember 2021, namun Negeri Sakura mengundurkan diri pada September karena pembatasan Covid-19. FIFA telah dikritik karena menjadwal ulang edisi ke-18 Piala Dunia Antarklub saat Piala Afrika berlangsung.

Mantan pemain Timnas Mesir, Mido, mengatakan pada November bahwa penjadwalan baru itu "tidak sopan" ketika Piala Afrika 2021 sedang berlangsung.

Namun, terlepas dari hal itu. Piala Dunia Antarklub ini bisa disaksikan di beberapa saluran televisi, seperti Channel 4, sebuah saluran televisi di Inggris yang memiliki hak TV terestrial.

Laga semifinal Chelsea pada Rabu, (9/2/2022) akan berlangsung di E4. Jika The Blues mencapai final pada Sabtu, (12/2/2022), pertandingan akan ditayangkan di Channel 4 - kedua pertandingan akan dimulai pada pukul 16:30 waktu setempat.

Formatnya apa dan kapan pertandingannya?

Dua tim akan bersaing di babak pertama pada Kamis (3/2/2022) - AS Pirae dari Tahiti dan Al Jazira dari negara tuan rumah Uni Emirat Arab. Pemenangnya akan maju ke babak kedua.

Pirae, yang mewakili Konfederasi Sepakbola Oceania, melakukan debut mereka di turnamen tersebut. Sementara Al Jazira, yang diasuh oleh mantan pelatih Ajax Marcel Keizer, menjadi juara UEA Pro League 2020/2021.

Para pemenang akan lolos ke babak kedua yang menampilkan Al Ahly dari Mesir, yang berlaga di Piala Dunia Antarklub untuk ketujuh kalinya.

Klub Meksiko, Monterrey, pemenang Liga Champions CONCACAF 2021, dan Al Hilal dari Arab Saudi juga masuk di babak ini.

Pemenang Liga Champions Afrika, Al Ahly, bermain melawan Monterrey pada Sabtu (5/2/2022), dengan juara Asia Al Hilal menghadapi pemenang putaran pertama pada hari berikutnya.

Dua pemenang putaran kedua akan maju ke semifinal, di mana juara Eropa Chelsea dan juara Amerika Selatan, Palmeiras, bakal ambil bagian.

Klub Brasil, Palmeiras, akan menghadapi pemenang pertandingan antara Al Ahly versus Monterrey pada 8 Februari dan Chelsea akan menghadapi pemenang pertandingan Al Hilal kontra Al Jazira/AS Pirae pada 9 Februari 2022.

Sedangkan final pada 12 Februari akan berlangsung setelah perebutan tempat ketiga pada hari sebelumnya.

Bagaimana dampak Covid terhadap turnamen?

Sementara Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade musim panas lalu, Jepang menarik diri menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub karena bergulat dengan gelombang Covid terburuk di Negeri Sakura.

Turnamen 2021 ditetapkan menjadi yang kesembilan kalinya di Jepang, dan akan bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-100 Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA).

Namun, FIFA mengkonfirmasi pada November bahwa turnamen itu akan diadakan di Uni Emirat Arab sebagai gantinya.

Sementara Auckland City awalnya akan mewakili Konfederasi Sepakbola Oceania, tetapi mengundurkan diri pada Desember karena pandemi dan tempat mereka diserahkan kepada AS Pirae.

Dimanakah tempat-tempat tersebut?

Uni Emirat Arab menjadi tuan rumah turnamen untuk kelima kalinya. Hanya Jepang - delapan kali - yang lebih banyak menyelenggarakannya.

Klub-klub Eropa sudah empat kali berjaya ketika digelar di UEA – Barcelona (2009), Inter Milan (2010), dan Real Madrid (2017, 2018).

Semua delapan pertandingan - ada juga play-off tempat kelima pada 9 Februari - di Abu Dhabi di dua tempat.

Stadion Mohammed bin Zayed - yang memiliki kapasitas 37.500 orang - menggelar empat pertandingan, termasuk semifinal dan final.

Tempat lainnya adalah Stadion Al Nahyan berkapasitas 15.000.

Apakah Chelsea menganggapnya serius?

Sangat. Hanya dua klub Inggris yang memenangkan turnamen dalam 17 edisi sebelumnya - Manchester United pada 2008 di Jepang dan Liverpool pada 2019 di Qatar.

Chelsea menjadi finalis pada 2012 ketika tim asuhan Rafael Benitez kalah 1-0 dari klub Brasil Corinthians di Jepang.

Cesar Azpilicueta adalah satu-satunya pemain yang masih berada di klub yang tampil di final di Yokohama 10 tahun lalu.

Chelsea bersaing memperebutkan trofi di lima kompetisi setelah mencapai final Piala Liga, yang berlangsung pada 27 Februari, 15 hari setelah final Piala Dunia Antarklub.

Mereka berada di urutan ketiga di Liga Premier - 10 poin di belakang pemimpin Manchester City dengan 14 pertandingan tersisa - di babak keempat Piala FA. The Blues juga akan menghadapi juara Prancis, Lille, di babak 16 besar Liga Champions melalui dua leg pada 22 Februari di Stamford Bridge dan 16 Maret di Prancis.

Pelatih The Blues, Thomas Tuchel, sebelumnya mengatakan dirinya tidak akan memprioritaskan kompetisi apa pun.

Ditanya pada Desember tentang mengorbankan Piala Liga untuk Piala Dunia Antarklub, dia menambahkan: "Kami tidak akan pernah melakukan ini karena kami pikir perlu mengistirahatkan pemain atau memberi pemain kesempatan untuk bermain, seperti tradisi di Piala Liga, maka kami akan melakukannya - tetapi kami akan selalu bersiap untuk memenangkan pertandingan.”

“Inilah semangat yang harus kita teruskan,” timpalnya. “Ini adalah perjuangan, tentu saja ini perjuangan dan rasanya sangat menuntut. Saya dapat meyakinkan Anda tentang itu. Untuk semua orang, staf, dan para pemain, tetapi kami akan mendorong dan mengejarnya karena tidak ada pilihan lain.”

“Kami senang berada di kompetisi ini dan kami ingin bertahan di dalamnya. Kami ingin tiba pada Maret, April, atau Mei di kompetisi ini,” ungkapnya. "Jadi tidak, kami tidak mulai menilai game dan nilai dari game itu."

Partisipasi Chelsea berarti pertandingan Liga Premier melawan Brighton dan Arsenal - masing-masing pada 8 dan 12 Februari - telah ditunda.

Pemenang sebelumnya

Tim Eropa telah memenangkan delapan edisi terakhir turnamen.

Bayern Muenchen adalah juara Piala Dunia Antarklub saat ini setelah mengalahkan Tigres dari Meksiko di final edisi 2020 yang dimainkan di Qatar pada Februari 2021.
Namun, mereka tidak bisa memenangkannya kali ini setelah tersingkir dari Liga Champions musim lalu di babak perempat final.

Sebelum Liverpool berjaya di final 2019, Piala Dunia Antarklub dimenangkan oleh tim-tim di Spanyol antara 2014 dan 2018 - Real Madrid (2014, 2016, 2017, 2018) dan Barcelona (2015). Bayern juga memenangkannya pada 2013.

Tim terakhir di luar Eropa yang memenangkannya adalah tim Brasil, Corinthians, yang mengalahkan Chelsea di final 2012.

Tak satu pun dari tim di edisi 2021 telah memenangkan kompetisi. Seperti Chelsea, Palmeiras hanya ambil bagian untuk kedua kalinya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network