Starting XI Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

"Empat pemain merupakan legenda Italia."

Analisis | 10 March 2022, 19:10
Starting XI Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

Libero.id - Liga Champions telah menjadi turnamen paling bergengsi antarklub-klub di Eropa. Bahkan, sejumlah besar klub berjuang keras setiap musim agar bisa bermain di kompetisi ini.

Namun, itu tidak mudah. Beberapa klub bahkan terpuruk di liga domestik sepanjang musim. Hingga, mereka kehilangan kesempatan untuk bermain di Liga Champions.

Di era sepak bola modern, pemenang Liga Champions kebanyakan dari klub-klub terbesar dan terkaya, yang sudah mapan dengan memiliki banyak pemain hebat. Tetapi, itu tidak berarti semua hebat pernah memenangkan trofi bergengsi ini.

Selama bertahun-tahun, beberapa pemain terhebat dalam sejarah telah gagal memenangkan kompetisi Liga Champions, bahkan beberapa di antara mereka jauh dari peluang. Pada catatan itu, mari kita lihat starting XI pemain hebat yang tak pernah juara Liga Champions.

GK: Gianluigi Buffon

Satu-satunya kiper yang pernah memenangkan UEFA Club Footballer of the Year, Buffon telah kalah di tiga final bersama Juventus. Dia nyaris mencetak gol pada 2003, menyelamatkan dua penalti dalam adu penalti melawan AC Milan di Old Trafford, tapi Juventus gagal dengan tiga tendangan penalti mereka sendiri.

“Bagi saya itu adalah stimulus besar dan saya harus berterima kasih kepada kehidupan karena tidak membiarkan saya menang (Liga Champions). Jika tidak, saya akan bertanya pada diri sendiri mengapa saya masih bermain,” katanya pada September 2019 di usia 42 tahun.

Tapi, tiga tahun kemudian, Buffon membawa timnas Italia menjadi pemenang Piala Dunia. Meski begitu, salah satu kiper terbaik dunia itu tak pernah merasakan trofi Liga Champions sama sekali.

RB: Lilian Thuram

Dia adalah salah satu pemain yang kalah di babak final Liga Champions 2003. Thuram adalah salah satu bek paling konsisten di Eropa sepanjang kariernya bersama Monaco, Parma, Juventus, dan Barcelona. Tetapi, kesuksesan terbesarnya datang di level internasional bersama timnas Prancis.

Dia mungkin tidak beruntung karena memilih pensiun setahun sebelum Barcelona mengangkat trofi Liga Champions pada 2009, tetapi Thuram telah menandatangani kontrak untuk bergabung dengan PSG sebelum membatalkan kesepakatan dan gantung sepatu setelah diketahui dia memiliki cedera di jantung.

CB: Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro adalah salah satu bek yang menonjol di antara bek tengah Italia yang berkelas, tapi karier Cannavaro di level klub agak nomaden, kecuali ketika bermain di Parma selama tujuh tahun.

Pemenang Ballon d'Or itu adalah bagian dari Inter yang dikalahkan di semifinal Liga Champions 2003 oleh rival sekota, AC Milan. Inter menderita nasib kejam dengan kalah gol tandang, meskipun turun dengan skuad penuh bintang di San Siro. Dan, tiga tahun bermain di Real Madrid, itu bersamaan dengan enam musim beruntun Los Blancos gagal melewati babak sistem gugur pertama Liga Champions.

CB: Laurent Blanc

Di level internasional, Blanc memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Prancis, tetapi dia tidak bisa mendapatkan trofi domestik terbesar, meskipun bermain untuk klub seperti Inter, Barcelona, dan Manchester United.

Bek itu pernah mencapai semifinal bersama Man United pada 2002. Itu adalah pencapaian tertinggi yang pernah dilakukan Blanc dalam kompetisi tersebut, tetapi dia adalah bagian dari tim Fergie yang dikalahkan oleh Bayer Leverkusen melalui gol tandang, dengan sebagian bek yang bersalah karena penampilan leg pertama yang carut-marut di Old Trafford.

LB: Gianluca Zambrotta

Karier Zambrotta mencerminkan karier seorang bek sayap ketika Juventus melawan Thuram. Waktu itu dia menjadi bagian dari runner-up Juventus 2003. Sebelum bergabung dengan juara bertahan Barcelona pada 2006, di mana dia mencapai semifinal Liga Champions. Tapi, dia harus mengaku kalah dari Manchester United yang saat itu diperkuat oleh Paul Scholes.

DM: Lothar Matthaus

Sebuah pilihan di pertahanan atau lini tengah, Matthaus datang lebih dekat daripada pemain lain dalam daftar ini untuk memenangkan Liga Champions, karena Bayern Muenchen dua menit lagi meraih kemenangan melawan Manchester United pada 1999.

Tapi, Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer menggagalkannya. Fakta itu membuat Setan Merah comeback dan mengangkat trofi.

CM: Michael Ballack

Patah hati adalah sebutan yang cocok bagi Ballack, karena sang gelandang paling menonjol sebagai runner-up di Bundesliga, Piala Jerman, Liga Champions bersama Bayer Leverkusen, dan Piala Dunia dengan timnas Jerman.

Ballack kemudian memilih pindah ke Bayern Muenchen. Dengan harapan dia bisa mendapatkan tiga gelar liga dan piala ganda, tetapi Ol 'Big Ears tetap sulit dipahami, dan dia kemudian kalah lagi di final melawan Chelsea pada 2008.

Tidak heran dia sangat marah pada Tom Henning Ovrebo ketika Barcelona secara kontroversial menyingkirkan The Blues pada 2009.

CM: Pavel Nedved

Seandainya Nedved tidak mendapatkan kartu kuning di leg kedua kemenangan semifinal Juventus atas Real Madrid pada 2003, kami mungkin harus mengambil beberapa nama dari XI ini.

Nedved telah melakukan hal yang tak terpikirkan di Juventus, dengan sukses menggantikan Zinedine Zidane, dan akhirnya mencetak gol yang membuat Zidane dkk tersingkir dari kompetisi. Tentu, tanpa kreativitas Nedved di lini tengah, Juve gagal menjebol gawang Milan di final dan dikalahkan lewat adu penalti di Old Trafford.

CAM: Francesco Totti

Kami kesulitan dengan pilihan di lini depan, karena Dennis Bergkamp, Roberto Baggio, dan Zlatan Ibrahimovic semuanya kehilangan tempat di XI ini. Pasalnya, mereka juga adalah pemain hebat yang tidak pernah merasakan trofi Liga Champions.

Namun, pada akhirnya kami memilih Totti, karena dia adalah Francesco Totti. Dia salah satu pemain terbaik di Roma dan Italia.

TT: Gabriel Batistuta

Batistuta dikenal sebagai striker yang membuat ketakutan di hati lawan-lawan kontestan Liga Premier. Striker asal Argentina itu memiliki eksploitasi mencetak gol yang ganas. Dia pernah memperlihatkannya saat melawan Manchester United dan Arsenal dalam kompetisi ini. Kami memilih Batistuta di depan beberapa nama yang disebutkan di atas jika hanya untuk menyatukan kembali kemitraan di lini depan.

ST: Ronaldo

Sangat disayangkan ketika Ronaldo Luis Nazario de Lima tidak pernah merasakan juara trofi Liga Champions, berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang telah memenangkan 5 kali trofi bergengsi ini.

Tapi, Ronaldo layak masuk dalam starting ini lantaran fenomena bersejarah yang telah dicetaknya. Meski dia tidak pernah mengangkat Piala Eropa, tetapi dia memiliki hat-trick bersejarah ini di Old Trafford.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network