Di mana Mereka Sekarang? 10 Pencetak Gol Termuda Barcelona

"Nomor 5 satu-satunya di luar La Masia."

Analisis | 17 February 2022, 14:50
Di mana Mereka Sekarang? 10 Pencetak Gol Termuda Barcelona

Libero.id - Barcelona dikenal sebagai salah satu klub yang selalu memberikan kesempatan kepada para pemain muda bermain di tim utama, dan beberapa pemain muda mereka telah dibawa ke sepakbola senior untuk bermain di level lebih tinggi.

Itu yang membuat beberapa di antara pemain Blaugrana mampu mencetak gol di usia yang sangat muda.

Pada catatan itu, kami kita lihat 10 pencetak gol termuda Barcelona di semua kompetisi sejak 1990. Dan, di mana mereka sekarang?

1. Ansu Fati (16 tahun, 304 hari)

Salah satu dari tiga pemain Barcelona saat ini yang masuk dalam daftar, Fati mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah Barcelona dengan mencetak gol ke gawang Osasuna pada Agustus 2019.

Pemain timnas Spanyol kemudian menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions dan menyelesaikan musim terobosannya dengan delapan gol dalam 33 penampilan di semua kompetisi.

Namun, perkembangannya terhambat oleh cedera lutut serius yang membuatnya harus absen di sebagian besar musim 2020/2021. Sejak itu dia berjuang untuk tetap fit dan Barcelona dilaporkan khawatir tentang kecenderungannya untuk mengalami cedera.

“Ini adalah situasi yang sulit,” kata Pelatih Barcelona, Xavi, pada Januari 2022. “Kami telah mengadakan pertemuan dengan keluarga karena kekambuhan baru ini.”

“Kami ingin memulihkan mentalnya, memberinya cinta karena ini adalah momen yang sulit dan kami membutuhkannya. Kami ingin dia tidak pernah cedera lagi.”

2. Bojan Krkic (17 tahun, 53 hari)

Setelah memecahkan segala macam rekor mencetak gol di tingkat pemuda, Bojan Krkic memulai La Liga pertamanya pada usia 17 pada Oktober 2007. Dia mencetak gol melawan Villarreal.

Dia mencetak 40 gol lagi untuk tim utama Barcelona, tetapi berjuang untuk mengatasi tekanan ekspektasi dan akhirnya bergabung dengan tim Serie A, AS Roma, dengan biaya sekitar 12 juta euro (Rp 194 miliar) pada 2011.

Pemain timnas Spanyol itu kembali ke Camp Nou dua tahun kemudian, hanya untuk segera dipinjamkan ke Ajax dan kemudian dijual ke Stoke City pada 2014.

Krkic menikmati kesuksesan dalam dua musim pertamanya bersama Stoke, tetapi akhirnya tidak disukai. Perpindahan pinjaman ke Mainz dan Alaves menyusul sebelum dia menandatangani kontrak permanen dengan klub MLS, Montreal Impact, pada 2019.

Pemain berusia 31 tahun itu berstatus bebas transfer untuk sebagian besar 2021, tetapi baru-baru ini bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe. Dia bergabung dengan mantan rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta.

3. Gavi (17 tahun, 135 hari)

Gavi dipromosikan ke tim utama Barcelona menjelang musim 2021/2022 dan mencetak gol pertamanya untuk klub dalam kemenangan 3-2 atas Elche pada Desember 2021.

“Cara (Gavi) memainkan permainan itu spektakuler dan dia memiliki ambisi dan kepribadian,” kata Xavi setelah pertandingan. “Dia adalah masa depan klub ini. Tapi, bukan hanya dia, juga (Ronald) Araujo, (Alex) Balde, Nico (Gonzalez), (Ez) Abde. Mereka adalah masa depan tim dan klub. Mereka adalah generasi yang fantastis.”

Mereka adalah masa depan klub. Mereka adalah generasi yang fantastis. “Pada usia itu saya takut, tetapi mereka luar biasa. Gavi adalah pembuat perbedaan dan saya senang memilikinya, tetapi saya tidak ingin membandingkannya dengan siapa pun. Dia tidak memiliki langit-langit,” ungkap Xavi.

Dia sudah membuat lebih dari 20 penampilan tim utama untuk klub dan tampaknya akan menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan klub.

4. Lionel Messi (17 tahun, 311 hari)

Messi telah mencetak 672 gol dalam 778 penampilan dan memenangkan 34 trofi di Barcelona. La Pulga kemudian mengucapkan selamat tinggal secara emosional kepada klub pada 2021.

Pemain berusia 34 tahun itu kemudian bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer dan terus menghasilkan momen-momen ajaib di lapangan sepakbola.

5. Pedri (17 tahun, 330 hari)

Satu-satunya pemain dalam daftar ini yang tidak berasal dari akademi La Masia. Pedri bergabung dengan Barcelona dari Las Palmas dalam kesepakatan 5 juta euro (Rp 81 miliar) pada 2020.

Dia mencetak gol pertamanya untuk klub pada debutnya di Liga Champions pada Oktober 2020. Sejak itu, dia semakin kuat dengan memantapkan dirinya sebagai pemain reguler untuk Barcelona dan Spanyol.

