Kisah Emmanuel Eboue Minta Izin Ratu Elizabeth II untuk Pensiun, Kocak

"Eks pemain Arsenal ini memang dikenal suka melucu."

Biografi | 22 February 2022, 05:05
Kisah Emmanuel Eboue Minta Izin Ratu Elizabeth II untuk Pensiun, Kocak

Libero.id - Emmanuel Eboue menghabiskan tujuh tahun bersama Arsenal dan terkenal sebagai pemain yang kocak. Dalam berbagai kondisi maupun situasi, pemain Pantai Gading itu kerap menunjukkan sisi jenaka miliknya. Bahkan, saat bertemu Ratu Elizabeth II.

Jika anda ingat, video Eboue di Piala Dunia 2010 pernah viral karena sangat lucu. Saat itu, dalam pertandingan Pantai Gading melawan Korea Utara, dia menghampiri bench lawan untuk mendengar istruksi pelatih kepada pemainnya. Seolah paham Bahasa Korea, Eboue mengangguk-angguk tanda paham dengan maksudnya.

Meski sudah berlangsung lebih dari 10 tahun, rekaman itu masih terus diputar hingga hari ini dan menjadi bahan lawakan di berbagai platform media sosial. 

Ternyata, kejadian konyol seperti itu sudah sering dilakukan Eboue. Pada 2007 contohnya, ketika The Gunners mendapatkan kesempatan mengunjungi Istana Buckingham untuk menghadap Ratu Elizabeth II. Dan, Thierry Henry meminta Eboue tidak melucu di depan Sang Ratu. Tapi, itu tidak berhasil. 

"Kami pergi ke sana dan Henry berkata kepada saya, 'Tolong, Emmanuel, ini Istana Buckingham. Ini rumah Ratu, jangan lakukan apa-apa'. Saya bilang tidak masalah dan  jangan khawatir," ujar Eboue kepada The Telegraph pada 2016.

"Jadi Ratu masuk dan ikut menjabat tangan masing-masing pemain. Setelah dia selesai, saya melihat semua anjingnya. Jadi saya berkata: 'Ibu, Ibu'. Ratu berbalik dan bertanya, 'Bagaimana kabarmu?' Dan, saya berkata, 'Bu, saya baik-baik saja, terima kasih'. Tapi, tolong, saya tidak ingin menjadi pesepakbola lagi, saya ingin menjaga anjing-anjing anda. Saya ingin mengajak mereka jalan-jalan, memandikan, dan memberi makan mereka. Saya ingin menjadi penjaga anjing," kata Eboue.

"Sang Ratu, sejujurnya, dia tertawa. Pangeran Philip (suami Ratu Elizabeth II) juga tertawa. Semua tim tertawa," tambah mantan bek kanan itu.

Selama bertahun-tahun desas-desus berputar tentang siapa yang didukung Ratu Elizabeth II di sepakbola masih menjadi teka-teki. Staf di Istana Buckingham mengetahui bahwa Ratu Elizabeth II adalah penggemar West Ham United setelah mendengar percakapan itu. Tapi, tidak ada bukti yang bisa dipercaya selain "katanya".

"Ratu tidak pernah ingin orang tahu siapa yang dia dukung karena dia ingin terlihat netral. Tapi, dia membuka rahasianya setelah mendengar salah satu anggota stafnya mengatakan bahwa dia adalah penggemar Millwall dan sedang berbicara dengan anggota staf lain tentang derby antara West Ham dan musuh bebuyutan mereka. Mereka cukup terkejut, lagi pula dia bukan penggemar fanatik West Ham," tulis Daily Mail beberapa tahun lalu.

Sebagai negara sepakbola, para pejabat di Inggris termasuk yang memiliki klub idola. Contohnya, Perdana Menteri Boris Johnson, yang mengatakan mendukung semua tim London, khususnya Arsenal. Uniknya, Wali kota London saat ini, Sadiq Khan, justru mencintai Liverpool. 

Sementara itu, sebagai pemain Eboue benar-benar kocak. Sayangnya karier Eboue di Arsenal perlahan pudar seiring kedatangan beberapa pemain bagus di sketor kanan. Dia lalu meninggalkan Arsenal untuk pindah ke Galatasaray pada 2011. Dia menghabiskan empat tahun di Turki.

Pada 2016 Eboue kembali ke Inggris bersama Sunderland. Tapi, dia tidak pernah bermain setelah diberi larangan satu tahun dari semua aktivitas sepakbola karena bermasalah dengan fee agen.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network