Kisah Maximo Carrizo, Pemain Termuda dalam Sejarah yang Dikontrak Klub MLS

"Umur 14 tahun sudah jadi pemain profesional. Kalau kalian bagaimana?"

Biografi | 03 March 2022, 09:57
Kisah Maximo Carrizo, Pemain Termuda dalam Sejarah yang Dikontrak Klub MLS

Libero.id - Beda dengan UEFA yang memberi batasan minimal pemain muda saat dikontrak secara profesional, Liga Sepakbola Amerika (MLS) tidak. Di Eropa, klub hanya bisa mengontrak pemain di usia 18 tahun. Tapi, di Amerika Utara, bocah berusia 14 tahun pun bisa teken kontrak profesional. Contohnya, Maximo Carrizo.

Tepat di hari ulang tahun ke-14 pada 28 Februari 2022, Carrizo mendapatkan kontrak dari New York City FC sebagai home ground player. Itu adalah kontrak perdana sang gelandang masa depan.

Catatan itu menjadikan Carrizo pemain termuda dalam sejarah liga yang diikuti klub dari Amerika Serikat (AS) dan Kanada tersebut. Carrizo mengalahkan catatan Axel Kei saat direkrut Real Salt Lake pada awal tahun ini. Saat itu, dia berusia 14 tahun 15 hari atau setengah bulan lebih tua dari Carrizo.

Carrizo awalnya bergabung dengan Akademi NYCFC pada 2018 saat berusia 10 tahun. Dia mendapatkan beasiswa di klub satelit Manchester City tersebut setelah tampil mengesankan dengan tim lokal, FC Westchester.

Menimba ilmu di akademi membuat karier Carrizo terus menanjak. Dia membuat orang-orang terkesan. Jadi, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas itu, NYCFC menguji kemampuan Carrizo di level yang lebih tinggi. Bocah itu diundang untuk ambil bagian dalam pramusim 2022 bersama tim utama.

Hebatnya, selama sesi pramusim, Carrizo menempatkan dirinya sebagai pemain yang sudah puluhan tahun merumput di level atas. Dia membuat tim pelatih terkesan, dan kemudian menyodorkan kontrak profesional.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan keluarga saya untuk membuat sejarah di MLS dengan menjadi pemain termuda liga yang menandatangani kontrak bersama tim utama," kata Carrizo di situs resmi klub.

"Ini adalah klub yang luar biasa dengan orang-orang yang luar biasa juga. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di NYCFC karena mempercayai saya dan membantu saya mengambil langkah selanjutnya dalam karier saya," tambah Carrizo.

"Saya tahu saya masih muda dan saya memiliki banyak hal untuk ditingkatkan. Tapi, saya siap untuk tantangan dan akan bekerja keras setiap hari untuk menunjukkan kepada semua orang apa yang saya mampu," beber Carrizo.

Meski berharap masuk starting line-up secara reguler, Carrizo juga sadar diri. Dia mengaku akan berusaha mengikuti setiap tahapan. "Saya sudah merasa menjadi bagian dari klub ini dan saya benar-benar percaya bahwa NYCFC adalah tempat yang sempurna bagi saya untuk melanjutkan perkembangan saya dan tumbuh di dalam dan di luar lapangan," ungkap Carrizo.

"Sangat menginspirasi untuk melihat bagaimana NYCFC menghasilkan bakat dan bagaimana pemain lokal mendapatkan kesempatan untuk bermain di tim utama. Saya tahu ini akan memakan waktu. Tapi, saya bersedia bersabar dan belajar dari kelompok pemain dan pelatih luar biasa yang kami miliki di klub ini," lanjut Carrizo.

Mengontrak pemain dengan usia sangat mudah sudah menjadi hal biasa di MLS. Faktanya, di daftar 10 besar pemain termuda MLS, terdapat tujuh pemain berusia 14 tahun. Itu termasuk Freddy Adu yang gabung DC United pada 2014 dalam usia 14 tahun 168 hari.

"Kami sangat senang untuk mengkontrak Maximo secara profesional. Ini adalah momen bersejarah bagi klub dan MLS. Dia adalah pemain yang spesial dan sangat bertalenta. Sangat menyenangkan untuk melihatnya berkembang selama beberapa tahun terakhir di akademi kami," kata Direktur Olahraga NYCFC, David Lee.

"Maximo sekarang berada di awal perjalanan sebagai profesional. Jadi, tahap selanjutnya dari perkembangannya di tahun-tahun mendatang akan memastikan dia memaksimalkan potensinya melalui bekerja dengan pelatih kami dan semua staf pendukung di akademi, NYCFC II, dan tim utama," pungkas Lee.

Berikut ini peringkat 10 pesepakbola termuda yang dikontrak MLS

10. Cade Cowell (San Jose Earthquakes): 15 tahun 102 hari
9. Gianluca Busio (Sporting KC): 15 tahun 89 hari
8. Joe Scally (NYCFC): 15 tahun 83 hari 
7. Bento Estrela (New York Red Bulls): 14 tahun 364 hari
6. Gabriel Slonina (Chicago Fire): 14 tahun 297 hari
5. Christian McFarlane (NYCFC): 14 tahun 234 hari
4. Emmanuel Ochoa (San Jose Earthquakes): 14 tahun 191 hari
3. Freddy Adu (DC United): 14 tahun 168 hari
2. Axel Kei (Real Salt Lake): 14 tahun 15 hari
1. Maximo Carrizo (NYCFC): 14 tahun 0 hari 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network