Bisakah Pratama Arhan Main di Lazio? Begini Regulasi Pemain Asing di Serie A

"Tes ombak. Tidak ada yang tidak mungkin."

Berita | 05 February 2022, 07:24
Bisakah Pratama Arhan Main di Lazio? Begini Regulasi Pemain Asing di Serie A

Libero.id - Pratama Arhan santer dikabarkan sedang diincar oleh klub Serie A, Lazio. Kabar tersebut salah satunya diwartakan dari media fans fage yang membahas seputar Lazio, Lazio Press.

''Dari Indonesia, muncul nama baru yang diincar klub. Dia adalah Pratama Arhan, bek kiri Indonesia kelahiran 2001,''  tulis laporan Lazio Press pada Kamis (3/2).

Meski masih simpang siur dan cenderung lebih realistis dinilai sebagai bagian dari marketing, tidak ada salahnya kita ikut senang akan kabar tersebut dan mari kita bertanya, jka melihat regulasi yang ada mungkinkah Pratama Arhan atau pemain Indonesia lainnya bisa berkiprah di kasta tertinggi sepakbola Italia alias Serie A atau di Liga Italia pada umumnya?

Regulasi Pemain Asing di Liga Italia

Berbeda dari kebanyakan liga-liga Eropa lainnya, Serie A dikenal sangat ketat soal ketentuan kuota pemain asing. Dan pengertian  "pemain asing" yang dimaksud di sini adalah pemain Non-Uni Eropa, artinya termasuk Asia.

Sampai musim 2021/22, menurut laporan dari Sports Grail, aturan pemain asing di Serie A adalah setiap klub bisa punya tiga pemain asing dalam daftar skuad mereka. Lantas bagaimana jika lebih atau kurang dari kuota yang ditetapkan?

Ambil contoh, misal ada klub Serie A yang hanya punya dua pemain non-Uni Eropa dalam daftar pada tanggal 30 Juni 2021, maka klub itu berhak membeli satu pemain non-Uni Eropa dari klub asing tanpa batasan apa pun, hingga batas tiga pemain tercapai.

Selain itu, klub Serie A itu dapat membeli satu pemain non-Uni Eropa lagi dari klub asing, asalkan mereka mengganti pemain non-Uni Eropa namun setidaknya salah satu dari kondisi yang disebutkan di bawah ini terpenuhi:

1. Pemain yang diganti dijual ke klub asing alias non Serie A. Dan montrak pemain yang diganti harus sudah berakhir pada 30 Juni 2021.

2. Pemain yang diganti memperoleh kewarganegaraan Eropa setelah 1 Februari 2021.

Merujuk dari hal diatas, pada musim 2021/22, ada 4 pemain asal Non-Uni Eropa yang terikat kontrak dengan Lazio. Mereka anatara lain ada Mohamed Fares dari Aljazair, lalu Jean-Daniel Akpa Akpro dari Pantai Gading, dan Lucas Leiva juga Felipe Anderson dari Brasil.


Mereka juga punya pemain asal Cape Verde yakni Jovane Cabral, yang dipinjam dari Sporting CP.

Namun, dari semua nama itu, menurut Transfermarkt, hanya Felipe yang tak punya kewarganegaraan Eropa. Sisanya, memiliki dua paspor, salah satunya paspor negara yang berada di Non-Uni Eropa.

Jadi, kalau Lazio benar-benar mendatangkan Pratama Arhan, berdasarkan  situasi klub dan regulasi yang berlaku maka masih ada kuota yang belum terpenuhi.

Jadi mari sama-sama kita berdoa yang terbaik untuk karier Pratama Arhan dan tanpa mengurangi rasa hormat bisakah kita berpikir lebih realistis lagi? Oh tentu saja, tidak ada yang tidak mungkin.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network