Bagaimana Kariernya? 6 Pemain Real Madrid Penerus Luka Modric

"Dua pemain mencicipi persaingan Liga Premier bersama Arsenal."

Analisis | 21 February 2022, 15:15
Bagaimana Kariernya? 6 Pemain Real Madrid Penerus Luka Modric

Libero.id - Selama bertahun-tahun, Luka Modric telah memberikan pertunjukan yang indah dan elegan di lapangan, baik di level klub bersama Real Madrid ataupun di level internasional bersama Kroasia.

Gelandang yang kini berusia 36 tahun itu telah memenangkan hampir semua yang ditawarkan di Real Madrid, bahkan memenangkan Ballon D'or pada 2018. Dia memecahkan rekor penghargaan pemain terbaik yang waktu itu didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama bertahun-tahun.

Patut diakui Modric adalah salah satu gelandang tengah terbaik yang dimiliki Los Blancos. Namun, pemain asal Kroasia itu sudah tidak lagi muda. Meski dengan kualitas yang masih terjaga, manajemen Madrid memiliki skenario untuk menyiapkan pengganti jika suatu waktu sangat maestro itu pergi atau pensiun dari klub.

Produk pemain muda, Federico Valverde, tampaknya akan menggantikannya di lini tengah setelah dirotasi dengannya dalam dua musim terakhir. Sementara itu ada rumor Paul Pogba dapat menggantikan peran Modric, legenda yang akan pergi secara gratis pada musim panas 2022.

Terlepas dari itu, Madrid telah mengontrak enam gelandang dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki target apabila Modric pergi nanti. Pada catatan itu, mari kita lihat karier enam pemain Madrid penerus Modric.

1. Martin Odegaard

Pemain asal Norwegia itu direkrut saat berusia 15 tahun pada 2016. Setelah dibina oleh setiap klub top di Eropa, dia menjadi debutan termuda dalam sejarah Madrid pada usia 16 tahun lebih 157 hari pada Mei 2015. Dia masuk sebagai pemain pengganti Cristiano Ronaldo.

Ada harapan yang sangat tinggi untuk Odegaard. Setelah beberapa masa peminjaman yang sukses, termasuk musim yang sangat produktif di Real Sociedad, Zinedine Zidane menghentikan pinjamannya lebih awal untuk membawanya kembali ke Madrid.

Namun, Zidane hampir tidak memberi kesempatan bagi Odegaard sebagai starter, sebelum kemudian kapten Norwegia itu bergabung ke Arsenal dengan status pinjaman pada Januari 2021. Dia memilih The Gunners untuk waktu bermain lebih banyak.

Mereka sangat menyukai kehadiran Odegaard, sehingga mereka memutuskan mematenkan Odegaard di London Utara. Fakta itu membuat rencana sekaligus mimpi Los Blancos berakhir.

Pemain berusia 23 tahun itu tampil fantastis di Liga Premier. Madrid pun mulai menyesal tak memberikan lebih banyak kesempatan kepada pemain bertalenta seperti itu.

“Dia ingin pergi, kami sudah membicarakannya dua atau tiga kali. Dia adalah pemain yang ingin bermain. Martin (Odegaard) ingin pergi, dia ingin mendapatkan menit dan peluang di tempat lain,” kata Zidane setelah Odegaard pergi dengan status pinjaman.

“Pemain menuntutnya. Saya menyuruhnya untuk tinggal dan berjuang, tapi itu tidak terjadi,” tambah mantan pelatih Real Madrid itu.

2. Dani Ceballos

Seorang gelandang tengah teknis yang tampak seperti kedatangan kedua Zidane di Real Betis. Ceballos melakukan cukup banyak di La Liga hingga Madrid layak membayarnya senilai 17 juta pounds (Rp. 332 miliar) pada 2017.

Setelah menjalani dua musim dengan 60 pertandingan, Ceballos kemudian bergabung ke Arsenal dengan status pinjaman untuk mendapat kesempatan bermain lebih.

