Peringkat Kapten Terbaik Liverpool di Era Liga Premier

"Nomor 2 kapten pertama yang raih Liga Premier."

Analisis | 06 March 2022, 21:37
Peringkat Kapten Terbaik Liverpool di Era Liga Premier

Libero.id - Liverpool memiliki beberapa kapten legendaris di Liga Premier, tetapi kapten mereka tidak selalu mampu memberikan kesuksesan.

Jordan Henderson telah menjadi kapten selama lebih dari setengah dekade dan mencatatkan namanya ke dalam buku rekor sebagai kapten Liverpool pertama yang mengangkat trofi Liga Premier.

Inilah cara kami memeringkatnya dan tujuh kapten permanen Liverpool lainnya sejak 1992, diurutkan dari yang terburuk hingga terbaik.

#8 Jamie Redknapp

Redknapp pernah menjadi wakil kapten Liverpool sebelum dipromosikan menjadi kapten klub oleh Gerard Houllier pada 1999.

Namun, tahun-tahun terbaiknya datang sebelum itu dan dia melewatkan keseluruhan musim 2000/2001 karena serangkaian masalah cedera dan tidak dapat bermain di final Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA.

Gelandang itu masih berkesempatan mengangkat trofi Piala FA, tetapi hanya membuat delapan penampilan untuk klub sebelum bergabung dengan Tottenham dengan status bebas transfer pada 2002.

#7 Mark Wright

Wright memimpin Liverpool ke Piala FA pada 1992 dan mempertahankan ban kapten itu untuk awal era Liga Premier, tetapi The Reds mengalami musim yang mengecewakan pada 1992/1993 dengan finis keenam dan tanpa meraih trofi.

Bek Inggris itu bertahan selama lima tahun di Anfield, tetapi dia kehilangan ban kapten pada 1993. Seperti Redknapp, dia tidak bisa tampil terlalu tinggi. Dia kehilangan ban kapten pada 1993, tetapi masih menghabiskan lima tahun lagi di klub.

#6 John Barnes

Barnes memiliki karier yang sangat baik di Liverpool, tetapi pemain sayap itu mendekati akhir kariernya ketika dia diangkat sebagai kapten klub pada 1996.

Dia membuat 47 penampilan bersama The Reds pada musim 1997/1998 dan itu terbukti menjadi musim terakhirnya di Anfield sebelum dia bergabung dengan Newcastle United dengan status bebas transfer.

#5 Paul Ince

Meski sebelumnya menghabiskan enam tahun di Manchester United, Ince diangkat menjadi kapten Liverpool setelah bergabung dengan klub tersebut dari Inter Milan pada 1997.

“Saya merasa Liverpool adalah klub di mana mereka memiliki beberapa pemain yang sangat menarik, Michael Owen datang sebagai pemain muda, dan saya membutuhkan sesuatu yang berbeda,” kata Ince kepada Liverpool Echo pada 2019.

“Perubahan sikap itu, perubahan pola pikir itu, karena mereka tidak memenangkan apa pun selama bertahun-tahun dan mereka ingin memenangkan gelar."

“Jadi, saya pikir itu adalah proyek bagi saya untuk pergi dan mengubah cara berpikir para pemain Liverpool. Saya merasa mereka adalah pemain bagus, tetapi ingin pergi setiap waktu. Dan, saya berpikir bukan itu caranya."

“Saya berpikir mereka membutuhkan profesionalisme di lapangan. Itu mungkin langkah yang tepat untuk saya lakukan karena itu menarik.”

Selama dua tahun di Merseyside, Ince membantu Liverpool finis di peringkat ketiga diikuti dengan finis ketujuh yang mengecewakan pada 1999.

Setelah dianggap surplus oleh Houllier, dia dijual ke Middlesbrough seharga 1 juta pounds (Rp 19,1 miliar).

#4 Ian Rush

Seperti Barnes, Rush berada di masa senja kariernya ketika dia ditunjuk sebagai kapten klub pada 1993 selama masa jabatan keduanya di Anfield.

Namun, legenda Liverpool itu mencetak 45 gol dalam 128 pertandingan dengan mengenakan ban kapten dan membantu mereka memenangkan Piala Liga 1995.

Dia akhirnya kehilangan tempatnya saat digantikan oleh Robbie Fowler dan Stan Collymore hingga akhirnya bergabung dengan Leeds United dengan status bebas transfer pada 1996.

#3 Sami Hyypia

Robbie Fowler dan Hyypia mengisi posisi Redknapp ketika dia cedera, dan bek tengah itu baru mendapat ban kapten secara permanen pada 2002.

Namun, sang kapten tampaknya mempengaruhi penampilannya. Dia digantikan sebagai kapten Liverpool oleh Steven Gerrard di pertengahan musim 2003/2004.

Hyypia mendapatkan kembali performa terbaiknya yang tanpa tekanan di pundaknya, bermain lebih dari 400 pertandingan untuk klub sebelum bergabung dengan Bayer Leverkusen pada 2009.

#2 Jordan Henderson

Henderson sering menjadi sosok yang banyak difitnah di tahun-tahun awalnya di Anfield, tetapi gelandang itu ditunjuk sebagai kapten klub resmi mereka pada 2015 setelah kepergian Steven Gerrard.

Pemain berusia 31 tahun itu akan menjadi cerita rakyat sebagai kapten pemenang Piala Eropa dan Liga Premier bersama The Reds. Sejak mengangkat Piala Liga kedua, dia hanya membutuhkan Piala FA untuk menyelesaikan kesempurnaan perannya.

“Secara keseluruhan, ini adalah perjalanan luar biasa yang saya nikmati,” kata Henderson kepada situs resmi Liverpool pada 2019.

“Saya pikir semua orang akan menghargai bahwa apa pun yang terjadi di saat-saat yang baik dan buruk sejak saya di sini. Saya selalu memberikan segalanya untuk tim, untuk klub."

“Dan itulah yang akan terus saya lakukan, itu hal yang paling penting, terus bekerja setiap hari untuk tim, klub, penggemar, untuk semua orang.”

#1 Steven Gerrard

Sebenarnya, hanya akan ada satu pemenang yang tidak ada di sana. Gerrard baru berusia 23 tahun ketika dia mendapat ban kapten pada 2003 dan kemudian menjadi kekuatan pendorong dan inspirasi Liverpool selama 12 tahun ke depan.

Gelandang ini sering tampil ketika dibutuhkan, terutama di final Liga Champions 2005 dan final Piala FA 2006.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network