7 Alasan Mengapa Dirk Kuyt Layak Jadi Legenda Liverpool Feyenord Belanda

"Pernyataan terakhir bikin menyentuh."

Analisis | 07 March 2022, 18:16
7 Alasan Mengapa Dirk Kuyt Layak Jadi Legenda Liverpool Feyenord Belanda

Libero.id - Jika berbicara soal pemain sepakbola yang memiliki karakter unik, nama Dirk Kuyt tidak boleh dilewatkan. Mantan penyerang Liverpool itu adalah salah satu yang terbaik di generasinya.
Kuyt direkrut oleh Liverpool pada 2006. Dia diboyong dari klub Belanda, Feyenoord.

Kuyt biasa dimainkan di posisi sayap kanan. Akan tetapi, dia juga bisa bermain sebagai striker. Kuyt bermain di Liverpool sampai 2012. Dia dikenal sebagai sosok pemain dengan stamina yang tiada habisnya.

Selama 19 tahun karier profesionalnya, Kuyt pernah bermain untuk Utrecht, Feyenoord, Liverpool, Fenerbahce, dan memenangkan 104 caps untuk Belanda.

Dia mendapatkan tempat di hati semua fans yang pernah diwakilinya. Maka, tidak salah jika kita menyebut pria asal Belanda itu sebagai legenda. Berikut 7 alasannya.

1. Hat-trick melawan Manchester United

Begitulah pesona Kuyt. Dia bisa mengklaim telah mencetak hat-trick terbaik dan terburuk secara bersamaan sepanjang masa.

Kuyt adalah pemain Liverpool yang mencetak hat-trick melawan Manchester United dan itu sangat istimewa. Dia melakukannya dari jarak kumulatif kurang dari enam yard dan itu begitu luar biasa.

2. Kebiasaan Mencetak Gol di Pertandingan Besar

Rekor gol Kuyt mungkin tidak pernah produktif, tetapi dia memiliki kebiasaan mencetak gol di pertandingan besar.

Dia mencetak lima gol melawan Everton, empat melawan Arsenal, empat melawan Manchester United, dan tiga gol melawan Chelsea pada saat persaingan The Reds melawan London adalah salah satu yang terbesar di Inggris.

Dia juga menjaringkan penalti kemenangan melawan Chelsea di semifinal Liga Champions pada 2007 dan menanduk bola di final melawan AC Milan.

3. Final Piala Liga 2012

Kuyt hanya memenangkan satu trofi bersama Liverpool, dan itu merupakan penghargaan terakhir yang dimenangkan klub.

The Reds menghadapi Cardiff di final Piala Liga 2012 sebagai favorit besar, tetapi berjuang melawan lawan mereka di liga yang lebih rendah. Kenny Dalglish meninggalkan Kuyt di bangku cadangan hingga perpanjangan waktu. Penyerang itu kemudian segera membuat dampak dengan mencetak gol hanya lima menit setelah masuk.

Ketika Steven Gerrard dan Charlie Adam melewatkan dua tendangan penalti pertama Liverpool dalam adu penalti, Kuyt melangkah untuk menenangkan timnya dan mengangkat trofi di final Piala Liga 2012.

4. Keajaiban bek sayap

Meskipun memulai kariernya sebagai striker sebelum Rafael Benitez mengubahnya menjadi pemain sayap kanan, salah satu penampilan terbaik Kuyt datang sebagai bek sayap.

Itu juga dialaminya saat menjalani peran di Piala Dunia 2014. Louis van Gaal meminta Kuyt berada di posisi bek sayap saat menghadapi Argentina. Sialnya, dia ditugasi Van Gaal untuk menjaga Lionel Messi.

Kuyt berhasil dan mencetak gol dalam adu penalti ketika dia tidak bisa melewatkannya.
Pada cap ke-100 untuk Belanda, Kuyt memulai sebagai bek sayap kiri, pindah ke bek kanan, lalu striker dan akhirnya kembali ke bek kanan dalam waktu 90 menit.

Usai pertandingan, Johan Cruyff mengatakan Belanda “diberkati” bisa mengandalkan Kuyt. Pujian tidak datang jauh lebih tinggi dari itu. Kuyt dianggap sebagai pemain serba guna.

5. 'Scouse b*stard' dan bangga

Dengarkan saja dia berbicara tentang kebanggaannya disebut "scouse b*stard" oleh 60.000 fans Manchester United saat bermain untuk Feyenoord di Old Trafford.

Anda mungkin tidak menyangka, Kuyt pernah memiliki momen bangga itu.

6. Perpisahan yang Pas

Di Liverpool, Kuyt akan selalu dikenang karena hat-tricknya melawan Manchester United. Sementara itu dia akan hidup lebih lama di hati para fans Feyenoord untuk treble yang dipersembahkannya.

Membutuhkan kemenangan untuk merebut gelar Belanda pertama mereka selama 18 tahun, Kuyt menjadi kapten tim dan mengantongi ketiga gol dalam kemenangan 3-1 atas Heracles sebelum segera pensiun dengan skor tinggi.

Bagi Kuyt, itu adalah akhir yang sempurna untuk karier yang luar biasa.

7. Sekali Merah Tetap Merah

Dirk Kuyt adalah seorang pemain yang setia dan konsisten, dengan semangat dan keberanian yang besar. Seperti yang diperlihatkannya saat bermain bersama The Reds.

Dirk Kuyt adalah pahlawan yang luar biasa.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network