Setelah musim yang hebat, Arsenal memperpanjang masa pinjamannya untuk satu tahun lagi, tetapi itu musim yang buruk baginya. Salah satunya saat dirinya bermain di Liga Europa, di mana dia membuat kesalahan di setiap putaran sebelum diusir keluar lapangan di semifinal.

Hingga kemudian, Arsenal memilih untuk tidak mempertahankan sang gelandang. Ceballos akhirnya kembali ke Madrid pada 2021, di mana sekarang dia mengalami cedera jangka panjang.

Ceballos pulih total saat ini, tapi dirinya selalu menghangatkan bangku cadangan Madrid. Situasi itu membuatnya sulit mengisi kekosongan Modric, hingga ada keyakinan dirinya bakal pindah di musim panas nanti.

3. Brahim Diaz

Ada beberapa kegembiraan ketika Real Madrid membayar Manchester City 15 juta pounds (Rp 292 miliar) untuk gelandang serang asal Spanyol itu pada Januari 2018. Diaz adalah bintang muda yang siap menunjukkan pertunjukan hebat.

Setelah bermain 21 penampilan bersama Los Blancos, Diaz bergabung ke AC Milan dengan status pinjaman dengan opsi untuk membeli. Dengan 11 gol dalam 67 penampilan untuk I Rossoneri, raksasa Italia itu sangat senang dengan pemain berusia 22 tahun itu dan berencana untuk mempertahankannya.

4. Omar Mascarell

Gelandang tengah Spanyol, yang pernah dipinjamkan ke Derby County, mengaktifkan klausul pembelian kembali sebesar 4 juta pounds (Rp 78 miliar) pada musim panas 2018.

Namun, harapan baginya untuk menambah satu penampilan La Liga untuk Real Madrid berumur pendek, karena dia dijual seharga 10 juta pounds (Rp 195 miliar) ke Schalke di jendela yang sama.

Tapi, dia kembali ke Spanyol bersama Elche, meski pemain berusia 29 tahun itu merupakan gelandang yang layak. Dia tampaknya tidak pernah ditakdirkan untuk menggantikan posisi Modric.

5. Yesus Reinier

Ketika Florentino Perez kalah dalam perburuan Neymar oleh rivalnya, Barcelona. Perez mencoba mengontrak setiap gelandang serang Brasil yang terlihat bagus sejak saat itu. Beberapa telah berhasil, dengan Vinicius Junior berkembang menjadi salah satu pemain sayap terbaik dunia, tetapi karier Reinier yang sangat berbakat tampaknya telah mandek.

Setelah menandatangani kontrak dengan klub seharga 28 juta pounds (Rp 546 miliar) sebagai pemain muda dari Flamengo pada Januari 2020, pemain berusia 20 tahun itu sekarang dipinjamkan ke Borussia Dortmund, tetapi telah menemukan peluang tim utama sulit didapat.

Perpindahan pinjaman lain akan membuatnya baik, dan masih ada banyak waktu bagi Reinier untuk memenuhi janjinya. Tetapi, saat ini sepertinya perjuangan berat baginya untuk menemukan kesuksesan di Madrid.

6. Eduardo Camavinga

Pemain berusia 19 tahun didatangkan ke Santiago Bernabeu ketika sudah menjadi pemain timnas Prancis, dan Los Blancos harus bersaing dengan banyak peminat di seluruh Eropa untuk mendatangkannya dengan harga sekitar 30 juta pounds (Rp 585 miliar) pada musim panas 2021 dari Rennes.

Gelandang muda itu langsung membuat dampak, mencetak gol dalam beberapa menit melawan Celta Vigo setelah masuk sebagai pemain untuk memulai debutnya, dan terlihat sebagai prospek kelas dunia di lini tengah.

Camavinga terlihat sudah siap untuk menggantikan posisi Modric di lini tengah, tapi tentu saja dia membutuhkan jam terbang lebih banyak lagi. Tapi, di usianya yang masih sangat muda dengan kualitas saat ini bisa dibilang dia sudah membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai pesepakbola di salah satu klub terbaik dunia.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network