Bagaimana Kariernya? 7 Pemain Barcelona yang Datang Bareng Ronaldo

"Nomor 2 sempat menukangi Blaugrana."

Analisis | 25 February 2022, 14:28
Bagaimana Kariernya? 7 Pemain Barcelona yang Datang Bareng Ronaldo

Libero.id - Barcelona menjalani salah satu musim terbaik pada 1996. Bagaimana tidak, klub Catalunya itu berhasil meraih treble winners dalam satu musim.

Momen itu Blaugrana dilatih Legenda Inggris, Sir Bobby Robson. Dia datang untuk menggantikan jasa legenda klub, Johan Cruyff, setelah delapan tahun bertugas.

Di bawah asuhan Robson, klub raksasa Spanyol itu mengumpulkan tiga trofi pada musim 1996/1997: Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Winners UEFA.

Meski datang sebagai orang baru di kursi kepelatihan, Robson mampu membaca peluang dengan membeli pemain muda Brasil: Ronaldo Luis Nazario de Lima. Robson melakukan sihirnya, tetapi Ronaldo-lah yang menjadi jimatnya, menghiasi lapangan Camp Nou dengan bakat, gaya, dan kantong gol yang menarik perhatian.

Pada usia 19 tahun, Ronaldo membuat biaya 20 juta pounds (Rp 388 miliar) yang dibayarkan untuk mengamankan tanda tangannya dari PSV Eindhoven. Dalam kunjungan singkatnya di Catalunya, penyerang itu mencatatkan 47 gol hanya dalam 49 penampilan.

Dia adalah superstar Barcelona – pemain utama yang memastikan Barca tetap sukses melewati masa transisi yang sulit setelah kepergian Cruyff. Tapi, bagaimana karier pemain lain yang datang bareng Ronaldo ke Camp Nou?

1. Laurent Blanc

Cruyff yang membujuk Blanc untuk bergabung dengan klub Catalunya. Mungkin, tidak mengherankan jika masa tinggalnya di klub hanya bertahan satu tahun setelah pelatih Belanda itu dipecat pada hari dia meyakinkan bek Prancis untuk menandatangani.

Pemenang Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa itu tampil 38 kali untuk tim asuhan Robson yang memenangkan tiga trofi pada musim 1996/1997, sebelum dia kembali ke tanah airnya untuk bergabung dengan Marseille.

Blanc mengakhiri karirnya di Manchester United pada 2003. Sebelum pindah ke Old Trafford, mantan bos United, Sir Alex Ferguson, telah mengagumi bek dari jauh selama bertahun-tahun.

“Pertama kali (saya mencoba mengontraknya) pada 1996, lebih tepatnya ketika Laurent masih bersama Auxerre. Kemudian, ketika dia berada di Barcelona dan Inter. Saya telah mengikutinya ke seluruh dunia,” ujar Ferguson.

2. Luis Enrique

Jarang ada pemain yang pindah dari Real Madrid ke Barcelona – hanya 12 pemain yang bermain untuk kedua klub sejak 1990. Pada musim panas 1996, Luis Enrique mengakhiri tugas 5 musim di ibukota Spanyol untuk pindah ke musuh bebuyutan Los Blancos tersebut.

Pemain timnas Spanyol itu tampil 300 kali untuk tim Catalunya, mencetak 109 gol dalam prosesnya. 'Lucho' dengan cepat menjadi favorit penggemar karena penampilannya yang penuh aksi di lini tengah – kesetiaan kepada Madrid dilupakan.

Pada 2014, Luis Enrique mengambil alih sebagai manajer Barcelona. Dia memenangkan sembilan trofi dalam tiga tahun masa kepemimpinannya, termasuk mahkota Liga Champions di musim pertamanya.

Ketika Luis Enrique dikaitkan dengan peran manajerial Chelsea yang kosong pada 2018, Andres Iniesta berbicara dengan gembira tentang keahlian kepelatihan pelatih asal Spanyol itu. “Saya pikir dia bisa memenangkan trofi di klub mana pun – dan itu termasuk Chelsea,” kata Iniesta.

“Itu tidak akan mudah karena Chelsea adalah salah satu klub terbesar di dunia. Tetapi, ketika Anda melihat apa yang dikembangkan Enrique di Barcelona, maka saya pikir itu juga mungkin di London.”

3. Juan Antonio Pizza

Striker kelahiran Argentina itu menghabiskan dua musim di Barcelona dan dalam waktu itu mencetak 18 gol dalam 73 penampilan. Pizzi adalah pemain penting dalam skuad Robson yang sukses di pertengahan 90-an.

Pada 2019, mantan pelatih Chile memuji dampak Robson pada raksasa Spanyol. “Robson akan salah menyebut nama dan kami akan berada di sana saling memandang, mengikutinya.”

“Tapi, dia fundamental: dia harus memimpin Barcelona melalui era tersulit dalam 20 tahun, membuat periode pasca-Cruyff sebebas mungkin dari trauma.”

“Dia dekat dengan para pemain, dan pelajaran darinya bukan hanya tentang sepak bola, mereka juga manusia. Dia adalah orang yang luar biasa dan setiap kali kami bertemu, kami mengingatnya dengan penuh kasih.”

4. Hristo Stoichkov

Stoichkov awalnya menandatangani kontrak dengan klub pada 1990 dan merupakan bagian besar dari kesuksesan Barcelona selama era Cruyff. Legenda Bulgaria itu sementara berangkat ke Parma pada 1995, tetapi kembali satu tahun kemudian. Dalam periode keduanya di Barca, pengaruhnya jauh lebih kecil – meskipun memenangkan Piala Winners UEFA pada 1997.

Tapi, Stoichkov akan selalu memiliki status legendaris di Camp Nou. Dukungan Cruyff untuk pemenang Ballon d'Or satu kali mengatakan semuanya tentang pengaruhnya.

“Sebelum Stoichkov datang, kami memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang sangat baik, tetapi Anda tidak bisa hanya memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang sangat baik,” kata Cruyff.

“Anda membutuhkan seseorang seperti Stoichkov yang agresif dengan cara yang positif.”

5. Giovanni

Pemain Brasil itu tiba dari Santos dan kemudian memenangkan tujuh trofi yang mengesankan dalam tiga tahun di klub. Gelandang itu adalah sosok yang diremehkan bagi Barca, yang juga mencatatkan 13 penampilan untuk Brasil dalam karirnya.

6. Vitor Baia

Baia menjadi kiper pilihan nomor satu Robson pada musim 1996/1997 setelah didatangkan dari Porto. Kedatangan Louis Van Gaal sebagai manajer pada 1997 menandai awal dari akhir karier singkat Baia di Barcelona – dia kembali ke Porto dengan status pinjaman dan tetap di sana sampai dia pensiun sebagai legenda Porto pada 2007.

7. Fernando Couto

Couto tiba di Barcelona dari klub Italia, Parma, untuk bergabung dengan mantan rekan setimnya di Porto, Baia. Pemain timnas Portugal itu tampil 44 kali untuk tim Catalunya sebelum pindah ke Lazio pada 1998.

Momen paling berkesannya saat mengenakan seragam Barcelona terjadi di semifinal Copa del Rey 1997 di Camp Nou – dia mencetak gol pertamanya dan satu-satunya untuk klub dalam kemenangan 3-0 melawan Las Palmas.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network