Penampilannya yang mengesankan membuatnya dihargai dengan penghargaan Golden Boy pada 2021. Dia menjadi pemain Barcelona pertama sejak Messi yang memenangkan hadiah tersebut.

6. Ilaix Moriba (18 tahun, 46 Hari)

“Saya perlu sedikit waktu untuk menerima semuanya,” kata Moriba setelah mencetak gol melawan Osasuna pada Maret 2021. “Saya tidak akan pernah melupakannya. Saya akan membawanya ke kuburan bersamaku.”

Tetapi, klub kemudian menurunkannya kembali ke Barcelona B dan menolak untuk membiarkannya berlatih dengan tim utama menyusul kegagalan dalam negosiasi kontrak baru.

Gelandang itu dikaitkan dengan Manchester City dan Chelsea sebelum memutuskan untuk bergabung dengan klub Bundesliga, RB Leipzig, pada 2021 dalam kesepakatan senilai 13 juta pounds.

Dia berjuang untuk beradaptasi untuk tinggal di Jerman dan tidak bisa masuk ke starting XI, hanya membuat enam penampilan sebagai pemain pengganti di paruh pertama musim 2021/2022.

Pemain berusia 19 tahun itu kini telah kembali ke Spanyol, bergabung dengan Valencia dengan status pinjaman hingga akhir musim.

7. Jofre (18 tahun, 111 hari)

Setelah Barcelona memenangkan gelar La Liga pada 1997/1998, Jofre turun dari bangku cadangan untuk melakukan debut seniornya di hari terakhir musim.

Meskipun mencetak satu-satunya gol Barca dalam kekalahan 4-1 dari Salamanca, pemain sayap itu hanya akan membuat satu penampilan tim utama lagi untuk klub sebelum pergi pada 2002.

Dia kemudian berfluktuasi antara La Liga dan Divisi Segunda, bermain untuk orang-orang seperti Levante, Espanyol, Murcia, Rayo Vallecano, Real Valladolid, dan Girona.

Jofre mengakhiri karier bermainnya dengan klub Liga Super India, ATK FC, dan FC Goa sebelum gantung sepatu pada 2016.

Namun, itu tidak menghentikannya untuk tampil bersama Legenda Barcelona bersama pemain seperti Rivaldo, Ronaldinho, dan Deco dalam kekalahan 3-2 melawan Real Madrid pada Juli 2021.

8. Xavi (18 tahun, 205 hari)

Xavi melakukan debut seniornya dalam pertandingan Supercopa de Espana melawan Mallorca pada Agustus 1998. Dia membuat dampak langsung, mencetak gol dalam 16 menit pertama.

Dia meninggalkan Camp Nou sebagai salah satu gelandang terhebat sepanjang masa 18 tahun kemudian. Dia memenangkan delapan gelar La Liga, empat Liga Champions, dan tiga Copa del Rey.

Mantan pemain timnas Spanyol itu kemudian memutuskan untuk bergabung dengan klub Qatar, Al-Saad, di mana dia tinggal sampai pensiun empat tahun kemudian.

Setelah itu, dia ditunjuk sebagai pelatih di sana. Pria berusia 42 tahun itu kemudian menggantikan Ronald Koeman di ruang ganti Barcelona pada November 2021.

9. Giovani dos Santos (18 tahun, 215 hari)

Dos Santos pernah menjadi prospek berperingkat tinggi di Barcelona dan mencetak gol senior pertamanya dalam kemenangan penyisihan grup Liga Champions atas Stuttgart pada Desember 2007.

Meskipun mencetak hat -trick  melawan Real Murcia pada hari terakhir musim 2007/2008, dia dianggap surplus untuk persyaratan dan dijual ke Tottenham seharga 4,7 juta pounds (Rp 91 miliar).

Penyerang itu gagal memenuhi harapan di White Hart Lane, hanya mencetak tiga gol dalam 33 penampilan sebelum dijual ke Real Mallorca pada 2012.

Dia kemudian memiliki mantra di Villarreal dan LA Galaxy sebelum menghabiskan dua tahun di negara asalnya Meksiko dengan Club America. Pemain berusia 32 tahun itu sekarang menjadi pemain bebas transfer, tetapi dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk pensiun dan dapat fokus pada bisnis restorannya.

10. Jean Marie Dongou (18 tahun, 230 hari)

Lahir di Kamerun, Dongou pindah ke Barcelona dari Samuel Eto'o Foundation pada 2008. Dia diperkirakan akan mengikuti jejak rekan senegaranya.

Pemain depan itu mencetak gol pada debutnya melawan FC Cartagena di Copa del Rey pada Desember 2013, tetapi itu adalah salah satu dari hanya tiga penampilannya bersama tim utama Blaugrana.

Dia meninggalkan Barcelona pada 2016 dan terpuruk di piramida liga Spanyol bersama Real Zaragoza, Gimnastic, dan Lugo sebelum menandatangani kontrak dengan  klub Finlandia, FC Honka, pada 2020. 
Pemain berusia 26 tahun itu kembali ke Spanyol pada Februari 2022, bergabung dengan klub lapis ketiga, Zamora, dengan kontrak jangka pendek hingga akhir musim.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network